25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Wako Riza, Pilihan Suara Hati, Jangan Ada Golput
W

Kategori -

Golput masih menghantui Pemilu 2014. Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengajak, 87.440 pemilih tetap yang sudah tercatat di KPUD, menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April mendatang. “Jangan sampai ada warga yang tak menggunakan hak suaranya. Soal pilihan, adalah suara hati. Terpenting, seluruhnya datang ke TPS, ikut mencoblos, demi kepentingan bangsa dan negara ke depan.”

Demikian ditegaskan Walikota Riza Falepi saat melepas gerak jalan jantung sehat (GJJS) dan sepeda sehat serta donor darah, dalam rangka sosialisasi Pemilu 2014, di GOR Kubu Gadang, Minggu (9/3). Ribuan publik bersama sejumlah caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Payakumbuh serta pengurus parpol ikut meramaikan GJJS, sepeda sehat dan donor darah itu. Puluhan doorprize, dari payung hingga mesin cuci dan kulkas disediakan KPUD.

Walikota Riza bersama Wawako H. Suwandel Muchtar, Kapolresta AKBP Rubiantoro Syuhada, Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf. Trisno Widodo, Ketua Pengadilan Agama H. Arinal dan Ketua KPUD Hetta Membayu, berbaur dan bersimbah keringat mensosialisasikan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Pada Pemilu 2009, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 77.314 orang. Tapi, yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya hanya 54.515 (70,51%). Dari data tersebut tercatat 22.799 orang yang boleh disebut golput.

Data di KPUD, pada Pemilu 2014 nanti, jumlah DPT mengalami peningkatan 10.126 pemilih. Rinciannya, di Payakumbuh Utara 21.043 jiwa, Payakumbuh Barat 34.133, Payakumbuh Timur 18.100, Payakumbuh Selatan 7.290 dan Kecamatan Latina 6.874.

Harapan kita, sebut walikota, pada 9 April nanti, saat dilakukan hari “H” pencoblosan, jangan sampai ada lagi warga yang golput. Karena, satu suara pemilih sangat besar artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Masa depan Payakumbuh sangat ditentukan dari hasil Pemilu ini, ungkapnya.

Di bagian lain, walikota mengingatkan, hakekat Pemilu bukan merusak sendi-sendi persaudaraan dan nilai-nilai kebersamaan warga. Tapi, bertujuan meningkatkan semangat kekeluargaan anak bangsa. Pilihan boleh berbeda, tapi persaudaraan tetap terjaga, simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.
- Advertisement -

Kasus Covid-19 di Bukittinggi Makin Turun

Bukittinggi, beritasumbar.com - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi melaporkan data terbaru perkembangan kasus Corona Virus Diseases - 19 (Covid-19) semakin menurun. Menurut Sekretaris DKK, Vera...

30 Guru Madrasah Padang Panjang Ikuti PDWK

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi perwakilan dari BDK Padang Emi Arbi, Pengawas Madrasah Agus Nasution, dan Kepala MAN 3 Padang Panjang Dariman membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) dengan tema Pelatihan Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS tanggal 20 s.d 25 September 2021 di MAN 3 Padang Panjang, Senin (20/09/2021)
- Advertisement -

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.
- Advertisement -