29 C
Padang
Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sonsong Pilkada Serentak Nasional 2024, Ini Langkah DPD PKS Kota Payakumbuh
S

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,Beritasumbar.com,-Beberapa Partai Politik yang memiliki wakil di DPRD Kota Payakumbuh untuk periode 2024-2029 mulai membuka pendaftaran bacalon walikota/wakil walikota. Namun tidak dengan Partai Keadilan Sejahtera.

Partai yang pada pelaksanaan Pileg februari 2024 lalu raih 3 kursi di DPRD Kota Payakumbuh tidak terdengar membuka pendaftaran seperti yang dilakukan partai lainnya di Kota Randang ini. Sementara tahapan Pilkada Serentak Nasional 2024 sudah mulai berjalan.

Walau tidak ada informasi kapan DPD Partai Keadilan Sejahtera Payakumbuh akan membuka pendaftaran bakal calon Wako/Wawako Payakumbuh, Baliho Kader partai ini sudah menebar di 48 Kelurahan di 5 kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh.

Baliho Ustad Irsyad Safar Lc.MA Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar yang untuk periode 2024-2029 kembali terpilih tampak menebar di tiap sudut kota Payakumbuh disusul dengan Baliho Mustafa S.IP anggota DPRD Kota Payakumbuh dari Fraksi PKS.

Keduanya diprediksi bakal ikut dalam PILKADA nanti menggantikan Riza Falepi yang memimpin Payakumbuh selama 2 periode.

Walau DPD PKS tidak membuka pendaftaran, juga tidak ada kader partai ini yang mendaftar ke partai lain untuk di usung di pilkada serentak nanti.

Untuk Pilkada Serentak 2024 yang bakal dihelat pada 27 November 2024 kita selalu membuka komunikasi baik dari para kandidat maupun parpol untuk berkoalisi. Dengan perolehan 3 kursi di pileg lalu tentu kita tidak dapat mengusung sendiri pasangan kepala daerah kata Mustafa SIP ketua Badan Pemenangan pemilu dan Pilkada DPD PKS Kota Payakumbuh kepada awak media pada Sabtu 8/6/24 siang.

Berbeda dengan Partai Politik (PARPOL) lainnya, hingga saat ini PKS tidak membuka pendaftaran ataupun ada kader yang mendaftar ke Partai lain, meski dalam PILKADA nanti PKS tidak bisa mengusung sendiri Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota. PKS menyebut mereka membuka pintu komunikasi.

PKS menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu Pilkada/BP3 (BAPPILU) Kota Payakumbuh, Mustafa. Masih menunggu survey yang akan keluar akhir Juni nanti.

” Iya, kita masih terus sosialisasi dan menunggu hasil survey yang akan keluar akhir Juni nanti,” sebut Mustafa, Sabtu siang 8 Juni 2024.

Siapa yang akan diusung PKS di Pilkada Kota Payakumbuh nantinya kita masih menunggu hasil survey akhir Juni ini Kata Anggota DPRD Kota Payakumbuh dari fraksi PKS tersebut. Beberapa tokoh/kandidat diluar kader sudah menjalin komunikasi dengan kita. Nanti dari hasil survey siapa yang tertinggi dan berpeluang menang tentu mereka yang akan diusung nanti, terang Mustafa.

Ketika ditanya yang akan diusung oleh PKS, Mustafa menyebut Salah satu dari kami akan maju dari PKS, saya rencana maju jadi Calon Wakil Walikota, sementara Ustad Isryad Safar maju jadi Calon Walikota. Tidak keduanya maju PILKADA, tergantung survey nantinya siapa yang akan maju, Tambahnya.

Sementara terkait sejumlah nama Bakal Calon (BALON) Walikota Payakumbuh yang telah membuka komunikasi dengan PKS, diantaranya Yb. Dt. Permato Alam (Golkar), Almaisyar, Joni Hendri, Zulmaeta serta Isnaldi Muhammad Dini, Tutup pria yang berpeluang besar maju di PKS itu.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img