24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

DR. Henny Riza Falepi, KWT Pelopor Ekonomi Keluarga
D

Kategori -
- Advertisement -

Kelompok Wanita Tani (KWT) yang jumlah anggotanya lebih dari seribu ibu rumah tangga, diharapkan menjadi pelopor ekonomi keluarga di Payakumbuh. Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, berharap, seluruh anggota KWT bukan lagi kelompok yang suka mengajukan proposal kepada pemerintah. Sebaliknya, menjadi ibu rumah tangga yang tangannya selalu di atas, atau suka mengeluarkan zakat, infak, dan sedekah.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua TP-PKK Dr. Henny Riza Falepi, saat acara pembukaan jambore atau outbound KWT di lapangan sepakbola Menara Kelurahan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (15/3). Paket acara yang dihidangkan dalam outbound itu, sosialisasi peningkatkan produksi tanaman pekarangan, seperti cabe Kopay, sayur-sayuran dan cara pembuatan pupuk kompos atau organik. Selain itu, juga digelar lomba cerdas cermat dan ketangkasan KWT.

Saat pembukaan outbound, hadir Sekdako Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM, Asisten II Setdako Drs. H. Amriul, Kadis Tanaman Pangan Drs. Iqbal Bermawi, Kadis Sosial Naker Drs. Yummardius, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Syahril, tokoh masyarakat Koto nan Gadang Heri Iswandi, SE Dt. Muntiko Alam dan Catur Virgo, SH, Dt. Paduko Rajo dan sejumlah undangan lainnya.

Usai pembukaan, KWT tuan rumah Kelurahan Padang Kaduduak memperoleh bantuan bibit coklat sambuang pucuak, yang diterimakan Kadis Tanaman Pangan Iqbal kepada Sekdako Benni Warlis. Untuk selanjutnya, Sekdako menyerahkan bantuan itu kepada pengurus KWT Padang Kaduduak, disaksikan Ketua dan wakil ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi dan Ny. Rasyidah Suwandel Muchtar.

Ribuan ibu-ibu anggota KWT di 76 kelurahan, pasca outbound itu, diajak Ny. Henny Riza Falepi, tampil di barisan depan dalam memotivasi warga memanfaatkan tanah pekarangan. Seperti disampaikan Sekdako Benni Warlis, jangan biarkan pekarangan ditumbuhi tanaman tak bermanfaat. Sebaliknya, minimal harus penuh dengan polybag-polybag yang bertanamkan cabe kopay, sayur-sayuran dan tanaman holtikultura lainnya.

Outbound KWT itu, diawali dengan doa minta hujan dan mendengar tausyiah yang disampaikan al ustadz Irsyad Syafar, LC, M.Ed, pimpinan Perguruan Islam Arrisalah Padang, dalam acara di Masjid Bairrahim kelurahan setempat.

Dalam lomba cerdas cermat antar-KWT, tampil sebagai pemenang I dari Kecamatan Payakumbuh Barat, pemenang II dari Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, dan pemenang III dari Kecamatan Payakumbuh Utara. Sedangkan Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Payakumbuh Timur, harus puas sebagai pemenang harapan I dan II. Untuk pertandingan tarik tambang, keluar sebagai juara I dan II Kecamatan Latina dan Payakumbuh Barat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img