24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Walikota dan Ketua DPRD, MEMAJUKAN PAYAKUMBUH, KITA BUTUH SEMANGAT PENGORBANAN
W

Kategori -

Dalam keterbatasan financial daerah, bukan berarti pembangunan di kota ini tak menggeliat. Hanya saja,  diakui, gerak pembangunannya  tak bisa melakukan lompatan terlalu tinggi. Untuk menjaga keseimbangan itu, diperlukan peran serta seluruh elemen masyarakat, agar Payakumbuh mampu membayangi kota-kota lainnya dalam pembangunan.

Demikian disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, dalam sambutannya yang sama, pada acara malam resepsi HUT Kemerdekaan RI ke-70 dan hiburan rakyat di pentas terbuka di Taman Wisata Ngalau Indah, Senin (17/8) malam. Pesta rakyat menampilkan dua penyanyi papan atas Sumbar, Yen Rustam dan Tari KDI, itu disaksikan ribuan warga kota, bersama anggota Muspida, pimpinan dan anggota DPRD,  Wawako H. Suwandel Muchtar, serta pimpinan SKPD.

Kehadiran duo penyanyi Minang yang diprakarsai Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, dibawah pimpinan Syahnadel Khairi itu, sangat menghibur masyarakat. Keduanya, sangat komunikatif dalam mengalunkan tembang favoritnya, dan spontan mengajak warga tampil ke atas panggung, sambil berduet dan berjoget. “Kami sangat menikmati pesta rakyat ini,” ucap Santi dan Boy yang ikut bernyanyi bersama Tari KDI dan Yen Rustam.

Menurut kedua pimpinan kota ini, memperingati HUT Kemerdekaan RI, bukan sekedar menjalani acara seromonial saja. Tapi,  memaknai bagaimana perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan  kemerdekaan itu.

Semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan para syuhada itu, di era pembangunan sekarang ini  tak boleh luntur dan mengendor. Sebaliknya, harus ditingkatkan, untuk memacu pembangunan, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata.  “Kota ini butuh semangat pengorbanan warga, guna berpartisipasi dalam pembangunan,” ajak walikota dan ketua dewan.

Dikatakan, meski kapling anggaran yang diberikan pemerintah pusat buat Payakumbuh relatif tak besar, namun jika pemanfaatannya berdasarkan proporsi yang tepat, dan diaplikasikan dengan dukungan semangat pengorbanan dan perjuangan, bukan mustahil Payakumbuh akan lebih cepat maju dalam beberapa dekade mendatang. “Seyogianya, setiap insan di Payakumbuh mewarisi semangat perjuangan ini dan pengorbanan ini,” ingat keduanya.

Pada malam pesta rakyat itu, Walikota Riza Falepi, Wawako Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kapolresta AKBP Yuliani, Dandim 0306 Letkol Inf. Heri Sumitro, Kajari Hasbih, Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi dan Ketua GOW  Ny. Hj. Suwandel Muchtar, menyerahkan piala dan hadiah dari serangkaian lomba yang digelar kaum ibu Payakumbuh, dipimpin langsung isteri walikota, Ny. Henny.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.
- Advertisement -

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...
- Advertisement -

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -