25.8 C
Padang
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

TERIMA 28 EKOR SAPI PO, KELTAN MAKMUR SYUKURAN
T

Kategori -
- Advertisement -

Kelompok Tani Peternak Makmur, Kelurahan Cubadak Air, Kecamatan Payakumbuh Utara,  gelar acara syukuran, di pondok keltan setempat, Selasa (17/11). Menyusul, diperolehnya 28 ekor sapi jenis peranakan ongole (PO) dari Dinas Peternakan dan Perikanan Payakumbuh, awal November  lalu.

Walikota Payakumbuh H. Riza  Falepi, yang ikut dijamu Keltan Makmur dalam acara syukuran itu, mengaku sangat bangga dan terharu dengan semangat anggota keltan menggelar acara syukuran.

Dalam acara ini juga hadir Asisten I Yoherman,  Kepala Dinas Peternakan Perikanan, Ir. Depi Sastra, Kadis Tanaman Pangan Perkebunan dan kehutanan Ir. Zurmalinda, Kasatpol PP Fauzi Firdaus,  Camat Payakumbuh Utara Novriwandi, Kabid Peternakan Ulfariyanti, pengurus keltan dan sejumlah undangan lainnya.

“Semangat kebersamaan inilah yang harus dipertahankan dalam memajukan usaha peternakan ini. Memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, cerminan dari keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sambi memanjatkan do’a  untuk maju dan berkembang,” sebut walikota.

Lewat program budidaya sapi potong, Keltan Makmur menerima bantuan 24 sapi betina dewasa dan 4 ekor sapi jantan dewasa. Pemko juga membantu pengadaan kandang, pakan ternak  beserta obat-obatannya. Walikota Riza berharap, dengan bantuan dimaksud, usaha yang dikelola anggota Makmur, berkembang pesat, untuk memenuhi target swasembada daging yang dicanangkan pemerintah pusat.

Tidak hanya anģgota Keltan Makmur yang diingatkan walikota, keltan penerima bantuan ternak lainnya  juga diminta, untuk memelihara dan mengembangkan usaha peternakan tersebut dengan baik. Program budidaya sapi perah dan kambing perah serta budi daya ternak itu,  harus mampu mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat petani, tegasnya.

Keltan lainnya yang menerima program yang sama adalah, Keltan Baliak Saiyo Kelurahan Payolansek,  Payakunbuh Barat dan Keltan Oriza Padang Sikabu, Kecamatan Latina. Kedua keltan, masing-masing menerima 12 ekor  kambing betina dewasa dan 3 ekor kambing jantan dewasa.

Kemudian, Keltan Ingin Maju Kelurahan Bulakan Balai Kandi dan KWT Belimbing Kelurahan Seberang Betung, keduanya di Payakumbuh Barat, juga menerima  bantuan, masing-masing 55 ekor kambing betina dewasa dan 10 ekor kambing jantan dewasa.  Kedua kelompok juga menerima bantuan pengadaan kandang, obat-obatan, bibit hijauan dan peralatan ternak lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img