22 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Akun Sosmed Pasangan Calon Dipantau Panwaslu
A

Kategori -

Lubuk Sikaping – Pantia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, terus memantau media sosial terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di daerah itu, baik akun yang telah didaftarkan ke KPU ataupun tidak.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juwita, di Lubuk Sikaping, Jumat, mengatakan, untuk pengawasan terhadap media sosial Panwaslu juga terus melakukan pemantauan.

Selama akun media sosial tersebut tidak mejelak-jelekan pasangan salah satu pasangan dari pasangan lainnya, maka itu dibolehkan.

“Kami berharap akun yang digunakan oleh setiap pasangan calon dalam pilkada didaerah ini, tidak digunakan untuk memfitnah pasangan lainnya dan hanya untuk mensosialisasikan atau menyampaikan visi misi, sesuai aturan yang ada,” kata Rini.

Ia menambahkan, selain media sosial media massa juga menjadi perhatian Panwaslu dan terus memantaunya. Setidaknya ada dua media massa harian yang dipantau.

Panwaslu menjelaskan, setiap pasangan calon memang harus mendaftarkan akun media sosial resminya pada Komisi Pemilihan Umum (KPU), agar pengawasan dapat lebih objektif. Jika ada akun yang mengatasnamakan salah satu caloan dapat untuk ditindak dengan tegas.

“Hingga saat ini, kami masih memantau, dan belum menemukan adanya pelanggaran, jika nanti terdapat pelanggaran, atau laporan maka tentu dari panwaslu akan melakukan penindakan, berupa teguran ataupun mengeluarkan rekomendasi,” katanya.

Sehubungan dengan itu, KPU Pasaman menjelaskan, telah menerima pendaftaran empat akun media sosial facebook yang akan dipergunakan untuk kampanye oleh pasangan calon nomor urut dua, Yusuf Lubis-Atos Pratama.

Sedangkan pasangan calon nomor urut satu, Benny Utama-Daniel Lubis, belum menyerahkan akun media sosialnnya.

Koordinator Divisi Teknis dan Humas KPU Pasaman, Rodi Andermi menjelaskan, bagi pasangan calon yang mempergunakan media sosial, tetapi mereka tidak mendaftarkan kepada KPU, maka mereka akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang ada.

“Jika tidak didaftarkan tentu nanti jika ada akun media sosial yang mengatas namakan salah satu pasangan, akan merugikan pasangan itu sendiri,” katanya.

Rodi mengatakan, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 07/2015 tentang Kampanye Pilkada, diatur materi kampanye termasuk melalui media sosial.

Akun media sosial yang digunakan untuk kampanye tersebut tidak boleh memuat unsur menjelekkan pasangan lain, dan semacamnya.

Untuk itu KPU Pasaman, menurut dia, akan terus memantau akun media sosial untuk kampanye tersebut. Pihaknya juga akan bekoordinasi dan bekerjasama dengan panitia pengawas pemilu (panwaslu) setempat.

Sementara itu, saat ini KPU Pasaman telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 190.022 orang. Data tersebut, merupakan hasil sinkronisasi dari Data Pemilih Potensial (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.

Sebelumnya, DPT terakhir di Pasaman untuk Pemilihan Presiden sebanyak 193.840 orang sedangkan data yang dikirim oleh KPU Pusat ke KPU Pasaman ada sebanyak 224.853 orang.

 

Sumber: Antara/Oleh Eko Fajri
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Ciptakan Kamtibmascar, Polres Pessel gelar Operasi Cipta Kondisi

Pelaksanaan operasi Cipta Kondisi yang digelar Jajaran Polres Pesisir Selatan di dua tempat diwilayah Hukum Polres Pesisir Selatan, Sabtu (16/1) pukul 21.00 Wib. Berhasil terjaring 24 kendaraan roda dua ( R2), dengan berbagai pelanggaran.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -