24.4 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Silaturrahmi Dengan LKAAM, Kapolres: Polri Hargai Kearifan Lokal-Adat Sebagai Pertimbangan
S

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Kepala Kepolisian Resor AKBP Muhammad Ikwan Lazuardi SH.SIK.MH Sijunjung melakukan silturrahmi dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Sabtu (4/9) sebagai perkenalan karena baru bertugas di Ranah Lansek Manih.

Kapolres menegaskan Polri menghargai kearifan lokal dan menjadikan hukum adat sebagai pertimbangan, namun tetap di bawah hukum positif, kata Kapolres Sijunjung dihadapan Ketua LKAM Kabupaten Sijunjung Epi Radisman, Dt Panduko Alam SH bersama pengurus LKAAM yang lainnya di Ruang Rupatama Polres Sijunjung.

Acara silaturahmi pengurus LKAAM dengan Kapolres Sijunjung berlangsung penuh kekeluargaan dan saling memberikan masukan demi menjaga kamtibmas di daerah ini.

Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung Epi Radisman Dt Paduko Alam memaparkan keberadaan niniak mamak sebagai pemangku adat yang tergabung dalam wadah LKAAM.

Lebih lanjut diuraikan bahwa perbedaan suku Minangkabau dengan suku lain di Indonesia adalah menghitung garis keturunan dari ibu, memiliki tanah ulayat dan punya sako, serta pusako.

Beberapa hal yang menjadi kesepahaman adalah dari pertemuan itu antara lain: Pertama Kapolres sangat mengapresiasi keberadaan lembaga LKAAM sebagai tempat bernaung pemangku adat di kabupaten Sijunjung.

Kedua Kapolres mengapresiasi kearifan lokal sebagai pertimbangan dalam pelakuan hukum.

Ketiga, Kapolres berharap pemangku adat ikut berpartisipasi dalam menjalankan kamtibmas di wilayah Polres Sijunjung.  Terakhir yang keempat  Pengurus LKAAM Kabupaten Sijunjung akan mendukung penuh Polres Sijunjung dalam upaya menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polres Sijunjung

Pengurus LKAAM Kabupaten Sijunjung  yang hadir dalam pertemuan ini diantaranya Epi Radisman Dt Paduko Alam SH sebagai ketua dan pengurus inti lainnya Ir. Asri Antipen Dt Paduko Rajo, MM sebagai wakil ketua, Saldi Nafri Bagindo Kayo S.Ag MA sebagai sekretaris, dan Dasril Dt Tan Marajo, wakil sekretaris, H Dahlius Johan Dt. Samalano SE, bidang OKK dan didampingi staf ahli Bupati Sijunjung Mashariyanto, SE.

Sementara itu Kapolres Sijunjung yang baru AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi SH, S.Ik, MH yang ikut didampingi oleh Waka Polres Kompol Andi Santosa, Kasat Bimas IPTU H.Syafril, Kasat Intel dan beberapa orang staf. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img