30 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Terindikasi Kecurangan, Bandara Pasaman Barat Tidak Layak Pakai
T

Kategori -

Pasaman Barat, Proyekbernilai Rp.2.482.883.000,- terancam tidak layak pakai untuk pendaratan maupun penerbangan pesawat..Landasan Runway dan Avron bandara Sudah hancur dan dapat digulung.Dilihat pada ujung sebelah barat terdapat ketebalan sekitar 6cm, dan pada ujung sebelah timur terdapat ketebalan 1.3cm hingga dapat digulung layaknya tikar.

Masyarakatsetempat bersaksi,”mereka(kontraktor) melakukan pengaspalan pada malam hari didapat sekitar 80 ton hotmix malam tersebut,dan juga melakukan pengaspalan saat hujan turun.

Saya masih simpan videonya, ujar salahseorang warga, sambil memperlihatkan video tersebut kepada wartawan.

Dalam Video yang berdurasi singkat tersebut terlihat secara benar dalam waktu hujan yang begitu lebatnya pihak rekanan melakukan pengaspalan Hotmix hingga hujan reda pada malam hari.

Ironisnya, menanggapi hal itu, Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Pasaman Barat terkesan menutupi dan membela CV.Wira Dharma sebagai rekanan.

Hal itu memperkuat adanya indikasi bahwa keretakan dibeberapa titik landasan yang banyak dijumpai, diduga kuat pihak Kontraktor bekerjasama dengan pihak PU selaku pengawas dan Pejabat Pembuat Komitment telah melakukan kecurangan.

Namun sepertinya pihak Kejari hingga Kejati tak dapat berbuat banyak atas proyek Bandara  Laban tersebut.Padahal, pihak kontraktor,PU,Dinas perhubungan dan saksinya mesti dipanggil oleh Kejaksaan untuk mengusut adanya dugaan kecurangan dan penggelapan anggaran dana APBD.

Begitu juga DPRD Pasaman Barat dengan pansusnya, mesti mengusut kembali. Hal ini untuk menyelidiki dengan skala priotas azas manfaat dan lahan korupsi anggaran yang dalam hal ini diduga kuat telah terjadi tindak pidana korupsi secara terorganisir, antara PU dengan pihak Kontraktor.Pasalnya, penyusutan volume kerja yang terjadi dilapangan sangatlah jelas.

Jelang pelaksanaan MTQ yang bakal di gelar di kabupaten Pasaman Barat beberapa waktu mendatang, rencananya Mentri Agama dan Gubernur serta Bupati Pasaman Barat akan Landing di Bandara tersebut. Apakah selamat atau akan mengancam para petinggi dinegara kita ini. ”Semoga saja tuhan memperlihatkan kuasanya atas kecurangan ini,”terang sumber warta-andalas.com dari Dinas PU setempat, yang membeberkan data kecurangan volume pekerjaan tersebut.

Yunasri, salah seorangtokoh masyarakat setempat mengaku sangat menyayangkan perilaku dan perbuatan pihak PU dan Kontraktor ini.

”Bandara ini kebanggaan masyarakat Laban juga rakyat Pasaman Barat. Jika seperti ini pekerjaan kontraktor dan pengawasan PU,Runway tersebut tidak layak pakai. Sebab saya sendiri yang berkendaraan dengan mobil melaju di atas Runway tersebut,bergelombang dan tidak rata. Bagaimana dengan pesawat milik SUSI AIR?,” ujarnya.

Parahnya lagi, sepeda motor saja yang melakukan parkir,terbenam kaki standarnyakarena kelunakan Avron tersebut seperti Kipang (sejenis makanan ringan.red),paparnya, tampak marah sambil meremas landasan tersebut layaknya Kipang (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -