26.8 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Terindikasi Kecurangan, Bandara Pasaman Barat Tidak Layak Pakai
T

Kategori -

Pasaman Barat, Proyekbernilai Rp.2.482.883.000,- terancam tidak layak pakai untuk pendaratan maupun penerbangan pesawat..Landasan Runway dan Avron bandara Sudah hancur dan dapat digulung.Dilihat pada ujung sebelah barat terdapat ketebalan sekitar 6cm, dan pada ujung sebelah timur terdapat ketebalan 1.3cm hingga dapat digulung layaknya tikar.

Masyarakatsetempat bersaksi,”mereka(kontraktor) melakukan pengaspalan pada malam hari didapat sekitar 80 ton hotmix malam tersebut,dan juga melakukan pengaspalan saat hujan turun.

Saya masih simpan videonya, ujar salahseorang warga, sambil memperlihatkan video tersebut kepada wartawan.

Dalam Video yang berdurasi singkat tersebut terlihat secara benar dalam waktu hujan yang begitu lebatnya pihak rekanan melakukan pengaspalan Hotmix hingga hujan reda pada malam hari.

Ironisnya, menanggapi hal itu, Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Pasaman Barat terkesan menutupi dan membela CV.Wira Dharma sebagai rekanan.

Hal itu memperkuat adanya indikasi bahwa keretakan dibeberapa titik landasan yang banyak dijumpai, diduga kuat pihak Kontraktor bekerjasama dengan pihak PU selaku pengawas dan Pejabat Pembuat Komitment telah melakukan kecurangan.

Namun sepertinya pihak Kejari hingga Kejati tak dapat berbuat banyak atas proyek Bandara  Laban tersebut.Padahal, pihak kontraktor,PU,Dinas perhubungan dan saksinya mesti dipanggil oleh Kejaksaan untuk mengusut adanya dugaan kecurangan dan penggelapan anggaran dana APBD.

Begitu juga DPRD Pasaman Barat dengan pansusnya, mesti mengusut kembali. Hal ini untuk menyelidiki dengan skala priotas azas manfaat dan lahan korupsi anggaran yang dalam hal ini diduga kuat telah terjadi tindak pidana korupsi secara terorganisir, antara PU dengan pihak Kontraktor.Pasalnya, penyusutan volume kerja yang terjadi dilapangan sangatlah jelas.

Jelang pelaksanaan MTQ yang bakal di gelar di kabupaten Pasaman Barat beberapa waktu mendatang, rencananya Mentri Agama dan Gubernur serta Bupati Pasaman Barat akan Landing di Bandara tersebut. Apakah selamat atau akan mengancam para petinggi dinegara kita ini. ”Semoga saja tuhan memperlihatkan kuasanya atas kecurangan ini,”terang sumber warta-andalas.com dari Dinas PU setempat, yang membeberkan data kecurangan volume pekerjaan tersebut.

Yunasri, salah seorangtokoh masyarakat setempat mengaku sangat menyayangkan perilaku dan perbuatan pihak PU dan Kontraktor ini.

”Bandara ini kebanggaan masyarakat Laban juga rakyat Pasaman Barat. Jika seperti ini pekerjaan kontraktor dan pengawasan PU,Runway tersebut tidak layak pakai. Sebab saya sendiri yang berkendaraan dengan mobil melaju di atas Runway tersebut,bergelombang dan tidak rata. Bagaimana dengan pesawat milik SUSI AIR?,” ujarnya.

Parahnya lagi, sepeda motor saja yang melakukan parkir,terbenam kaki standarnyakarena kelunakan Avron tersebut seperti Kipang (sejenis makanan ringan.red),paparnya, tampak marah sambil meremas landasan tersebut layaknya Kipang (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Operasi Ketupat Singgalang 2021 Dimulai, Genius Pimpin Apel Pasukan

Pariaman.beritaSumbar.com,- Sepekan jelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, Polres Pariaman laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 di Halaman Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021).
- Advertisement -

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...

Kader Muda PKB Sumbar Gelar Pembagian Takjil

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kader Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatera Barat melakukan pembagian takjil kepada masyarakat Silaut, Pesisir Selatan, Rabu (05/05)
- Advertisement -

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.

DPC Gerindra Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pemakaian Pupuk Organik

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) didampingi DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman mengadakan sosialisasi pemakaian pupuk organik bersama Eco Farming dan Kelompok Wanita Tani KWT Jaya Abadi serta seluruh kelompok tani KWT yang ada di Sintoga,tentang penyuluhan tata cara bercocok tanam yang baik serta tata cara penggunaan pupuk organik yang dipimpin langsung oleh Leader Sumbar Romi Yanto dan Irwan. Sabtu 8/5/2021
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -