31 C
Padang
Selasa, Maret 9, 2021
Beritasumbar.com

Suarman Sampaikan Pesan Inspiratif di Pembukaan Seminar Pelestarian Nilai Budaya
S

Kategori -

PADANG (BeritaSumbar.com) – Sejarah dan budaya punya hubungan yang sangat erat dan tak dapat terpisahkan. Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) menggelar Seminar Pelestarian Nilai Budaya pada 10 – 12 November 2020 di Hotel Grand Inna Muara, Jalan Gereja No. 34, Padang.

Seminar Pelestarian Nilai Budaya tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala BPNB Sumbar Drs. Suarman pada Selasa 10 November 2020 pukul 19.00 WIB dihadapan 150 orang peserta. Acara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh utusan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, serta Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat, juga oleh para budayawan dan seniman di Sumatera Barat.

Para Mahasiswa dan pelajar yang menjadi peserta seminar merupakan nominasi Lomba Kesejarahan dari Rumah yang pemenangnya akan diumumkan dalam rangkaian acara seminar tersebut.

Suarman saat memberi kata sambutannya di acara pembukaan seminar tersebut mengatakan, “Meski covid tengah melanda dunia, tapi aktivitas kebudayaan tidak harus terhenti. Lomba Kesejarahan dari Rumah dan seminar ini adalah tanggapan kita terhadap modernisasi yang dirantai dengan perkembangan teknologi, sesuai konsensus Konggres Kebudayaan Indonesia Tahun 2018 yang salah satunya pemanfaatan teknologi. Lomba kita adakan secara virtual.”

Suarman juga mengatakan, lomba yang diadakan BPNB Sumbar tersebut baru pada tahap pemotivasian, peminatan, dan pemahaman pemajuan kebudayaan. Tapi lebih konkritnya adalah pengayaan pengetahuan.

Kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang kita punya kontribusi yang sangat luar biasa. Kita harus berterimakasih kepada mereka, karena merekalah intelektual-intelektual kita yang memberi identitas dan jati diri kita secara turun temurun.

Lebih lanjut Suarman mengatakan, “Tidak salah UNESCO mengatakan Indonesia itu adalah negara adibudaya dunia. Indonesia negara yang sangat luas, lebih dari tujuh belas ribu pulau dan seribu seratus etnis, dengan tujuh ratusan bahasa. Kita harus cermati dan analisis apresiasi UNESCO tersebut yang menyimpan pesan, sesungguhnya masyarakat Indonesia itu jika ingin maju haruslah memanfaatkan kebudayaan, sebab kebudayaan itulah investasi masa depan kita yang sesungguhnya.”

“Jangan kita pandang lagi kebudayaan sebagai kekunaan, tapi jadikan kebudayaan itu pondasi kita menatap masa depan untuk maju bersama. Kebudayaan itu sebagai pembentuk karakter yang bermartabat, untuk mewujudkan masyarakat madani, penggerak ekonomi, demi mensejahterakan masyarakat. Terbukti dengan banyaknya putra putri Indonesia jadi terkenal di dunia lewat kebudayaan. Budaya itu juga sumber mata pencaharian,” kata Suarman.

Selain itu, Suarman juga menyampaikan pada kata sambutannya, bahwa kebudayaan itu adalah magnet pariwisata. Pariwisata tanpa kebudayaan akan jadi sulit. Suatu daerah yang tidak peduli pada kebudayaan akan alami kemunduran, daerah yang peduli pada kebudayaan akan alami kemajuan.

Seperti juga dikatakan oleh Suarman, “Problematika kebudayaan kita saat ini karena kurangnya dilakukan ekspresi kebudayaan itu dengan sungguh-sungguh. Mari kita menanamkan kebudayaan melalui nilai-nilai kesejarahan, agar kita dapat mengapresiasi kebudayaan kita sendiri. Jika tidak kita lestarikan, akan mengalami kepunahan.”

“Semoga melalui Lomba Kesejarahan dari Rumah dan Seminar Pelestarian Nilai Budaya ini dapat menumbuhkan peminatan kita pada kebudayaan dan kesejarahan,” kata Suarman.

Sementara itu, Undri, S.S, M.Si, Panitia seminar tersebut pada kata sambutannya mengatakan, “Seminar ini membahas tiga tema; menanamkan nilai ekspresi sejarah dan perkembangannya, ketahanan budaya dalam menghadapi globalisasi, dan pemajuan kebudayaan melalui ekspresi seni. Harapan kami, semoga seminar ini dapat menjadi media untuk mentransfer pengetahuan kepada seluruh peserta. Kegiatan ini tidak terlepas dari pelaksanaan amanah UU nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.”

