28 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Ajak Lurah Lakukan Kegiatan Bersih-Bersih
W

Kategori -
- Advertisement -

Walikota Payakumbuh Riza Falepi ajak seluruh kepala kelurahan dibawah koordinasi camat, untuk meningkatkan kegiatan bersih-bersih di lingkungan kelurahan. Kegiatan bersih-bersih itu, bukan karena menghadapi penilaian Adipura  tahap kedua, Maret mendatang,  melainkan untuk memelihara lingkungan, agar tetap bersih dan sehat sepanjang hari.

Dihubungi di Payakumbuh, Minggu (8/2), Riza Falepi mengakui, Payakumbuh tengah berjuang mendapatkan Piala Adipura, lambang kota terbersih dan hijau yang diberikan pemerintah  pusat kepada kota/kabupaten di Indonesia, setiap tahun. Tahun 2014, piala tersebut lepas, karena gagal memenuhi passing grade yang ditetapkan tim penilai.

Tahun 2015 ini, katanya, kelemahan-kelemahan dalam penilaian tahun sebelumnya menjadi evaluasi untuk perbaikan. SKPD terkait, seperti Kantor Lingkungan Hidup dibawah pimpinan Syamsurial  dan Dinas Tata Ruang dan Kebersihan dibawah komando Zulinda Kamal, sudah bersinergi dengan SKPD terkait lainnya untuk menutupi kelemahan tersebut. “Kita ingin, saat tim penilai tiba, semua jajaran pemko dan warga kota siap untuk dinilai,” katanya.

Terhadap penilaian Adipura itu, tambah walikota,  peran kepala kelurahan cukup besar. Lurah diminta lebih sering turun ke lapangan, mengajak warga melalui LPM untuk membersihkan lingkungan pemukiman. Bukan terpaut dengan kelurahan sasaran penilaian saja, tapi melibatkan seluruh kelurahan di kota ini. “Lingkungan yang bersih, akan menjamin kesehatan warganya,” ungkap Riza.

Laporan Kabid Kebersihan Menapris,  tidak hanya kelurahan, jajaran sekolah mulai dari TK sampai ke SMA/SMK dan madrasah, akhir-akhir ini sudah saling berlomba meningkatkan kebersihan lingkungan. Malahan, diantara sekolah juga melibatkan orangtua murid untuk melakukan gotong royong di sekolah. Yayasan  pendidikan swasta pun, dikatakan, tidak segan-segan merogoh koceknya, memberikan bantuan kepada anggota pasukan kuning. Sebuah langkah maju yang pantas diapresiasi, kata Menapris.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img