25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dewan Energi Nasional Lirik Payakumbuh Sumber Bio Gas
D

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak delapan anggota Dewan Energi Nasional (DEN)  melakukan kunjungan ke Payakumbuh, Sabtu (26/10). Kunjungan  DEN ke kota ini, dalam rangkaian melihat potensi sumber waste to energy di  Tempat Pemprosesan Akhir Sampah (TPA) Regional  di Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Selama di kota ini, DEN didampingi Walikota Riza Falepi, Kadis PU Ir. Muswendri Evites, Kepala DTRK Ir. Zulinda Kamal, Asisten I Yoherman, SH, S.Sos dan Camat Dra. Elfriza Zaharman serta sejumlah pimpinan SKPD terkait lainnya.

Begitu sampai di TPA Regional, spontan Sekjen DEN, Hadi Purnomo, memberikan apresiasi terhadap  TPA Regional tersebut. “Ini pantas kita rekomendasikan  kepada Presiden untuk dijadikan pilot proyek membangun sumber energy alternative,” kata Hadi Purnomo. Memang bagus kampung halaman Pak Herman Darnel Ibrahim (anggota DEN)  dan Pak Riza ini,” tambah Profesor Reynaldi Dalimi anggota unsur pemangku kepentingan DEN.

Kepada Walikota Riza Falepi dan Kadis PU Muswendri, semua anggota DEN yang datang, meminta Pemko  bersama Pemprop Sumbar, untuk membenahi beberapa bagian yang dijadikan sebagai kawasan sumber energi gas atau energi listrik. Potensi TPA Regional itu, katanya, sangat menjanjikan untuk 10 tahun ke depan.

Walau begitu, ucap Hadi Purnomo, DEN akan berusaha maksimal untuk merekomendasikan Payakumbuh sebagai pilot proyek tata kelola west to energy di Indonesia, bersama Lampung dan  Denpasar, Bali.  Menyikapi apresiasi DEN itu, Walikota Riza Falepi, menyambutnya dengan senang hati. “Persoalan ini akan kita koordinasikan lebih lanjut dengan Pemprop Sumbar, karena TPA Regional Payakumbuh, masih merupakan tanggung jawan Pemrop,” katanya.

Rombongan DEN yang datang itu, masing-masing Agusman Efendi, Reynaldi Dalimi, Tumiran, Sabar Ginting, Katrun, Hadi Purnomo, Farida Zed, Eri Wahyu Nugroho dan Herman Darnel Ibrahim serta sejumlah staf sekretariat DEN.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img