26.1 C
Padang
Saturday, September 19, 2020

Tingkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat,Dompet Dhuafa Pendidikan Inisiasi Si Mobil Baca (Si MoBa)

BeritaSumbar.com,-Skor PISA dinilai mengindikasikan pentingnya meningkatkan kemampuan masyarakat akan literasi. Karena meningkatkan minat berliterasi bukan hajat negara saja melainkan seluruh lapisan masyarakat. Dompet Dhuafa Pendidikan melalui Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) menginisasi program Si MoBa (Si Mobil Baca).

Beberapa waktu lalu dunia pendidikan Indonesia dihebohkan dengan hasil skor Programme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis The Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). Menurut skor tersebut saat ini kemampuan berliterasi masyarakat Indonesia (khususnya pelajar) dianggap  di bawah rata-rata dengan skor 371 dari 487. Bahkan kemampuan membacanya hanya mampu bertengger di angka 30 persen dari total responden yang mencapai kemahiran level dua atau level kemampuan mengidentifikasi ide utama dalam teks sedang dan panjang.

Skor PISA tersebut dinilai memberikan masukan baik karena bisa menilik pendidikan Indonesia dari perspektif berbeda, juga mengindikasikan pentingnya meningkatkan kemampuan serta minat masyarakat akan literasi. Karena meningkatkan minat berliterasi bukan hajat negara saja melainkan tugas seluruh lapisan masyarakat. Dompet Dhuafa Pendidikan melalui Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) sebagai program yang peduli akan kualitas pendidikan Indonesia menginisasi program Si MoBa (Si Mobil Baca). Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang dihadirkan karena keterbatasan masyarakat dalam menjangkau serta mendapatkan aksesibilitas terhadap perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca yang digaungkan JSI.

Si MoBa akan berkeliling ke 22 titik di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat dengan menyasar sekolah dan masyarakat daerah marginal. Madrasah Diniyah (MD), PTPN VIII Kebun Cianten, Purasari Bogor, didapuk menjadi daerah Kick Off perdana yang disinggahi Si MoBa pada Senin dan Selasa (16/12 & 17/12).

“Seperti yang kita ketahui jika skor PISA bukan satu-satunya tolak ukur, wajah pendidikan masih bisa kita ubah melalui ragam cara dengan perspektif berbeda salah satunya dengan Si MoBa. Si MoBa merupakan jawaban untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi masyarakat Indonesia,” ujar Muhammad Asyari, Perwakilan Dompet Dhuafa Pendidikan, membuka Kick Off Si MoBa.

Si MoBa akan menjangkau masyarakat di titik yang berdekatan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) dan sekolah pendampingan perpustakaan Gemari Baca Dompet Dhuafa Pendidikan, sehingga manfaat program bisa berdampak berkesinambungan (multiplier effect). Program ini diyakini menjadi alternatif upaya dan solusi peningkatan kualitas literasi di masyarakat.

“Ada tiga poin penting hadirnya Si MoBa di tengah-tengah masyarakat antara lain kami ingin memperkenalkan program Si MoBa sebagai sarana pendidikan menyenangkan, sebagai wahana edukasi serta rekreasi berbasis literasi, dan sebagai wahana belajar untuk meningkatkan kemampuan diri dan minat baca masyarakat,” terang Muhammad Asyari.

Ari, penggilan akrabnya, mengungkapkan jika Si MoBa bukan sekadar perpustakaan keliling semata, melainkan pengimplementasian sisi lain literasi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari melalui program pemberdayaan dan sarana penyembuhan trauma (trauma healing) atas masalah apapun yang sedang dihadapi masyarakat. “Ranah literasi sangatlah luas, sayang rasanya jika masyarakat hanya dicekoki bacaan tanpa adanya implementasi dari apa yang mereka baca. Kehadiran Si MoBa diharapkan menjadi angin segar agar masyarakat Indonesia tak hanya melek literasi namun juga berdaya bagi orang lain,” tukasnya.

Bentuk program Si MoBa akan ditekankan pada aktivasi perpustakaan keliling, program kemasyarakatan, pengembangan jaringan ke pemangku kebijakan, monitoring serta evaluasi, dan fase penguatan program menuju proses keberlanjutan secara mandiri.

“Banyak pekerjaan rumah terkait peningkatan literasi, namun langkah sekecil apapun bisa dimaksimalkan dengan menyasar masyarakat melalui strategi jitu. Kami yakin Si MoBa  mampu membangun kesadaran berliterasi menjadi sesuatu yang penting di masyarakat Indonesia,” tutup Ari. (AR)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dandim 0311 Pessel, siap dukung BPBD Pessel Penanganan Bencana

Pesisir Selatan,-Dandim 0311 Pesisir Selatan 0311/ Pessel Letkol Inf.Gamma Arthadila Sakti menerima kedatangan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Pesisir Selatan,...

Pembangunan Mesjid Agung, Ini Kata Ketua MUI dan Kakankemenag Kota Payakumbuh

Payakumbuh -- Rencana pembangunan Mesjid Agung Kota Payakumbuh yang diinisiasi Wali Kota Riza Falepi mendapat tanggapan dari Ketua MUI Kota Payakumbuh dan...

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Terpapar Covid-19, Kondisi Dino Patti Djalal Semakin Memburuk

JAKARTA - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, dia dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terpapar Covid-19, Kondisi Dino Patti Djalal Semakin Memburuk

JAKARTA - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, dia dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot...

Akhirnya, Ponsel BM di Indonesia Benar-benar Diblokir Mulai Malam Ini

Setelah mengalami penundaan beberapa kali, akhirnya aturan pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) melalui nomor IMEI resmi diberlakukan.

Hasil Temuan PERNUSA ditanggapi Presiden RI, Team Kepresidenan Kirim Sembako

JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 mempunyai dampak kepada seluruh lapisan masyarakat, hal ini mendasari Organisasi Perjuangan Rakyat Nusantara / PERNUSA untuk...

Rayakan HUT ke 42, PD V GM FKPPI Provinsi Jambi Adakan Syukuran

JAMBI - Pengurus Daerah V Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (GM FKPPI) Jambi mengadakan Syukuran...
- Advertisement -