28.9 C
Padang
Monday, October 26, 2020

HUT Kemerdekaan RI ke-70 di Payakumbuh, PAWAI, MEDIA HIBURAN WARGA LUAK LIMOPULUAH

Tidak hanya warga kota Payakumbuh, tapi ribuan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, tumpah ruah ke Payakumbuh, menyaksikan pawai pembangunan dan pawai alegoris yang diangkat pelajar kota itu, Selasa (18/8).  Pawai yang dikelola Dinas Pendidikan bersama Kantor Kementerian Agama Payakumbuh itu, merupakan media hiburan yang dinanti warga Luak Limopuluah, dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-70.

Jika tahun lalu pawai ini sempat diguyur hujan, namun  tahun ini cuaca sangat cerah berawan. Ribuan pelajar, sejak SD hingga SLTA swasta dan negeri, antusias terlibat dalam iven dimaksud. Semangat pelajar tampak tinggi melakoni pawai yang panjangnya mencapai 5 Km itu. Publik pun sangat terhibur menyaksikan barisan pawai yang mengangkat thema perjalanan sejarah Indonesia ini.

Tingginya semangat  warga menyaksikan pawai itu, membuat pusat kota Payakumbuh berubah jadi lautan manusia. Disepanjang jalan utama yang dilewati barisan pawai, padat dengan massa yang berjubel. Mereka  datang dari berbagai penjuru kota dan desa. Pawai ini merupakan puncak kemeriahan HUT RI ke-70 di Kota Batiah.

 

Pawai  tersebut dimulai sejak  pukul 11.00 WIB.  Bergerak dari GOR Kubu Gadang menuju panggung kehormatan di depan Kantor Pos Jalan Sudirman Payakumbuh. Melewati Jalan Rky. Rasuna Said menuju Simpang Labuh Basilang,   Jalan A.Yani menuju Simpang Tugu Adipura, sepanjang lebih kurang 5 Km.

Di panggung kehormatan, Walikota Riza Falepi, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kapolresta AKBP Yuliani, SH, Kepala Kantor Kementerian Agama Asra Faber dan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi serta sejumlah pejabat kota lainnya, memberikan aplus dan apresiasi terhadap sekolah yang melakukan display di depan panggung kehoramatan. “Kita senang, seluruh sekolah terlibat aktif dengan pawai ini, menggambarkan semangat kemerdekaan yang sudah melekat disanubari pelajar dan kalangan guru,” kata walikota.

Pawai pembangunan dan elegoris ini, dibagi dalam 108 kelompok barisan. Barisan pawai cukup panjang, yang paling depan sudah sampai di garis finis, sementara rombongan lainnya masih banyak yang belum dilepas di GOR Kubu Gadang. Meski pakaian sebagian  peserta pawai basah bermandikan keringat, tapi semangat mereka tak luntur menjalani pawai. Sementara itu, barisan pawai pasukan penggerak bendera pusaka (Paskibraka) asuhan pelatih ketua   Serma Aidal, juga ikut berpawai dan menjadi tontonan menarik bagi publik.

Barisan pawai menceritakan sejarah perjuangan bangsa, mulai era penjajahan kolonial Belanda dan Jepang, kemudian usaha menegakan dan mempertahankan kemerdekaan. Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945, juga diceritakan era Orla, Orba dan Reformasi sekarang ini serta era kelabu saat  terjadinya G-30S/PKI. Tak kalah heboh dan semarak, barisan drumband beberapa sekolah cukup memberi tontotan dan atraksi yang membuat warga senang, meski pakaian kuyup di badan.

Menurut  Walikota Payakumbuh Riza Falepi,  ide cerita pawai tentang perjalanan panjang sejarah bangsa ini,  diharapkan,  mampu menambah wawasan warga kota, untuk mengetahui sejarah Indonesia, guna diaplikasikan dalam bentuk partisipasi aktif terhadap pembangunan Payakumbuh ke depan.

Peran serta masyarakat dalam gerak pembangunan tidak bakal muncul, jika mereka tidak mengetahui sejarah bangsa ini. Karena itu, momentum pawai ini, diharapkan, menambah semangat perjuangan dan rela berkorban warga kota kian meningkat, untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan.  “Kita tak ingin, kehadiran warga menyaksikan pawai hanya sekedar melihat karnaval yang tanpa makna,” ungkapnya.

 

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Riza Harapkan ASN Berikan Pelayanan Bersih. Tolak Pungli Dan Gratifikasi

Payakumbuh --- Wali Kota Riza Falepi berharap setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh dapat menjunjung tinggi nilai-nilai dalam pelayanan yang...

BPBD Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Untuk 2 Korban Kebakaran Di Parik Rantang

Payakumbuh — Dua pemilik rumah korban kebakaran hebat di Kelurahan Parik Rantang RT 05 RW 04, pada Minggu (18/10/2020) pagi langsung mendapat...

UKPBJ Kabupaten Muko-Muko kunjungi Pemko Payakumbuh

Payakumbuh---Unit Kerja Pengadaan Barang/ Jasa (UKPBJ) Kabupaten Muko-muko melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Payakumbuh khususnya UKPBJ Kota Payakumbuh dalam rangka Konsultasi tentang...

Operasi Yustisi Baru 9 hari! Satgas Covid-19 Tertibkan 196 Orang Pelanggar Di Kota Payakumbuh

Payakumbuh - Perda Provinsi Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dalam Pengendalian dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -