28 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Usung Program Fullfilment, JNE Jalin Kerjasama Dengan Pemko Payakumbuh
U

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berlangsung setelah ibadah sholat Jumat sembari sambil makan siang, Wakil Walikota Erwin Yunaz bertemu dengan pimpinan JNE Provinsi Sumbar dan kota Payakumbuh. Pertemuan yang mengagendakan membahas program dari pihak JNE yang mana bertujuan untuk memudahkan aktivitas distribusi barang bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) di kota Payakumbuh.

Dengan mengusung program Fullfilment, pihak JNE menggandeng pemerintah kota Payakumbuh untuk melancarkan dan mempercepat realisasi program ini.

Wakil Walikota Erwin Yunaz saat menjamu rombongan pihak JNE yang dipimpin langsung oleh Yusran kepala JNE cabang kota Padang bersama rombongan dan didampingi juga oleh Ance Trisno pimpinan JNE Kota Payakumbuh bersama tim di rumah makan Sederhana itu sampaikan apresiasinya atas program fullfilment yang akan diterapkan JNE di kota Payakumbuh.

“Tentunya dengan telah berjalan program fullfilment ini di JNE kota Payakumbuh, maka akan sangat membantu sekali terhadap pelaku usaha kecil menengah dalam pendistribusian produk mereka,” ungkap Erwin, Jumat (24/9).

Tidak hanya membantu dalam pendistribusian produk para pelaku usaha saja nantinya, Wawako berharap melalui program fullfilment itu pihak JNE kedepan dapat membantu dalam pendistribusian produk rendang melalui program wakaf.

“Sesuai dengan brand kota Payakumbuh city of Randang, kami dari pemerintah kota Payakumbuh sebelumnya telah memiliki wacana untuk menjalankan program wakaf rendang, untuk mensukseskan program ini Pemko menjalin kerjasama dengan lembaga ACT, dan tentunya dengan telah berjalannya nanti program fullfilment dari JNE ini, akan dapat membantu dalam melancarkan pendistribusian Randang nanti,” ucap Wawako tersebut.

Dengan program fullfilment ini nantinya, Erwin Yunaz berharap dapat meningkatkan lagi ekonomi para pelaku usaha di kota Payakumbuh yang telah portal poranda oleh wabah pandemi covid-19 sebelumnya.

Sementara itu, Yusran kepala JNE Cabang Padang sampaikan trimakasih ke pihak Pemerintah Kota Payakumbuh yang telah turut serta mendukung untuk mensukseskan program fullfilment bagi pelaku usaha kecil menengah di kota Payakumbuh.

Fulfillment adalah sebuah proses distribusi barang mulai dari penerimaan, penyimpanan, pengepakan, pengemasan, dan pengiriman order produk yang dikelola menggunakan Warehouse Management System.

Kepalan JNE cabang Padang itu menjelaskan melalui layanan fulfillment, mitra UMKM bisa mengurangi biaya tetap (fixed cost) menjadi variable cost. Jika selama ini mitra UMKM ada yang kesulitan mengenai kebutuhan pergudangan, kesulitan dalam proses pengemasan dan pengiriman, biaya operasional SDM, atau harus menanggung biaya–biaya lainnya, JNE memfasilitasi semuanya dengan menyediakan fulfillment yang dilengkapi dengan Warehouse Management System yang sesuai dengan kebutuhan para UMKM.

“Caranya, barang milik UMKM dititipkan di gudang JNE. Ketika ada order dari pembeli, semua pengerjaan terkait persiapan pengiriman, pengemasan, sampai tahap pengiriman, dikerjakan tim JNE,” terang Yusran.

Lebih lanjut, dengan program fullfilment, para pelaku usaha kecil menengah yang memproduksi atau menjual jenis produk apapun akan difasilitasi oleh JNE tanpa di pilah-pilah.

Dalam kesempatan tersebut, kepala JNE cabang kota Payakumbuh Ance Trisno turut sampaikan bahwa dengan program fullfilment ini nantinya produk yang akan dikirim berlangsung juga dihari yang sama.

“Dengan program ini, distribusi barang dari pelaku usaha UMKM akan dapat dikirim di hari yang sama, tanpa ikut nunggu antrian pengiriman esok harinya,” ungkap Ance.

Dan untuk program fullfilment, pihak JNE kota Payakumbuh nantinya akan melakukan sosialisasi langsung ke pelaku usaha UMKM yang ada di kota Payakumbuh, dan juga tentunya bersama pemerintah kota Payakumbuh program fullfilment ini akan lebih maksimal dalam pencapaiannya,” imbuh Ance.

Serta, Ance juga menyampaikan jika seandainya dibutuhkan seminar untuk tata cara dalam proses pendistribusian barang pelaku usaha UMKM, maka pihak JNE akan membantu untuk turun langsung datang ke tempat pelaku usaha tersebut.

Ance juga menghimbau jika ada pelaku usaha kecil menengah yang ingin segera menggunakan program fullfilment ini maka mereka bisa kunjungi gerai atau kantor JNE kota Payakumbuh yang berada di Jalan Tan Malaka, Nomor 21 Bunian, kecamatan Payakumbuh Utara.

Diakhir pertemuan itu, Wawako Erwin Yunaz saling lakukan pertukaran cinderamata bersama kepala cabang JNE Padang Yusran.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img