26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

TNI Klaim Semua Titik Api di Sumbar & Riau Padam
T

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung mengklaim, saat ini di lahan dan hutan Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau sudah tak ada lagi titik api. Namun Riau masih tertutup asap kiriman dari Kalimantan dan Sumatera Selatan.

“Di Riau tidak ada lagi titik api, sama dengan yang ada di Sumatera Barat. Namun Riau masih tertutup kabut asap, itu kiriman dari Sumatera Selatan. Bahkan ada yang dari Kalimantan karena di sana yang terbakar luar biasa,” ujarnya di Makorem 032 Wirabraja Padang, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (8/10/2015)

Untuk memadamkan api, jenderal berbintang dua itu mengatakan, 1.059 pasukan TNI AD, AU, dan AL dari Mabes TNI dikerahkan ke lokasi kebakaran hutan dan laha. Mereka yang dibantu 1.250 pasukan Kodam I/Bukit Barisan sudah satu bulan di sana.

“Jadi jumlah mereka ada sekira 2000 orang lebih, ditambah dengan masyarakat-masyarakat yang peduli api yang diorganisir oleh Korem dan Polda bersama aparat untuk memadamkan api,” ucap Lodewyk.

Selain itu, posko kesehatan juga dirikan. Warga yang terkena ISPA dan gatal-gatal karena kabut asap bisa berobat ke posko tersebut.

“Kita buka selama satu bulan dan kemarin saya perintahkan mereka (petugas posko) harus mobile mendatangi kampung-kampung untuk bisa mengobati masyarakat. Kalau di kampung-kampung masyarakat yang tidak punya sepeda motor, dia tidak bisa bergerak, sulit mendatangi posko pengobatan itu,” katanya.

Lebih lanjut, selama memadamkan titik api di Sumatera Barat, pasukan TNI sempat kesulitan mendapat pasokan air. Oleh karena itu Lodewyk menyarankan pembangunan kolam-kolam kecil di lokasi yang berpotensi muncul titik api. Sehingga pemadamnnya lebih mudah. (okezone)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img