31 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Swedia Jalin Kerjasama Program Lingkungan dengan Payakumbuh
S

Kategori -

Kota Payakumbuh bersama 12 Kota dan Kabupaten terpilih  lainnya di Indonesia,  diundang Kedutaan Swedia,  untuk ambil bagian dalam acara  Symbio City,  di Bandung, Kamis (24/10).   Kota Payakumbuh ditawari Pemerintahan Swedia membangun konsep sustainable cities yang bebas sampah dengan transportasi kota terpadu.  Karena, selama ini Payakumbuh dinilai fokus  dengan program perubahan iklim atau  lingkungan yang menjadi perhatian  serius Pemerintahan Swedia.

 

 

Dalam acara tersebut, Payakumbuh diwakili Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar didampingi Staf Khusus Walikota, Rifki, ST, bersama Walikota-Walikota  Yogyakarta, Palu, Probolinggo, Lampung, Den Pasar, Aceh, Ambon, Banjarmasin, Solo, Tanggerang Selatan, Pontianak dan Lombok Timur.

Sebulan sebelumnya,  Universitas Gajah Mada (UGM)  melalui Kordinator Waste Refinery Center UGM, DR. Siti Syamsiah,  merekomendasikan dan membiayai Rifki ke Swedia, sekaligus kick off meeting,  bertepatan dengan acara Th 2013 IPLA Global Forum,  dengan tema, “Sustainable Waste Management for the 21st Century Cities – Building Sustainable and Resilient Cities through Partnership” di Boras, Swedia. Event tersebut erat kaitannya dengan Symbio City di Bandung.

Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, di Payakumbuh, Minggu (27/10), menginformasikan, pasca acara Symbio City di Bandung, ke depan Pemko akan  terus membangun komunikasi dengan pihak Swedia mengenai isu ini,  karena Swedia merupakan negara yang sudah berhasil membenahi kota-kota di negaranya dengan  pemeliharaan lingkungan yang bersih dan sehat.

Kota-kota terpilih dalam acara Symbio City, menurut Suwandel,  adalah hasil pantauan keduataan Swedia bersama perguruan tinggi nasional terkemuka,  yang selama ini punya perhatian khusus dengan program perubahan iklim dimaksud.  Makanya, dalam acara tersebut,  dalam aplikasinya nanti banyak program yang akan ditawarkan kepada ke-13 kota itu, dalam memajukan daerah ke depan, jelas  Suwandel mengutip   Mr. Anders Flanking  yang merupakan Vice Minister for the Environment, Sweden.

Menurut  Flanking, kata Suwandel,  Pemerintahan Swedia, akan bertemu dengan masing-masing pejabat tinggi untuk mendiskusikan potensi kerjasama dalam isu lingkungan hidup dan pengembangan wilayah perkotaan, dalam beberapa bulan ke depan.

Symbio City merupakan konsep yang dicetuskan  Pemerintah Swedia terkait dengan tata kelola kota yang nyaman bagi penduduk dan mengutamakan alam. Kata simbiosis dalam istilah itu bermakna adanya sinergi antara sistem teknologi urban yang dapat menghemat penggunaan sumber daya alam serta dapat menghemat biaya.

Hampir sebagian besar kota di Swedia telah menerapkan konsep ini. Upaya Pemerintah Swedia untuk mengenalkan konsep ini sudah dimulai ketika Presiden SBY mengunjungi Swedia pada bulan Mei lalu.  Sebuah kesepakatan bersama perkembangan berkelanjutan di kawasan urban, kota hijau dan kota simbiosis di Stockholm.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -