24.2 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Bidang Pertanian, Payakumbuh Juara Umum
B

Kategori -

Dibidang pertanian, Payakumbuh masih tetap yang terbaik di Sumatera Barat. Dalam lomba-lomba bidang pertanian dan ketahanan pangan sepanjang 2015 ini, kelompok tani (keltan) Payakumbuh sukses merebut 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Dengan lima gelar juara itu, Payakumbuh keluar sebagai juara umum, dan berhak memboyong trofi Gubernur Sumatera Barat.

Gelar juara umum dibidang pertanian itu diumumkan pada upacara penurunan bendera duplikat merah putih, rangkaian peringatan HUT RI Kemerdekaan RI ke-70 Tingkat Sumatera Barat di Padang, Senin (17/8). Piala itu diserahkan Pj. Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek kepada Walikota Payakumbuh diwakili Kadis Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Ir. Zulinda Kamal.

Selain piala juara umum, masing-masing keltan peraih juara juga beroleh piagam penghargaan, serta Tabanas total Rp42,5 juta. Tiga gelar juara pertama  yang diukir petani Payakumbuh, adalah Keltan Bakuang Jaya Kelurahan Kotopanjang Dalam, Kecamatan Latina, dalam lomba- lomba Intensifikasi Tanaman Pangan.

Kemudian, dalam Lomba Tanaman Holtikultura Komoditas Sayuran (THKS), yang direbut Keltan Tanah Tambago Kelurahan Taratak Padang Kampuang,  Payakumbuh Utara. Berikutnya, dalam Lomba Sub. Terminal Agrobinis yang diraih STA Koba Jaya Payobasung, Payakumbuh Timur.

Sedangkan, sebuah gelar juara kedua direbut Keltan Sawah Talang Kelurahan Napar, Payakumbuh Barat, dalam  lomba bidang perkebunan dan kehutanan. Sementara itu, dalam lomba LKMA (Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis), Payakumbuh harus puas di urutan ketiga yang diraih LKMA Sicincin, Payakumbuh Timur. Peraih gelar juara pertama beroleh Tabanas Rp10 juta, juara kedua Rp7,5 juta dan pemenang ketiga mendapat Rp5 juta.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh Zulinda Kamal didampingi stafnya Asfrimas, melaporkan, Selasa (18/8), khusus untuk Keltan Bakuang Jaya Latina, akan mewakili Sumatera Barat ke lomba  Intensifikasi Tanaman Pangan tingkat Nasional 2015. Rencananya, tim penilai pusat akan melakukan verifikasi ke Bakuang Jaya, sekitar September mendatang. “Kita sudah siapkan anggota Keltan Bakuang Jaya menghadapi lomba ini. Mudah-mudahan gelar juara nasional milik Payakumbuh,” sebutnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -