25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Susun APBD 2014, Payakumbuh Sikapi Tantangan MENDAGRI
S

Kategori -
- Advertisement -

Walikota  Riza Falepi menyadari, masih berat bagi Payakumbuh memenuhi harapan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, agar belanja modal kota ini dalam APBD 2014 memenuhi angka minimal 30%.  Tahun anggaran berjalan ini, belanja modal  Payakumbuh baru  mencapai  16%  dari total APBD   sebesar lebih kurang Rp500 Miliyar. Tapi, tantangan tersebut akan disikapi positif  dan terus dikejar dengan mengoptimalkan PAD dan  memperbaiki struktur APBD yang berpihak kepada publik.

Demikian disampaikan Walikota Payakumbuh  Riza Falepi, ketika dihubungi wartawan koran ini di Payakumbuh, Minggu (27/10).  Saat Walikota Riza Falepi menghadiri dan ikut sebagai pembicara  dalam acara Rapat Koordinasi  Nasional Pengelolaan Kawasan Pasar di Jakarta, Kamis (24/10), kembali Mendagri Gamawan menyampaikan struktur APBD Kota/Kabupaten di Indonesia, masih banyak  yang belum ideal.  Gamawan menyebut, layaknya  belanja modal sebuah daerah minimal 30% dari total APBD, ungkap Riza.

Bagi Payakumbuh yang tidak mempunyai sumber daya alam,  bukan tidak punya keinginan untuk menaikkan belanja modal. Hanya saja, kapling dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK)  Payakumbuh masih terbatas jumlahnya dari Pemerintah Pusat.  Tahun anggaran 2013 Payakumbuh hanya memperoleh DAU lebih kurang Rp360 Miliyar. Sementara, dengan jumlah pegawai kota ini yang lebih dari 4.000 orang, membuat angka APBD tersedot dengan gaji pegawai.

Karena itu, sebut Walikota Riza, bersama-sama DPRD  Pemko akan memaksimalkan pendapatan asli daerah, dan berusaha mengintensifkan komunikasi dengan pemerintah pusat, agar dana perimbangan lainnya bisa ditingkatkan buat Payakumbuh. Solusi lainnya, sebut Walikota, dengan meminimalisir  kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan dinas. “Formula untuk itu, sudah menjadi PR  Sekdako Payakumbuh selaku ketua tim anggaran bersama anggota timnya. “Kita tak ingin mengecewakan masyarakat Payakumbuh dalam menyusun APBD Payakumbuh ke depan,” simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img