32 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wajib Tahu Keistimewaan Terubuk
W

- Advertisement -

BeritaSumbar.com,- Tebu telur atau bunga tebu merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi pangan lokal yang sering dikonsumsi oleh Masyarakat. Tanaman yang Bernama latin Saccharum edule ini merupakan tanaman sejenis tumbuhan yang tumbuh liar di hutan hujan tropika yang diduga berasal dari wilayah tropika seperti Amerika Tengah dan Selatan. ika di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog ataupun Terubuk. Sebaliknya di wilayah Jawa Tengah serta Jawa Timur diketahui dengan Tebu Endog ataupun Tebu Terubuk. Alasan mengapa bunga tebu ini diucap Tebu Telur sebab teksturnya mirip dengan telur ikan.

Bentuk sayur lilin sulit dibedakan dengan tebu, namun segera terlihat bahwa kedua spesies itu berkerabat dekat,” berbeda dengan tebu, bukan batangnya yang dimakan, melainkan bakal bunga yang belum mekar, dengan wujud botanisnya yang mengesankan masih tersembunyi di balik daun pembungkus. Tumbuhan ini telah lama terbudidayakan dan digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

Tebu telur sendiri merupakan hasil persilangan antara tebu biasa dengan varietas tebu yang memiliki sifat unik, seperti batang yang lebih pendek dan lebih banyak menghasilkan tunas. Pada umumnya, tebu telur tertanam di daerah yang memiliki iklim hangat dan lembap, dengan suhu optimal antara 20-30 derajat Celsius. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah yang subur serta drainase yang baik.

Dalam budidaya tebu telur, biasanya melakukan melalui stek batang atau pemisahan rumpun. Setelah tertanam, tanaman ini membutuhkan perawatan yang baik, seperti penyiraman yang cukup, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit.

Setelah mencapai umur yang cukup, biasanya sekitar 9-12 bulan, tebu telur dapat terpanen. Bagian yang paling sering memanfaatkan adalah batangnya yang mengandung banyak air dan gula alami. Batang tebu telur dapat diperas untuk menghasilkan jus tebu yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Walau bagaimanapun, tebu telur kadang-kadang dapat menimbulkan masalah jika terlalu banyak tumbuh di kawasan yang tidak sepatutnya. Ini kerana ia memiliki sifat invasif dan boleh mengatasi tumbuhan lain di kawasan tersebut. Oleh itu, penting untuk mengawal pembiakan tumbuhan ini dengan betul.

Komposisi nutrisi yang terdapat didalam tebu telur yaitu Fosfor, Kalsium, Air, Protein, Karbohidrat, Serat, Vit C, Vit B Kompleks, Zat besi, Dopamin dan Serotonin. Dilansir dari Health Benefits Times, tebu telur sudah lama digunakan dalam pengobatan India kuno untuk masalah ginekologi dan penyakit pernapasan dan digunakan sebagai galactagogue dan diuretik.

Tanaman ini bermanfaat sebagai obat wasir atau ambeien, dan kelemahan seksual hingga masalah sistem reproduksi wanita. Berdasarkan berbagai sumber ada beberapa manfaat dan keistimewaan dari tebu telur yang perlu kita ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
    Tebu telur telah teruji dapat digunakan buat tingkatkan energi badan sebab mempunyai bermacam isi semacam vit B lingkungan, mineral serta selenium yang sangat jitu buat memicu penciptaan dari hormon serta pula membetulkan sistem imun badan seorang.
  2. Meningkatkan Energi
    Kandungan gula yang besar sangat baik buat dijadikan sumber tenaga sehingga raga dapat terus menjadi bertenaga serta pula terbebas dari seluruh berbagai penyakit sekalian membuat hidup kamu terus menjadi bergairah.
  3. Mencegah terjadinya Osteoporosis
    fosfor yang sangat baik buat melindungi kesehatan tulang dan gigi.idak hanya itu, buat kamu pengidap osteoporosis serta rakitis pula dianjurkan komsumsi terubus ini buat sumber fosfornya sehingga kurangi efek patah tulang ataupun retak dikala terjalin benturan kecil.
  4. Mengobati Batuk Kering

    Batuk kering yang sangat menyiksa pengidapnya sebab dahak yang susah buat dikeluarkan ini hendak membuat pengidap pula kerap merasakan sakit pada dada serta pula sesak napas. Buat mengobati batuk kering ini, kamu cuma butuh komsumsi tumbuhan terubus ini dengan metode terbuat sayur ataupun di rebus jadi lalapan.
  5. Menghindari Stroke
    Tebu telur pula memiliki kandungan lemak jahat yang rendah serta cuma memiliki kandungan lemak baik sehingga hendak membuat kamu bebas dari bermacam penyakit degeneratif semacam stroke, jantung koroner serta pula kolesterol.
  6. Dapat mempelancar Peredaran Oksigen Dalam Darah
    Zat besi yang terdapat pada salah satu sayur- mayur ini telah teruji sangat baik buat kesehatan. Dengan komsumsi terubus secara teratur, hingga berkembang kamu hendak senantiasa fit serta tidak hadapi kekurangan hemoglobin yang bermanfaat buat menyalurkan oksigen ke segala bagian badan melalui darah
  7. Meningkatakan Konsentrasi
    Serotonin yang terdapat pada terubus ini pula sangat berguna buat kamu para pekerja serta pula kanak- kanak. Karena serotonin pula berperan buat tingkatkan konsentrasi serta pula fokus yang sangat diperlukan dikala bekerja serta pula belajar pada kanak- kanak.
  8. Menambah Nafsu Makan
    Buat kanak- kanak yang kurang nafsu makan, kamu dapat mencerna terubus jadi bermacam santapan lezat semacam perkedel, di goreng ataupun dijadikan lauk pauk bonus. Isi serotonin yang terdapat pada terubus hendak membuat nafsu makan anak dapat terus menjadi meningkat.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img