29.1 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Calon Gubernur Sumbar Programkan Pendidikan Karakter
C

Kategori -

Padang – Kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar) memprogramkan pendidikan karakter bagi generasi muda agar dapat menyelesaikan permasalahan terkait moral di provinsi itu.

“Untuk dapat mengantisipasi adanya penyimpangan moral atau menyelesaikan setiap permasalah terkait sikap dan tingkah laku di masyarakat, maka diperlukan pendidikan karakter yang maksimal bagi setiap peserta didik di sekolah Sumbar,” kata calon gubernur nomor urut 2 Irwan Prayitno saat debat publik yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Padang, Senin.

Irwan Prayitno dalam pilkada Sumbar kali berpasangan dengan Nasrul Abit yang sebelumnya merupakan Bupati Pesisir Selatan.

Ia mengatakan dengan menyimak berita yang disiarkan melalui media cetak dan elektronik terlihat banyak peristiwa memalukan dan tidak sewajarnya sehingga pendidikan karakter diperlukan untuk memperbaiki moral setiap individu.

“Saat ini sopan santun dan sikap saling menghormati antar sesama sudah semakin kurang dan pelakunya berasal dari setiap kalangan mulai dari anak-anak,” kata dia.

Hal ini membuktikan penekanan kembali tentang norma, budaya dan adat minangkabau di Sumbar sangat diperlukan agar dapat menyelesaikan permasalahan moral hingga ke akarnya.

Selain itu dalam mewujudkan moral generasi muda yang benar-benar baik, dibutuhkan kerjasama dari orang tua untuk dapat melakukan pendidikan karakter di rumah.

Sementara calon wakil gubernur nomor urut 2 Fauzi Bahar mengatakan dalam merealisasikan pendidikan karakter dan moral itu dalam kehidupan sehari-hari diperlukan peran serta ninik mamak, alim ulama dan masyarakat setempat.

Mantan Wali Kota Padang ini maju pilkada Sumbar berpasangan dengan Muslim Kasim yang sebelumnya merupakan Wakil Gubernur Sumbar.

Ia mengatakan dalam mewujudkan generasi muda yang bermoral dan mentaati norma dibutuhkan tindakan nyata dari setiap orang atau dilakukan bersama-sama.

“Kami akan mengupayakan agar Sumbar dapat juara di bidang pendidikan termasuk baik dalam budaya dan agama,” ujar dia.

Dalam pendidikan karakter juga diperlukan adanya kegiatan keagamaan di masjid-masjid Sumbar sehingga pemuda tidak hanya berhasil dalam pendidikan, melainkan memilili moral sesuai dengan aturan dan norma yang ada.

“Saat ini terdapat sekitar 30.000 anak di Padang yang hafal Juz Amma, hal ini akan menjadi langkah awal agar seluruh anak di Sumbar juga dapat merealisasikan hal yang sama,” ujar dia. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.
- Advertisement -

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Pimpin Apel Sinergi Dua Lembaga, TNI-Polri Siap Ciptakan Kamtibmas di Wilayah Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan memimpin Apel Sinergitas TNI-POLRI, Kodim 0310 SSD dan Polres Sijunjung, di Mapolres Sijunjung, Kamis (27/5). Ia mengatakan dalam...

Kemendikbud Ristek Puji Inovasi Sekolah Padang Panjang pada Masa Pandemi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Masa pandemi Covid-19 justru mendorong lahirnya berbagai inovasi dan kreativitas di sejumlah sekolah di Kota Padang Panjang.  Proses belajar mengajar berbasis digital...

Kampung Adat Terpopuler Versi API Itu Berasal Dari Kabupaten Limapuluh Kota

Labuan Bajo, beritasumbar.com - Kementerian Pariwisata RI anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yakni juara dua kategori Kampung...

KPU Apresiasi Kerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu

Padang Panjang, beritasumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengapresiasi kerja Komisioner KPU Sumbar Almarhum Nova Indra sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). Anggota KPU...
- Advertisement -