25.3 C
Padang
Rabu, Juli 28, 2021
Beritasumbar.com

Sumbar Belum Terima Kartu Kendali Gas Subsidi
S

Kategori -

Padang – Kartu pengendali Liquefied Petroleum Gas (LPG) tiga kilogram yang rencananya digunakan pemerintah untuk menjaga agar gas bersubsidi tidak salah sasaran, tidak kunjung diterima oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Sumbar).

“Hingga saat ini kita masih menunggu kartu pengendali itu. Namun, informasinya masih belum ada sampai sekarang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan Listrik dan Migas Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sumbar Heri Martinus di Padang, Jumat.

Menurut dia, dalam peluncuran kartu pengendali itu di pulau Jawa beberapa waktu lalu, masih ditemui masalah terkait efektifitasnya untuk mengendalikan distribusi LPG tiga kilogram bersubsidi.

Dia menduga, kementrian terkait melakukan evaluasi terhadap permasalahan itu.

Selain itu, dia mengatakan belum mengetahui apakah Sumbar akan menerima kartu itu atau tidak karena kartu pengendali itu biasanya dibagikan kepada daerah yang telah dinyatakan close seluruhnya dalam hal konversi minyak tanah ke gas.

“Kita di Sumbar dari 19 kabupaten dan kota baru tiga daerah yang telah dinyatakan close konversi yaitu Kota Padang, Kota Pariaman dan Kota Sawahlunto, karena itu belum tentu kita mendapatkan kartu kendali itu,” katanya.

Dia menjelaskan, peluncuran kartu kendali itu dilatarbelakangi masih banyaknya pendistribusian gas subsidi yang tidak tepat sasaran. Masyarakat yang seharusnya menggunakan gas non subsidi, malah menggunakan gas subsidi.

Tujuannya sangat bagus, karena itu kita tentu sangat berharap kartu pengendali juga akan diberikan untuk Sumbar, katanya.

Senada, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Wardarusmen mengatakan, pihaknya memang belum menerima informasi terkait kartu kendali itu. “Kita tunggu saja,” katanya.

Dia mengatakan, untuk konversi minyak tanah ke gas di Sumbar hingga saat ini masih terus dilakukan.

Menurut data, dari tahun 2012 hingga 2014 pemerintah telah menyalurkan 759.407 paket tabung gas bersubsidi tiga kilogram di daerah itu untuk mendukung konversi minyak tanah ke gas.

Rinciannya, menurut dia, tahun 2012 sebanyak 1.024 paket, tahun 2013 sebanyak 424.674 paket dan tahun 2014 sebanyak 333.707 paket.

Jumlah itu masih di bawah kuota yang diberikan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) yaitu sebanyak 971.420 paket. Kekurangan itu sudah kita usulkan agar bisa dilanjutkan tahun ini, katanya.

 

Sumber: Antara/Oleh Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.
- Advertisement -