31 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Riza Falepi Teladan Diservikasi Pangan 2013
W

Kategori -

Menteri Pertanian Suswono menetapkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama empat kepala daerah lainnya di Indonesia, teladan dalam Gerakan Diversifikasi Pangan Tahun 2013.  Di Sumatera Barat dan di Sumatera, hanya Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang dianugerahi keteladanan Diservikasi Pangan itu.  Penghargaan buat kelima kepala daerah itu, diserahkan  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diwakili Mentan Suswono, dalam acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-33 Tingkat Nasional di Padang, Kamis (31/10).

 

Tidak hanya menerima penghargaan, Walikota Riza Falepi dalam acara tersebut juga menerima naskah perjanjian kerjasama bidang pertanian dan peternakan. Kota Payakumbuh direkomendasi Gubernur Irwan Prayitno salah satu kota di Sumbar yang akan melakukan usaha peternakan berskala besar, melibatkan kelompok peternak dan masyarakat. Perjanjian ini ditandatangi Riza Falepi dan Dirut PT Berdikari Librato El Arif.

 

Empat kepala daerah teladan lainnya dalam Gerakan Diversifikasi Pangan Tahun 2013 itu, masing-masing Walikota Depok, Jabar, H. Nur Mahmudi Ismail, Walikota Kendari, Sulteng, H. Asrun, Bupati Wonogiri, Jateng, H. Danar Rahmanto dan Bupati Maluku Tenggara, Maluku, Anderias Rentanubun.  “Ini merupakan penghargaan tingkat nasional  kesebelas bagi Payakumbuh, sejak dipimpin pasangan Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota Suwandel Muchtar, setahun lalu.

 

Gerakan diversifikasi pangan, menurut Walikota  Payakumbuh Riza Falepi, didampingi Kepala Dinas Pertanian Drs. Iqbal Bermawi, Sekretaris Dinas Pertanian Ir. Depi Sastra,   Kepala Kantor Ketahanan Pangan  Ir. Syahrial, dan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi di arena pameran HPS di Padang, Kamis (31/10), sebuah program guna mengurangi ketergantungan pada beras/nasi sebagai makanan pokok masyarakat.

 

Di Payakumbuh, katanya, sejak dua tahun terakhir, SKPD terkait tak henti-hentinya melakukan sosialisasi diversifikasi pangan, dengan harapan ke depan,  masyarakat dapat memanfaatkan pangan alternatif sebagai pengganti beras.  Dari tahun ke tahun, pemenuhan konsumsi  masyarakat bukan bergantung kepada beras, tapi sudah beralih ke makanan mengandung karbohidrat lainnya.

 

Data di Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh, dalam dua tahun terakhir, sudah terjadi penurunan konsumsi beras rata-rata 3,5%, dari 123 Kg menjadi 116 Kg per tahun per kapita, dari target penurunan 2,5% per tahun. Pemko Payakumbuh, dalam menyukseskan program diversifikasi pangan ini, mengalokasikan dana pada 4 SKPD terkait (Kantor Ketahanan pangan, Dinkes, Dinas Pertanian dan BPMP-KB),  total Rp. 913.902.788.  Pada tahun anggaran 2014, direncanakan meningkat menjadi Rp1,5 Miliyar lebih, anggaran untuk program diversifikasi  pangan ini.

Ternak Skala Besar

Menyusul ditandatanganinya perjanjian kerjasama Pemko Payakumbuh dengan PT Berdikar itu, ke depan warga tak perlu khawatir lagi  melakukan usaha peternakan dengan skala besar.  Walikota Riza Falepi, mengajak warga yang memiliki lahan cukup besar, beternak sapi secara perorangan dan berkelompok.

Malahan untuk membuka usaha itu, pemerintah telah menyediakan kredit ketahanan pangan dan energi (KKPE).  Sementara, jaminan pakan ternak hingga pemasaran menjadi tanggung jawab PT Berdikari. Kehadiran Rumah Potong Hewan (RPH) Modern di Kelurahan Payobasung, dengan peralatan mesin potong hewan yang sangat canggih dari Spanyol, juga menjamin pemasaran usaha ternak besar ini.

Menurut Walikota, Pemko tidak hanya mendorong masyarakat  berternak, tapi kalangan PNS juga diajak melibatkan diri dalam usaha peternakan ini. Tinggal lagi, bagaimana SKPD terkait melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat, agar warga  bergairah beternak sapi atau hewan besar, karena dari hulu sampai ke hilir, sudah dijamin Pemko, sebutnya.

Terkait dengan usaha peternakan ini, pihak Unand pun akan menambah  Fakultas Peternakan di Multi Kampus Unand Payakumbuh, selain membuka pasca sarjana atau S2 peternakan. RPH Modern pun, juga disiapkan untuk  tempat studi lapangan bagi mahasiswa Unand.

Di bagian lain dikatakan Walikota, saat Menteri Pertanian  Suswono, berkunjung ke Payakumbuh, benar-benar kagum melihat panorama Bukik Patah Sembilan,   yang akan disiapkan sebagai kawasan agro politan di kota ini. Karena berada tak jauh dari pasar ternak dan rumah potong hewan modern di Kotopanjang Payobasuang, Menteri Pertanian, memberikan saran dan solusi, agar di kawasan Bukik Patah Sembilan, dilengkapi dengan areal peternakan sapi.

“Nah, sekarang tinggal dengan masyarakat seputar Bukik Patah Sembilan atau  kelurahan lainnya, bagaimana menangkap peluang ini. Pemko akan memfasilitasi warga yang mau beternak sapi skala besar, simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...
- Advertisement -

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).
- Advertisement -

Kejaksaan Lidik Persoalan Perpakiran di Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi melakukan penyelidikan terhadap pengelolaan perpakiran, yang dikelola mitra kerja Dinas Perhubungan (Dishub) kota setempat. "Kita tengah menyelidiki...

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...
- Advertisement -