30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tim Penilai Sumbar Kunjungi KAN Aua Kuniang
T

Kategori -
- Advertisement -

Kerapatan Adat Nagari (KAN) Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan,  wakil Kota Payakumbuh dalam Lomba KAN Berprestasi Tingkat  Sumatera Barat 2014, dinilai tim provinsi, Senin (2/5). Kunjungan tim penilai ke Aua Kuniang, dipimpin Ketua LKAAM Sumbar Drs. M. Sayuti Dt. Rajo Pangulu dengan enam anggota, di antaranya berasal dari Biro Sosial Setdaprov, Disbudpar, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Majelis Ulama Indonesia Sumbar.

Sebelum mengunjungi KAN Aua Kuniang, di Kelurahan Aur Kuniang, rombongan tim penilai disambut Sekdako Payakumbuh Ir. H. Benny Warlis, MM di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh bersama Ketua LKAAM Payakumbuh Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo, Kabag Kesra Setdako Yonrefli, S.Sos, MPE, serta sejumlah tokoh masyarakat Nagari Aur Kuniang.

Kunjungan tim penilai ke Aua Kuniang, disambut hangat ratusan  anak nagari setempat. Tidak hanya dari kalangan pemerintahan, tapi juga unsur tigo tungku sajarangan,  pengurus  LKAAM,  Ketua MUI H. Mismardi, BA dan Ketua Bundo Kanduang Hj. Misnah, ketua dan pengurus KAN dari tujuh nagari di Kota Payakumbuh, serta  sejumlah pimpinan SKPD, camat dan kepala kelurahan. Tim disambut tari gelombang dan atraksi pencak silat dari pemuda setempat serta suguhan pacu terbang itiak.

Dukungan yang sangat tinggi dari seluruh elemen masyarakat itu, diapresiasi Sekdako Benny Warlis dan Ketua Tim Penilai Dt. Rajo Pengulu. Keduanya menilai,  keterlibatan masyarakat dalam menyukseskan program pembangunan kemasyarakatan ini sangat menentukan dalam memacu pembangunan ke depan.

Lomba KAN Berprestasi, sangat strategis dalam mendorong anak nagari Sumatera Barat  untuk lebih mencintai dan memahami adat budaya alam Minangkabau. Unsur yang dinilai, meliputi kelembagaan, kompetensi pengurus, pengamalan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah dan penguatan kelembagaan. Tim akan mewawancari pengurus, unsur tigo tali sapilin dan bundo kanduang.

Ketua KAN YB. Dt. Parmato Alam, diakui tim penilai, sosok yang benar-benar mengakar di masyarakat Nagari Aua Kuniang. Ketokohan yang bersangkutan, terlihat pada Pileg 9 April 2014. Dt. Parmato Alam  merebut suara terbanyak di daerah pemilihannya. Sebelumnya, Sekdako Benny Warlis menyampaikan, ketua KAN di Payakumbuh,  benar-benar  sosok yang menjadi panutan di tengah masyarakat.

“Kompetensi Ketua KAN Aua Kuniang dan dukungan yang kuat dari anak nagari serta pemerintahan itu, mudah-mudahan membuka jalan bagi Payakumbuh untuk menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” sebut ketua tim penilai Dt. Rajo Pengulu. Sebelum meninggalkan Payakumbuh, tim dijamu makan bajamba oleh masyarakat setempat di Masjid Aua Kuniang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img