24.5 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tenaga Pendidik Padang Pariaman Diminta Adopsi Teknologi
T

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Abinul Hakim meminta tenaga pendidik beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Hal itu disampaikan Abinul saat menjadi narasumber webinar bertajuk literasi digital yang digelar Kemenkominfo RI baru-baru ini.

“Pendidik, harus cerdas mendidik. Terutama saat membiarkan anak mencari jawaban, memberi pertanyaan, memancing rasa ingin tahu anak, membiarkan anak belajar mandiri, memahami keunikan anak, dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan pembelajaran digital, kata Abinul, siswa tidak lagi menggunakan gawainya untuk hal-hal yang tidak berguna.
“Literasi digital sebenarnya lebih menekankan kesadaran berperilaku seseorang dalam lingkungan digital. Menjaga, mengawasi dan menemani peserta didik di dunia maya sama pentingnya dengan perhatian masyarakat di dunia nyata. Jadilah teman baik murid, di dunia nyata maupun di dunia maya,” pintanya.
Narasumber lain pada webinar itu, Kepala SMA 1 Sungai Geringging, Zulkifli menyebut media sosial menjadi alat penyebaran hoax yang dapat memprovokasi pembacanya.
“Konten hoax memicu pertengkaran, perdebatan dan perpecahan bagi seseorang, kelompok, ataupun banga dan negara. Oleh karena itu, masyarakat harus cerdas menerima informasi maupun mengirim informasi,” katanya.
Webinar diakhiri oleh Grace Amalianty, seorang influencer dengan 65,6 ribu pengikut di media sosial. Grace menyimpulkan tips menjaga privasi online, antara lain cek pengaturan privasi jejaring sosial, jangan umbar data pribadi di profil media sosial.
“Waspadai jaringan wifi umum, serta waspada jika berselancar di internet,” pungkasnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img