24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Wabup Sijunjung Iradatillah Panen Padi varietas Lampai Sirandah
W

Kategori -


Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Wakil Bupati Sijunjung, Iradatillah melakukan panen padi varietas Lampai Sirandah di lahan Kelompok Tani Famili Saiyo Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Kecamatan Sumpur Kudus, Rabu kemaren.

Selain melakukan panen padi secara manual, Wakil Bupati juga melakukan panen padi menggunakan mesin panen padi (combine).Pada saat mengoperasikan mesin tersebut Wabup dipandu operator
Kegiatan panen padi melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP).Panen padi Varietas Lampai Sirandah, diikuti Dandim 0310 SSD, Kapolres Sijunjung, Kadis Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar, Kadis Pertanian Sijunjung, Ir.Ronaldi, OPD terkait, Camat Sumpur Kudus, Roni Satria dan sekretaris nagari Tanjung Bonai Aur.

Wabup Iradatilah sangat mengapresiasi program IPDMIP tersebut.Apalagi program IPDMIP ini wujud komitmen bersama dengan melibatkan beberapa Kementrian di pusat dan beberapa OPD di daerah bertujuan untuk mendorong peningkatan produktivitas padi. ”Kita pantas berterima kasih ke Kementrian Pertanian, karena kegiatan IPDMIP di Sumatera Barat dilaksanakan 5 kabupaten, termasuk Kabupaten Sijunjung sebagai salah satu pelaksana program IPDMIP,” jelas Wabup.

Pemkab Sijunjung juga memberikan perhatian di sektor pertanian.Salah satunya, membenahi dan membangun sarana dan prasana pertanin.
“Tahun ini, di Tanjung Bonai Aur Selatan ini, kita juga membangun jalan produksi dengan dana sebesar Rp168 juta dan pembautan dua unit dam parit dengan total dana Rp240 juta,” jelasnya.

Dengan adanya program IPDMIP dan dukungan infrastruktur pertanian hasil produksi pertanian di Kabupaten Sijunjung terus mengalami peningkatan. “Kalau produksi mengalami peningkatan, otomatis ikut mendorong kesejahteraan petani,” kata Iraddatillah.

Kepala Dinas Perkebunanan Tanaman Pangan dan Holtikultura di wakili Kepala UPTD BPPP, Rizki Hidayat mengatakan, Pemrov Sumbar menaruh perhatian yang besar di sektor pertanian.
Untuk Kabupaten Sijunjung, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar telah mendistribusikan benih berlabel.”Tahun 2021 ini, kita memberikan benih berlabel sebanyak 23 ton,” katanya.

Ketua Poktan Famili Saiyo pada kesempatan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinas Pertanian Sijunjung yang telah memberikan materi dan pendampingan melalui kegiatan Sekolah lapang (SL). “Banyak ilmu yang kami peroleh dalam kegiatan SL ini.

Selain pengolahan lahan, kami juga diajarkan pola tanam jajar legowo, termasuk mengusir hama menggunakan peritisida organik,” paparnya. Sementara itu, hasil ubinan padi varietas padi Lampai Sirandah yang dilakukan BPS Sijunjung dilahan milik keltan Famili Saiyo 6 ton per hektar.”Pengambilan sampel ubinan yang dilakukan jajaran BPS Sijunjung, dilahan seluas 2,5 X 2,5 meter diperoleh bobot gabah 3,75 kilogram,” kata koordinator BPP Sumpur Kudus, Yusuf, SPKP. ( Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...
- Advertisement -