27 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tidak Lanjuti Permenpan-RB, Bupati Padang Pariaman Laksanakan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional
T

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariaman, beritasumbar.com – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional dan Keputusan  Rapat Evaluasi Pelaksanaan Penyederhanaan Birokrasi Pada Pemerintah. Adapun batas waktu bagi Instansi Pemerintah Daerah yang telah melakukan usulan penyetaraan jabatan, untuk melantik pejabat tersebut paling lambat tanggal 31 Desember 2021.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penyetaraan dari jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman di Hall Ibu Kota Kabupaten (IKK) Padang Pariaman Nagari Parik Malintang Kecamatan Enam Lingkung, pada Jumat (31/12).

“Sebagaimana diketahui, bahwa Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan penyederhanaan birokrasi, yang merupakan bagian dari reformasi birokrasi, untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Strategi ini ditekankan pada tiga aspek yang meliputi transformasi organisasi, transformasi manajemen kinerja, dan transformasi jabatan. Kebijakan inilah yang mengharuskan kita untuk melakukan penyederhanaan birokrasi dan melakukan transformasi jabatan dari struktural ke fungsional,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, Padang Pariaman menjadi salah satu dari lima Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat yang melaksanakan penyetaraan jabatan, yakninya untuk menyederhanakan birokrasi dengan tujuan peningkatan efektifitas pemerintahan dan percepatan pengambilan keputusan, serta meningkatkan pelayanan publik. Sasarannya sudah jelas, yaitu birokrasi yang lebih dinamis, tangkas dan profesional. Guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi, dalam mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.

“Perubahan dinamika masyarakat menuntut terselenggaranya pemerintahan berbasis digital. Untuk mendukung digitalisasi pemerintahan, diperlukan aparatur negara sipil yang punya kompetensi di bidang teknologi informasi. Menjadi aparatur sipil negara dituntut untuk dapat berinovasi khususnya dalam mengembangkan kemampuannya untuk memanfaatkan teknologi informasi. Karena itu, Pemerintah menjadikan kemahiran penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai syarat tambahan setiap penilaian ataupun promosi jabatan ASN”, ujarnya.

Bupati menambahkan, untuk memaksimalkan implementasinya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, diharapkan peran saudara-saudara yang dilantik pada hari ini, karena itu kemampuan digitalisasi masing-masing individu sangat diperlukan.

“Teruslah berkarya dan berinovasi dalam melaksanakan kegiatan yang sudah diprogramkan, agar Padang Pariaman Berjaya yang sama-sama kita dengungkan dapat segera terwujud,” Pungkas Bupati.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Armeyn Rangkuti mengatakan langkah yang telah dilakukan dalam penyederhanaan birokrasi yaitu, melakukan identifikasi kembali terhadap seluruh unit kerja yang akan disederhanakan dan unit kerja yang dipertahankan.

Kemudian pengangkatan bagi jabatan Pengawas yang sudah sesuai kualifikasi pada jabatan fungsional dan Penyetaraan jabatan pengawas ke jabatan fungsional sesuai dengan formasi dan kualifikasi pendidikan antar OPD. Serta memberlakukan penyetaraan tunjangan jabatan fungsional pada jenjang muda sama dengan tunjangan struktural jenjang pengawas.

Sebagaimana yang telah disetujui Kemendagri, Pejabat Aadministrasi Pemkab Padang Pariaman untuk penyetaraan fungsional sebanyak 231 orang yang dilantik pada hari ini adalah sebanyak 211 orang, karena ada yang promosi sebanyak empat orang, pindah luar daerah dua orang, pensiun lima orang dan pindah jabatan sembilan orang.

“Sehingga yang tidak dilantik pada hari ini, seluruhnya berjumlah 20 orang,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Rahmang, Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rili, Inspektur Kabupaten Hendra Aswara, Kepala BKPSDM Armeyn Rangkuti, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rudi Rahmad, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Hendri Satria, Kepala Diskominfo Zahirman, Kepala Dinas Kesehatan Yutiardi Rivai, Kepala Bapelitbangda Ali Amran, Kepala Disparpora Jon Kenedi, Kepala DPPKB Aspinuddin, Sekretaris DPRD Khairul Nizam, Kepala Bagian LPBJ Alfiardi, Kepala Bagian Organisasi, Syamsirman, Kepala Bagian Prokopim Anesa Satria, dan Kepala Kantor Kesbangpol Sadril. (Rel/Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img