Acara pembukaan seminar tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua hadirin, diselingi dengan penampilan Siswa SMK 7 Padang membawakan Tari Piriang Golek, dan penampilan Adella Salsabila, Siswa SMAN 2 Bukittinggi menyanyikan lagu Kelok 44. Para peserta mengikuti acara dengan tertib dan serius. Hariadi, M.Ag memandu doa bersama di penutup acara pembukaan tersebut.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar: LGBT Problem Serius yang Harus Menjadi Perhatian Pemerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan, masalah LGBT adalah problem serius yang harus menjadi perhatian pemerintah, terutama bagi anak-anak yang jauh...
- Advertisement -

Warga Transmigrasi Padang Tarok SP 1 Dapat Pelatihan Keterampilan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Untuk peningkatan nilai ekonomis produksi lahan perkebunan warga transmigrasi Padang Tarok SP 1 Kecamatan Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sumbar melakukan pelatihan keterampilan bagi warga transmigrasi. Adapun pelatihan yang diselelenggarakan Dinas Trans Sumbar ini kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian.

Arif Berbahagia, Usai Direhab Kunci Rumahnya Diserahkan Oleh Langsung Wawako

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rifdi Yosanmanta atau Arif (38 tahun) dan istrinya Delfarita (36), warga Padang Palasan Kelurahan Sicincin tak kuasa menahan haru bahagia saat Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyerahkan kunci secara simbolis pertanda rumahnya telah selesai di rehab, Senin (8/3).
- Advertisement -

Aliansi Intelektual Lintas Organisasi kepemudaan Gelar Unjuk Rasa Di Kantor BPBD Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan masa yang terdiri dari Pergerakan Milenial Minang (PMM), AMPERA Sumbar, Garda Nkri Sumbar, Garda Empat Pilar Kebangsaan Sumbar, dan Limapia bersatu di dalam Aliansi Intelektual Lintas Organasasi kepemudaan melakukan unjuk Rasa di kantor BPBD Sumbar , di Gubernur dan Mapolda Sumatera Barat, Senin (08/03/2021)

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Aliansi Intelektual Lintas Organisasi kepemudaan Gelar Unjuk Rasa Di Kantor BPBD Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan masa yang terdiri dari Pergerakan Milenial Minang (PMM), AMPERA Sumbar, Garda Nkri Sumbar, Garda Empat Pilar Kebangsaan Sumbar, dan Limapia bersatu di dalam Aliansi Intelektual Lintas Organasasi kepemudaan melakukan unjuk Rasa di kantor BPBD Sumbar , di Gubernur dan Mapolda Sumatera Barat, Senin (08/03/2021)

Mahyeldi : Hindari Hoax untuk Pembangunan Sumbar yang Kondusif

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebagai mitra strategis pemerintah, media massa diharapkan bisa berperan aktif dalam menciptakan suasana kondusif untuk menunjang pembangunan di Sumbar, yang pada gilirannya berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

SLB Negeri 1 Padang Lakukan Ujian Akhir Satuan Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

HWK Sumbar Tampil di Konser Minang Bersuara II bersama Seniman dari 5 Negara

PADANG (BeritaSumbar.com)– Eksplorasi seni dan budaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi banyak permasalahan. Seni dan budaya juga bermanfaat untuk menyukseskan program Pemerintah dalam...

Tim PKM Biologi Unand dan BaSE KMDM Gelar Kerja Sama Pelatihan Budidaya Maggot BSF

Padang,BeritaSumbar.com,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Andalas (Unand) dengan Ketua Dr. Resti Rahayu, S.Si., M.Si., bekerja sama dengan Bank Sampah dan Ecoenzyme – Koperasi Mandiri Dan Merdeka (BaSE – KMDM) dengan Direktur Rio, S.P., menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Teori dan Praktek Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga” pada Sabtu, 6 Maret 2021 di Rumah Maggot, Belimbing Baru Indah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Grosir Beras LPPKI Diresmikan

Padang,BeritaSumbar.com,- Ketua Umum Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Azwar siri.SH meresmikan langsung unit usaha kecil Menengah (UKM) yaitu Usaha Grosir Beras LPPKI yang bertempat di Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumbar. Sabtu 6/3/2021.

Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Padang,BeritaSumbar.com, - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan Darizal Basir memimpin jalannya deklarasi penolakan Kongres Luar Biasa (KLB) bersama dengan seluruh jajaran Fraksi Partai Demokrat tingkat Provinsi dan Kabupaten Kotamadya se-Sumatera Barat.

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...
- Advertisement -