29.4 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Suhatri Bur Harapkan BUMNag Binuang Sakato Melaju Sampai Tingkat Nasional
S

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur sambut kedatangan Tim Penilai Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Tingkat Sumbar di kantor BUMNag Binuang Sakato, BUMNag milik Nagari Buayan Lubuk Alung, Kecamatan Batang Anai, Jumat (12/07) kemaren.

Turut hadir bersama Wabup, Kepala DPMD Erman, Camat Batang Anai Suhardi, Wali Nagari Buayan Lubuk Alung Deni Setiawan, Ketua Bamus, Ketua KAN Lubuk Alung, Forkompinca Batang Anai, LPM, Ketua TP PKK Kecamatan dan Nagari, Pengurus BUMNag Binuang Sakato, Kepala Cabang BNI Lubuk Alung dan tokoh masyarakat Buayan.

Wabup Suhatri Bur menyambut bahagia kedatangan rombongan Tim Penilai yang akan melihat dan menilai langsung BUMNag Binuang Sakato yang masuk dalam 8 besar tingkat Provinsi Sumbar.

“Kedatangan bapak ibu Tim Penilai BUMNag Tingkat Sumbar membuat kami yakin BUMNag Binuang Sakato akan melaju sampai tingkat nasional karena tahun sebelumnya, sudah ada BUMNag di Padang Pariaman yang berjaya di tingkat Sumbar bahkan sekarang menjadi tempat belajar BUMNag di Sumbar dan daerah luar Sumbar,” kata mantan Ketua LPM Padang Pariaman itu.

Suhatri Bur menceritakan bahwa tahun 2015 di Padang Pariaman telah berdiri BUMNag Pakandangan Emas sebagai BUMNag pertama di Kab. Padang Pariaman. Kemudian diikuti empat BUMNag lainnya. “Namun dalam perjalanannya, hanya 3 BUMNag yang lulus administasi,” jelas Wabup.

“Sampai tahun 2019 ini sudah ada 53 BUMNag di Kabupaten Padang Pariaman dari 103 Nagari. Mudah-mudahan melalui lomba BUMNag tingkat Sumbar ini memotivasi dan mendorong 50 nagari lainnya mendirikan BUMNag,” harap Suhatri Bur.

Kehadiran BumNag hendaknya dirasakan oleh anggota BUMNag dan masyarakat, tambah Wabup lagi. Karena BUMNag merupakan lembaga motivator bagi masyarakat,dan lembaga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pelayanan, dan pemasukan bagi nagari.

Menurut Suhatri Bur, mengelola BUMNag butuh inovasi karena BUMNag harus menghadapi persaingan usaha yang sudah lebih dulu eksis di lingkungannya. Butuh kreatifitas dalam melahirkan jenis usaha yang dibutuhkan masyarakat. “Cari usaha yang belum dibuat masyarakat dan sangat dibutuhkan masyarakat, seperti misalnya usaha bisnis yang melayani kebutuhan masyarakat sehari-hari dan dijemput atau diantar ke rumahnya,” saran mantan Ketua Baznas Padang Pariaman itu mengakhiri.

Ketua tim penilai BUMNag Provinsi Sumatera Barat Melinda Agustin dalam sambutannya memberi apresiasi kepada Kabupaten Padang Pariaman melalui BUMNag Binuang Sakato lulus seleksi ke delapan besar penilaian BUMNag tingkat Sumbar.

“BUMNag merupakan pilar kegiatan ekonomi nagari yang berpihak kepada kepentingan masyarakat nagari juga lembaga komersil untuk mencari keuntungan,” katanya memulai.

Melinda asal Sungai Limau itu menjelaskan bahwa yang menjadi indikator dalam penilaian adalah laporan keuangan, laporan kelembagaan, administrasi, partisipasi masyarakat, serta inovasi.

Tim Penilai terdiri Melinda Agustin, Darman (Dinas Perindag Sumbar), Feri Irawan (P3MD), PMD Sumbar dan BNI Wilayah Sumbar.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Wali Nagari Buayan tidak dapat menyembunyikan rasa bangganya atas ptestasi BUMnag Binuang Sakato mewakili Padang Pariaman dalam penilaian BUMNag tingkat Sumbar.

“BUMNag Binuang Sakato dibentuk pada akhir 2017 dan pada tahun 2018 pemerintah nagari Buayan menganggarkan Rp205.000.000 sebagai penyertaan modal di BUMNag Binuang Sakato,” Wali Nagari Buayan Denny Setiawan menceritakan kisah berdirinya Binuang Sakato.

“Pada tahun 2019 BUMNag mulai bergerak, setelah berjalan selama 7 BUMNag Binuang Sakato telah mengalami peningkatan dan terus bergerak. Semoga penilaian ini dapat dilaksanakan semaksimal mungkin dan memberikan prestasi bagi kabupaten Padang Pariaman,” tambahnya mengakhiri.

Menurut informasi Ketua BUMNag Binuang Sakato, Siti Suci usaha bisnis BUMNag yang dia pimpin walau masih baru namun sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. “Saat ini kami konsentrasi kepada usaha penangkaran benih sebagai primadona usaha. Lahan penangkaran benih kami saat ini ada 5 Ha.
Rencana pengembangan ke depan kamj akana mendirikan Bank Desa dan Galeri Pertanian di tepi jalan Padang-bukittinggi,” ujarnya.(rel/sul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.
- Advertisement -

Ketua IPW Tutup Usia, Yakub ismail: Indonesia Kehilangan Salah Satu Tokoh Kritis

JAKARTA | Ketua Umum Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia), Yakub Ismail mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) H. Neta Saputra Pane pada Rabu (16/6) sekira pukul 10.40 Wib di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021
- Advertisement -

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...
- Advertisement -