26 C
Padang
Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Si Cantik Kristal yang Bisa Dimakan
S

- Advertisement -

Beritasumbar.com,– Akhir-akhir ini jagad dunia maya khususnya perTikTokan dihebohkan dengan salah satu postingan Influncer yang mereview sejenis sayuran yang tampak asing selama ini dikonsumsi. Apa itu guys? Ice lectuce namanya memang begitu terdengar aneh dan kebanyakan kita masyarakat Indonesia mungkin tidak kenal dengan jenis sayuran yang satu ini.

Sayuran mewah ini berdasarkan informasi harganya lumayan funtastis bayangkan saja setenagh box atau sekitar setengah kg di Singaupura bisa dibandrol dengan harga Rp 150.000an. menurut yang meriview, sayuran ini si Edwart Cullen-nya dalam film Twilight karena seluruh badannya sayuran ini mengkilat dan bisa dimakan mentah. Saat ini sayuran ini sudah ada dibudidayakan di Indonesia.

Sayuran yang cantik dan mewah ini merupakan jenis sayuran yang berasal dari Afrika Selatan. Melansir healthbenefitstimes.com, sayuran ini secara ilmiah dikenal dengan nama Mesembryanthemum crystallinum, yaitu tanaman sukulen yang termasuk dalam famili Fig-marigold Aizoaceae. Dinamakan crystal ice lettuce karena di seluruh sisi sayuran tersebut dipenuhi dengan gelembung-gelembung transparan seperti kristal dan membuat tampilannya mengkilap. Gelembung kristal tersebut merupakan sel-sel kandung kemih yang menciptakan tetesan embun kecil yang menjadi asal muasal nama sayuran tersebut

Biasanya digunakan sebagai campuran berbagai masakan. Namun, biasanya ice lettuce lebih sering diolah sebagai salad atau dikonsumsi langsung tanpa dimasak. Cara mengonsumsinya yakni dengan saus wijen sebagai dressing. ice lettuce memiliki rasa yang unik. Rasanya sedikit asin dan juga asam dengan rasa lemon yang mendominasi. Teksturnya renyah, seperti sedang makan es batu. Penampilannya yang unik dan begitu mewah ini membuat banyak restoran kelas atas memetapkan harga yang tinggi untuk untuk dapat mencicipi sayuran ini.

Ice lettuce memiliki banyak nutrisi bahkan diklaim sebagai sumber mineral yang baik seperti Vitamin A, Vitamin K, β-carotene, Potassium, Calcium, Magnesium, dan Myo-inisotol yang cukup tinggi dan jarang ditemukan pada sayuran berdaun hijau lainnya. biasanya digunakan sebagai obat untuk berbagai kondisi kesehatan, seperti pilek, demam, dan bahkan glaukoma. Penelitian telah menunjukkan bahwa ice plant mengandung isoflavon yang sangat tinggi serta flavonoid dan isoflavonoid, merupakan tanaman yang berpengaruh signifikan terhadap metabolisme manusia.

Namun tak mudah untuk menanam sayuran ini, pasalnya membutuhkan lingkungan khusus agar bisa tumbuh. Ice lettuce bisa tumbuh dengan iklim lembab. Biasanya ditanam secara hidroponik dalam ruangan khusus yang dilengkapi dengan pencahayaan LED dan sistem pengatur suhu. Dari namanya saja kamu tentu tahu bahwa sayuran ini membutuhkan lingkungan khusus yang dingin dan kering untuk tumbuh. Di Singapura, Vegtical Green pada lamannya menyebutkan bahwa ice lettuce ditanam dengan teknologi hidroponik. Sayuran ini ditanam di lahan pertanian dalam ruangan khusus dilengkapi dengan pencahayaan LED dan sistem pengatur suhu untuk mendapatkan lingkungan optimal bagi pertumbuhan tanaman.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img