25 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Warga Jorong Nenan Perbaiki Jalan Dengan Sumbangan Masyarakat Yang Digalang Melalui IPNM
W

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Jorong Nenan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan dan Jorong Sungai Nyanyiang Nagari Koto Lamo Kapur IX hanya punya satu akses jalan untuk bisa sampai ke jorong ini. Yaitu melalui Jorong Ronah Nagari Maek. Namun sayang kondisi jalan menuju duo Jorong yang berpenduduk sekitar seribuan jiwa ini sangat memperihatinkan

Kondisi badan jalan hancur,bahkan jembatan penghubung ke dua jorong ini nyaris putus sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Untuk bisa membawa barang hasil ladang atau apa saja dengan mobil warga terpaksa memikul melintas jembatan tersebut. Belum lagi kondisi jalan licin berlumpur jika musim hujan datang yang dihadapi masyarakat jorong ini untuk bisa sampai di pusat Nagari Maek.

Tidak mau larut dalam kondisi tersebut, warga Nagari Maek melalui Ikatan Pemuda Nagari Maek Galang dana dari warga. Baik yang ada di kampung halaman maupun yang ada di perantauan. Berapaun dapat dikumpul untuk perbaikan jembatan dan jalan.

Baca: Warga Maek Galang Sumbangan Untuk Perbaikan Jembatan Ke Jorong Nenan

Setelah terkumpul dana, Warga secara gotong royong mulai memperbaiki badan jalan menuju jorong Nenan tersebut. Posisi yang fatal dilakukan pengecoran jalan.

Atas terkumpulnya dana,warga jorong Nenan ucapkan ribuan terimakasih kepada para donatur baik yang berdomisili di Nagari Maek maupun di Rantau, Serta kepada Ikatan Pemuda Nagari Maek (IPNM) yang telah berusaha menggalang dana untuk perbaikan jalan tersebut.

Kami atas nama Warga Jorong Nenan sangat bersyukur dengan adanya sumbangan yang digalang IPNM ini ujar Dedi Rahmat Wali Jorong Nenan Nagari Maek kepada BeritaSumbar pada Minggu 23/6.

Begitu juga dengan ketua Ikatan Pemuda Nagari Maek (IPNM) Debi Nofrikon mengatakan bantuan ini terselenggara atas kerja sama kita semua, baik itu perantau nagari Maek dan donatur nagari Maek. Semoga bantuan serupa ini dapat berjalan terus menerus kedepannya. Ujar Debi Nofrikon (Ketua IPNM).

Sementara itu Afri Hendra Walinagari Maek juga menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu baik dalam bentuk moril maupun materil sehingga terlaksananya kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan seperti ini makin terciptanya hubungan baik dan harmonis diantara kita,baik warga Maek yang berada dirantau maupun yang dikampung halaman. Mari kita sama sama saling menatap dan berbuat untuk Nagari Maek yang lebih baik kedepan, imbuh Walinagari Maek tersebut.

Hal senada juga disampaikan Masri Ketua Bamus Nagari Maek, Terimakasih IPNM yang telah bersusah payah bekerja untuk kegiatan ini. Jangan biarkan saudara saudara kita larut dalam kesedihan, Mari bersama kita cari solusi untuk membantu saudara kita yang kesusahan dan butuh bantuan, ujar Masri.

Jarak jorong nenan dengan Ronah ibu Nagari Maek sekitar 10 km. Jalan Aspal baru sekitar 3 km. 7 Km lagi dalam kondisi jalan tanah yang sangat parah. Sulit dilewati kendaraan roda empat karena tanjakan dan turunan yang licin. Apalagi jika musim hujan. Transportasi wara daerah ini hanya dengan kendaraan roda dua dan roda empat yang double gardan.

Di Jorong Nenan fasum hanya ada 1 sekolah dasar, 1 masjid dan 1 pustu. Yangs angat dicemaskan warga dengan kondisi jalan seperti ini adalah jika butuh perawatan medis yang tidak bisa ditangani pustu. Sehingga dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit. Sementara jalan menuju daerah mereka sangat sulit untuk bergerak cepat.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img