26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wako Riza, Pilihan Suara Hati, Jangan Ada Golput
W

Kategori -
- Advertisement -

Golput masih menghantui Pemilu 2014. Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengajak, 87.440 pemilih tetap yang sudah tercatat di KPUD, menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April mendatang. “Jangan sampai ada warga yang tak menggunakan hak suaranya. Soal pilihan, adalah suara hati. Terpenting, seluruhnya datang ke TPS, ikut mencoblos, demi kepentingan bangsa dan negara ke depan.”

Demikian ditegaskan Walikota Riza Falepi saat melepas gerak jalan jantung sehat (GJJS) dan sepeda sehat serta donor darah, dalam rangka sosialisasi Pemilu 2014, di GOR Kubu Gadang, Minggu (9/3). Ribuan publik bersama sejumlah caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Payakumbuh serta pengurus parpol ikut meramaikan GJJS, sepeda sehat dan donor darah itu. Puluhan doorprize, dari payung hingga mesin cuci dan kulkas disediakan KPUD.

Walikota Riza bersama Wawako H. Suwandel Muchtar, Kapolresta AKBP Rubiantoro Syuhada, Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf. Trisno Widodo, Ketua Pengadilan Agama H. Arinal dan Ketua KPUD Hetta Membayu, berbaur dan bersimbah keringat mensosialisasikan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Pada Pemilu 2009, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 77.314 orang. Tapi, yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya hanya 54.515 (70,51%). Dari data tersebut tercatat 22.799 orang yang boleh disebut golput.

Data di KPUD, pada Pemilu 2014 nanti, jumlah DPT mengalami peningkatan 10.126 pemilih. Rinciannya, di Payakumbuh Utara 21.043 jiwa, Payakumbuh Barat 34.133, Payakumbuh Timur 18.100, Payakumbuh Selatan 7.290 dan Kecamatan Latina 6.874.

Harapan kita, sebut walikota, pada 9 April nanti, saat dilakukan hari “H” pencoblosan, jangan sampai ada lagi warga yang golput. Karena, satu suara pemilih sangat besar artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Masa depan Payakumbuh sangat ditentukan dari hasil Pemilu ini, ungkapnya.

Di bagian lain, walikota mengingatkan, hakekat Pemilu bukan merusak sendi-sendi persaudaraan dan nilai-nilai kebersamaan warga. Tapi, bertujuan meningkatkan semangat kekeluargaan anak bangsa. Pilihan boleh berbeda, tapi persaudaraan tetap terjaga, simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img