26.4 C
Padang
Saturday, October 24, 2020

Walikota Buka Kegiatan Forum Anak Kota Payakumbuh

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB), menggelar kegiatan Forum Anak Kota Payakumbuh 2016, di aula SKB Payakumbuh di Kelurahan  Balai Jaring Air Tabit, selama dua hari, 25-26 Februari. Gelar kegiatan itu  dibuka Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II H. Amriul Dt.Karayiang.

Forum Anak melibatkan 100 peserta,  utusan SD/SLTP/SLTA, anak berkebutuhan khusus dan Pengurus Forum Anak Payakumbuh itu, mengangkat tema  Melalui kegiatan Forum Anak, kita Tingkatkan Perlindungan dan Partisipasi Anak Kota Payakumbuh. Kegiatan itu juga diikuti sejumlah pimpinan SKPD dan  camat. Dengan nara sumber  TP-PKK Payakumbuh Ny. DR.Henny Riza Falepi yang juga Ketua P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Payakumbuh   dan Ketua Ruandu Fondation Sumbar Muharman, S.PT.

Kabid Pemberdayaan Perempuan & PA, Erma Yunita, S.Sos, selaku ketua panitia pelaksana,  memaparkan  tujuan dilaksanakannya  Forum Anak Payakumbuh. Di antaranya, untuk meningkatkan kualitas kehidupan, kesejahteraan dan perlindungan anak sekaligus meningkatkan kreativitas anak di kota ini. Forum Anak salah satu komitmen pemko bersama P2TP2A dalam rangka menciptakan pembangunan yang peduli terhadap hak, kebutuhan dan kepentingan anak, ujarnya.

Asisten II Amriul Dt. Karayiang ketika membuka acara ini.  menyebutkan SDM berkualitas tidak dapat lahir secara alamiah bila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa perlindungan. Anak akan  menjadi beban pembangunan karena akan menjadi generasi yang lemah, tidak produktif dan tidak kreatif. Sedangkan jumlah mereka lebih dari sepertiga penduduk Indonesia.

Akan tetapi tidak dapat dipungkiri,  hingga kini masih didengar berbagai pelanggaran terhadap hak anak, baik  dilakukan oleh individu, keluarga, masyarakat dan bahkan oleh organisasi sekalipun. Bentuk-bentuk  kekerasan secara fisik, seksual, psikologis, pengucilan, diskriminasi dan lainnya masih saja menghiasi media televisi nasional.

Menyadari akan hal itu, Pemko Payakumbuh semakin menguatkan langkah, memberikan jaminan bagi penghormatan, pemenuhan dan perlindungan anak beserta haknya. Karena anak adalah potensi yang sangat penting sebagai penerus masa depan bangsa, tegas asisten.

Selama dua hari itu, seluruh peserta akan dibekali dengan berbagai pengetahuan tentang perlindungan hak anak dan perlindungan terhadap perempuan. Peran P2TP2A Payakumbuh, juga akan dijelaskan, agar kasus kekerasan serta diskriminasi yang dialami perempuan dan anak tak terjadi di Payakumbuh. Dan itu, sudah menjadi tekad P2TP2A daerah ini,  memberikan pelayanan maksimal bagi masyaraka, sebut Ketua P2TP2A, Ny. Henny Yusnita.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...

UKPBJ Kabupaten Muko-Muko kunjungi Pemko Payakumbuh

Payakumbuh---Unit Kerja Pengadaan Barang/ Jasa (UKPBJ) Kabupaten Muko-muko melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Payakumbuh khususnya UKPBJ Kota Payakumbuh dalam rangka Konsultasi tentang...

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...

AKP Witrizawati Jabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Padang Panjang,- Serahterima Jabatan di jajaran Polres Padang Panjang bergulir. Selasa 20/10 pagi Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo gelar sertijab Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -