26.4 C
Padang
Saturday, October 24, 2020

Solok Selatan Pamerkan Produk UKM di TDS

Padang Aro – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyediakan 10 stan bagi usaha dan industri kecil menengah daerah itu untuk mempromosikan produk-produknya pada Tour de Singkarak 2015.

“Bagi pengusaha dan pengrajin di Solok Selatan, kami fasilitasi stan untuk memamerkan produknya pada TdS tahun ini. Kami menyediakan 10 stan di kantor bupati yang merupakan lokasi finis etape IV,” kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Solok Selatan Akhirman ketika dihubungi di Padang Aro, Senin.

Pameran produk-produk kerajinan dan usaha kecil menengah itu, kata dia, dipusatkan di Kantor Bupati Padang Aro yang telah dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) setempat pada hari Senin dan akan berakhir pada hari Selasa (6/10).

“Tour de Singkarak (TdS) merupakan momen yang bagus untuk memperkenalkan produk-produk asli Solok Selatan karena selain para pebalap dan ofisial, ada tamu-tamu baik dari provinsi maupun pusat yang hadir dalam event internasional itu,” katanya.

Selain itu, pada ajang balap sepeda setahun sekali ini, hadir juga para jurnalis dari mulai tingkat lokal, nasional, hingga internasional.

Stan mulai bisa diisi pada hari Senin (5/10) atau sehari sebelum etape IV berlangsung. Solok Selatan pada TdS 2015 dipercaya kembali sebagai lokasi finis untuk etape IV dengan start di Kota Sawahlunto.

Terkait dengan cendera mata atau oleh-oleh yang disediakan panitia lokal untuk tamu, ofisial, dan pebalap, dia menyebutkan salah satunya adalah batu akik asli Solok Selatan, yakni giok kandih.

“Kami nantinya juga akan mempromosikan kerajinan dan pariwisata pada kemasan oleh-oleh itu. Selain itu, juga akan ada beberapa produk-produk asli Solok Selatan yang akan diberikan sebagai oleh-oleh, seperti teh, kopi, dan makanan ringan,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Solok Selatan Erizal mengharapkan ada segmen pada TdS untuk memperkenalkan kuliner-kuliner asli daerah itu.

Namun, lanjut dia, apabila tidak ada standar yang mengikat, akan diperkenalkan kuliner-kuliner asli Solok Selatan.
“Jika tidak ada aturan atau standar yang mengikat, opsi untuk memperkenalkan kuliner-kuliner asli Solok Selatan akan kami pertimbangkan,” katanya.

Solok Selatan memiliki beberapa makanan khas yang selama ini belum begitu terkenal, seperti pangek pisang yang merupakan panganan berbahan pisang yang bisa menjadi kudapan.

Warga Solok Selatan Amrizal berharap pemerintah setempat melakukan penataan objek wisata seusai TdS ini.

“Setelah ajang TdS ini pemda juga harus menindaklanjutinya dengan penataan objek wisata, pengembangan UKM, dan IKM. Tour de Singkarak, salah satu sasarannya adalah mempromosikan potensi daerah, terutama pariwisata dan produk kerajinannya,” kata Amrizal. (Ant/Oleh Agung Pambudi & Joko Nugroho)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pacu Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Simak Sejarahnya

Payakumbuh --- Pacu Itiak atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak merupakan salah satu permainan anak nagari di Kota Payakumbuh telah...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

LIMAPULUH KOTA,- Program dalam memimpin Limapuluh Kota kedepan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo...

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah – Kapuah Pagaruyung Bahayakan Pengendara

Tanah Datar, - Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...
- Advertisement -