32 C
Padang
Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Riza Ajak Dai Cermati Problema Ummat
W

Kategori -
- Advertisement -

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, minta para Da’i yang tergabung dalam wadah sosial Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi) Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, mencermati problema umat yang terjadi saat ini. Anggota Ikadi kedua daerah diminta, melahirkan butiran fatwa yang sejuk, untuk mengajak umat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menjalani seluruh ajarannya dan menjauhi larangan Allah Ta’ala.

Walikota Riza Falepi menyampaikan hal tersebut ketika membuka acara diskusi yang digelar Ikadi Payakumbuh, di Balairung rumah dinas walikota di Jalan Rky. Rasuna Said Payakumbuh, Sabtu (15/3). Diskusi diikuti 80 peserta itu mengambil topik Da’i dan Problema Umat. Ketua Ikadi Payakumbuh Asrat Chan, LC, melaporkan, gelar acara itu dimaksudkan, untuk meningkatkan SDM anggota Ikadi, menghadapi tantangan Da’i ke depan, sebagai pembimbing umat.

Menurut Walikota Riza Falepi, seiring dengan perkembangan zaman dan informasi tekhnologi, para Da’i juga diharapkan menguasai tekhnologi informasi. Memanfaatkan multi media, sebagai alat komunikasi efektif menyampaikan pesan-pesan agama kepada umat. Diskusi yang digelar, diharapkan melahirkan rumusan yang tepat bagi Ikadi dalam mencari solusi dalam mengatasi persoalan umat, agar tak terdegradasi dengan kemajuan zaman.

Menurut Ketua Ikadi Sumatera Barat H. Erizal Ilyas dan Ketua Ikadi Payakumbuh Asrat Chan, eksistensi Ikadi dalam membina Da’i, agar menjadi juru dakwah yang komunikatif di depan umat terus ditingkatkan. Diskusi ini, katanya, menjawab tantangan tersebut, agar mampu melahirkan Da’i berkualitas di tengah masyarakat. Selain itu, Ikadi juga aktif dalam kegiatan sosial dan peningkatan ekonomi lainnya.

Sekretaris Ikadi Payakumbuh Hendra Bakti, S.Ag, menginformasikan, diskusi sehari itu, menampilkan Ketua Ikadi Sumatera Barat H. Erizal Ilyas, MA, pimpinan Perguruan Islam Arrisalah Padang, MA, Irsyad Syafar, LC, dan Pimpinan Majelis Zikir Asma Husna, Ir. H. Benni Warlis, MM, sebagai nara sumbernya.

Di antara persoalan umat yang menjadi pokok bahasan dalam diskusi, usaha memperkuat semangat persatuan dan kesatuan umat. Upaya memperkuat akidah. Mencermati dan mencegah ajaran yang menyimpang di tengah masyarakat, mengatasi kelangkaan juru dakwah, termasuk Da’i perempuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img