30 C
Padang
Kamis, Februari 25, 2021
Beritasumbar.com

Wako Riza, Pilihan Suara Hati, Jangan Ada Golput
W

Kategori -

Golput masih menghantui Pemilu 2014. Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengajak, 87.440 pemilih tetap yang sudah tercatat di KPUD, menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April mendatang. “Jangan sampai ada warga yang tak menggunakan hak suaranya. Soal pilihan, adalah suara hati. Terpenting, seluruhnya datang ke TPS, ikut mencoblos, demi kepentingan bangsa dan negara ke depan.”

Demikian ditegaskan Walikota Riza Falepi saat melepas gerak jalan jantung sehat (GJJS) dan sepeda sehat serta donor darah, dalam rangka sosialisasi Pemilu 2014, di GOR Kubu Gadang, Minggu (9/3). Ribuan publik bersama sejumlah caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Payakumbuh serta pengurus parpol ikut meramaikan GJJS, sepeda sehat dan donor darah itu. Puluhan doorprize, dari payung hingga mesin cuci dan kulkas disediakan KPUD.

Walikota Riza bersama Wawako H. Suwandel Muchtar, Kapolresta AKBP Rubiantoro Syuhada, Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf. Trisno Widodo, Ketua Pengadilan Agama H. Arinal dan Ketua KPUD Hetta Membayu, berbaur dan bersimbah keringat mensosialisasikan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Pada Pemilu 2009, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 77.314 orang. Tapi, yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya hanya 54.515 (70,51%). Dari data tersebut tercatat 22.799 orang yang boleh disebut golput.

Data di KPUD, pada Pemilu 2014 nanti, jumlah DPT mengalami peningkatan 10.126 pemilih. Rinciannya, di Payakumbuh Utara 21.043 jiwa, Payakumbuh Barat 34.133, Payakumbuh Timur 18.100, Payakumbuh Selatan 7.290 dan Kecamatan Latina 6.874.

Harapan kita, sebut walikota, pada 9 April nanti, saat dilakukan hari “H” pencoblosan, jangan sampai ada lagi warga yang golput. Karena, satu suara pemilih sangat besar artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Masa depan Payakumbuh sangat ditentukan dari hasil Pemilu ini, ungkapnya.

Di bagian lain, walikota mengingatkan, hakekat Pemilu bukan merusak sendi-sendi persaudaraan dan nilai-nilai kebersamaan warga. Tapi, bertujuan meningkatkan semangat kekeluargaan anak bangsa. Pilihan boleh berbeda, tapi persaudaraan tetap terjaga, simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.
- Advertisement -

Usai Jabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan Akan Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah berakhir menjabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021, Ferizal Ridwan akan kembali menjalani sejumlah kegiatan sosial. Hal itu...

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.
- Advertisement -

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...

KH. T. ZULFIKAR ; Penyertaan BUMA Pasca Berakhirnya Kontrak Chevron Jadi Momentum Kebangkitan Riau

Akan segera berakhirnya kontak migas Chevron di blok rokan Provinsi Riau pada bulan Agustus 2021 nanti tengah menjadi atensi yang tinggi dari masyarakat Riau, bahwasanya dengan berakhirnya kontrak migas Chevron di blok rokan Riau merupakan sebuah momentum bagi masyarakat Riau untuk dapat bangkit melalui imbal hasil dari sumber daya alam yang besar sehingga mampu menjadi Provinsi yang lebih maju

Jadi Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto Dukung Penuh Program Presisi Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Pol Agus Andrianto menjabat Kabareskrim Polri. Sebelumnya, Agus menjabat Kabaharkam Polri.

Boy Rafli Pakai Kostum Adat Minang Saat Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Acara Salam Indonesia Harmoni

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan nasional terhadap ancaman radikal terorisme...

Wakapolda Sumbar Louching Pemakaian Mobil SIM Keliling di Sijunjung

Polres Sijunjung mulai operasikan mobil SIM Keliling. Wakapolda Sumbar Brfjen Edi Mardianto SIK.M.Si louching mobil SIM Keliling tersebut pada Kamis 11/2. Dengan beroperasinya armada tersebut diharapkan dapat membantu warga memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di kabupaten Sijunjung

Doni Monardo Sebut “Medali Emas Pentahelix”

Kepala BNPB/Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menerima dengan rasa terima kasih, anugerah medali emas Dewan Pers yang diberikan kepadanya. Dalam kondisi masih menjalani isolasi mandiri, Doni mengikuti rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021 secara virtual, Selasa (9/2/2021).
- Advertisement -