24 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sri Mulyani Baru Seminggu Jadi Menkeu Sudah Pangkas Anggaran Rp 133 Triliun
S

Kategori -
- Advertisement -

BeritaSumbar.com – Salah satu tujuan Sri Mulyani didatangkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Keuangan adalah untuk memperbaiki perekonomian Indonesia. Baru sepekan menjabat sebagai Menkeu, Sri telah menunjukan kinerjanya. Dilanporkan, dia sudah memutuskan merombak postur APBNP 2016 dengan memangkas belanja hingga Rp 133,3 triliun.

Dilansir dari republika.co.id, keputusan Menkeu tersebut telah disampaikan pada rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (3/8/2016) dan mendapat persetujuan.

“Penyesuaian perlu dilakukan agar APBN menjadi lebih kredibel,” kata Sri menyampaikan hasil rapat sidang kabinet paripurna.

Sri menjelaskan jika pemerintah akan memotong belanja kementrian yang dianggap tidak perlu hingga Rp 65 triliun. Serta transfer ke daerah sebanyak Rp 68,8 triliun.

Sri menegaskan bahwa pemangkasan tersebut khusus untuk anggaran yang dianggap tidak menunjang program-program prioritas.

“Yang dikurangi berkaitan dengan perjalanan dinas, kegiatan konsinyering, dan juga pembangunan gedung,” kata Sri.

Wanita yang akrab disapa Mbak Ani tersebut menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi semakin lebarnya defisit anggaran.

“Menurut perhitungan kami, penerimaan negara dari sisi pajak akan kurang sekitar Rp 219 triliun,” ungkap Sri. Oleh karena itu, tambah dia, penyesuaian dari sisi belanja perlu dilakukan agar defisit tetap terjaga sehingga tidak menimbulkan krisis kepercayaan terhadap APBN.

Sebelumnya, sebagai langkah menjaga pendapatan negara dari sektor pajak dirinya mengingatkan kepada pengusaha dan wajib pajak lain agar tidak lagi menyembunyikan harta dan aset yang dimilikinya.

“Kami tidak mau mengintimidasi, tapi menghindarkan adalah praktik curang. Sekarang negara maju pun garuk-garuk kepala ternyata sulit juga (menjaring pajak) meskipun punya aparat yang hebat kalau tidak sama-sama berkomitmen,” kata dia, Senin (1/8/2016).

Ia menyatakan bahwa Menteri Keuangan sekarang sudah cukup ahli untuk menghadapi pengusaha yang nakal dalam hal pajak.

“Pengusaha dan ahli penghindaran pajak memang ahli betul. Tapi menteri keuangan sekarang sudah cukup ahli juga,” kata dia.

Sri Mulyani adalah Menkeu yang pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006. Dirinya juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img