24 C
Padang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Terindikasi Kecurangan, Bandara Pasaman Barat Tidak Layak Pakai
T

Kategori -
- Advertisement -

Pasaman Barat, Proyekbernilai Rp.2.482.883.000,- terancam tidak layak pakai untuk pendaratan maupun penerbangan pesawat..Landasan Runway dan Avron bandara Sudah hancur dan dapat digulung.Dilihat pada ujung sebelah barat terdapat ketebalan sekitar 6cm, dan pada ujung sebelah timur terdapat ketebalan 1.3cm hingga dapat digulung layaknya tikar.

Masyarakatsetempat bersaksi,”mereka(kontraktor) melakukan pengaspalan pada malam hari didapat sekitar 80 ton hotmix malam tersebut,dan juga melakukan pengaspalan saat hujan turun.

Saya masih simpan videonya, ujar salahseorang warga, sambil memperlihatkan video tersebut kepada wartawan.

Dalam Video yang berdurasi singkat tersebut terlihat secara benar dalam waktu hujan yang begitu lebatnya pihak rekanan melakukan pengaspalan Hotmix hingga hujan reda pada malam hari.

Ironisnya, menanggapi hal itu, Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Pasaman Barat terkesan menutupi dan membela CV.Wira Dharma sebagai rekanan.

Hal itu memperkuat adanya indikasi bahwa keretakan dibeberapa titik landasan yang banyak dijumpai, diduga kuat pihak Kontraktor bekerjasama dengan pihak PU selaku pengawas dan Pejabat Pembuat Komitment telah melakukan kecurangan.

Namun sepertinya pihak Kejari hingga Kejati tak dapat berbuat banyak atas proyek Bandara  Laban tersebut.Padahal, pihak kontraktor,PU,Dinas perhubungan dan saksinya mesti dipanggil oleh Kejaksaan untuk mengusut adanya dugaan kecurangan dan penggelapan anggaran dana APBD.

Begitu juga DPRD Pasaman Barat dengan pansusnya, mesti mengusut kembali. Hal ini untuk menyelidiki dengan skala priotas azas manfaat dan lahan korupsi anggaran yang dalam hal ini diduga kuat telah terjadi tindak pidana korupsi secara terorganisir, antara PU dengan pihak Kontraktor.Pasalnya, penyusutan volume kerja yang terjadi dilapangan sangatlah jelas.

Jelang pelaksanaan MTQ yang bakal di gelar di kabupaten Pasaman Barat beberapa waktu mendatang, rencananya Mentri Agama dan Gubernur serta Bupati Pasaman Barat akan Landing di Bandara tersebut. Apakah selamat atau akan mengancam para petinggi dinegara kita ini. ”Semoga saja tuhan memperlihatkan kuasanya atas kecurangan ini,”terang sumber warta-andalas.com dari Dinas PU setempat, yang membeberkan data kecurangan volume pekerjaan tersebut.

Yunasri, salah seorangtokoh masyarakat setempat mengaku sangat menyayangkan perilaku dan perbuatan pihak PU dan Kontraktor ini.

”Bandara ini kebanggaan masyarakat Laban juga rakyat Pasaman Barat. Jika seperti ini pekerjaan kontraktor dan pengawasan PU,Runway tersebut tidak layak pakai. Sebab saya sendiri yang berkendaraan dengan mobil melaju di atas Runway tersebut,bergelombang dan tidak rata. Bagaimana dengan pesawat milik SUSI AIR?,” ujarnya.

Parahnya lagi, sepeda motor saja yang melakukan parkir,terbenam kaki standarnyakarena kelunakan Avron tersebut seperti Kipang (sejenis makanan ringan.red),paparnya, tampak marah sambil meremas landasan tersebut layaknya Kipang (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img