31 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Setahun Jokowi-JK, Kinerja Politik & Ekonomi Melorot
S

Kategori -

Jakarta – Setahun menjabat Presiden dan Wakil Presiden, banyak muncul versi: kritik, apresiasi maupun catatan atas kinerja nahkoda RI. Satu yang paling menonjol adalah soal ketegangan politik. Berseberangannya kubu KIH dan KMP, membuat praktek perpolitikan yang berimbas ke bidang lain terutama ekonomi, terganggu. Belakangan, yang terjadi di politik nasional tampak terkonsolidasi : mulai dekatnya hubungan dua kubu di satu sisi dan mulai kritisnya kubu partai penyokong pemerintah terhadap kinerja Jokowi-JK.

Di saat bersamaan, soliditas pendukung pemerintah juga sedang diuji dengan keterlibatan anggota parpol mereka : Rio Capella (Nasdem) dan Dewi Yasin Limpo (Hanura) dalam praktek korupsi yang berujung ditangkapnya mereka oleh KPK.

Sementara di bidang ekonomi, ada lokomotif yang berlari terlalu kencang di tubuh pemerintah. Gerbong kereta tertinggal jauh dan seringkali acak-acakan karena lokomotif terlalu liar bergerak. Lokomotif ini pengamat sebut dikendalikan oleh ‘masinis’ menteri BUMN Rini Soemarno. Hutang baru sebesar 40 Trilyunan Rupiah ke Cina yang mengiringi proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung yang jatuh ke tangan negeri Tiongkok adalah yang terbaru.

Di rakyat bawah, kondisi perekenomian yang sangat sulit menyebabkan publik sulit bergembira saat 365 hari pertama kepeimpinan Jokowi-JK. Meningkatnya pengangguran karena buruh dirumahkan, ekonomi lesu dan perusahaan lokal susah bersaing karena komponen bisnisnya harus impor sementara Rupiah masih melemah, bahkan sempat sangat lemah pada awal Oktober.

Yang mengerikan sebetulnya adalah dampak asap di banyak daerah. Kabut pembunuh yang tadinya hanya ada di Kalimantan, muncul di Sumatera. Dua pulau ini adalah penderita reguler asap tahunan, namun kali ini berlipat-lipat parahnya. Belakangan, asap ini mulai menerjang pulau Sulawesi dan Papua. Setelah sekian lama terjadi, tak ada penanganan serius dari pemerintah.

Meski di beberapa sektor tampak menggembirakan, misalnya di bidang perlindungan usaha lokal dengan pengetatan pajak impor untuk makanan dan minuman, secara keseluruhan tampak ketidakpuasan. Bursa saham yang melemah adalah tanda kekecewaan pelaku pasar global terhadap pemerintah. Demikian juga elemen seperti mahasiswa, buruh, petani yang meningkat kekecewaannya terhadap pemerintah. Semua indikator negatif itu, serentak dalam seminggu ini muncul di berbagai survei di media.

Kinerja ekonomi pemerintah saat ini juga membawa dampak sistemik yang mungkin luput dari pengamatan publik. Yaitu anjloknya kapitalisasi pasar untuk perusahaan-perusahaan yang tercatat di Bursa Saham Indonesia. Yang lebih menyedihkan, turunnya kapitalisasi BUMN turun lebih dari dua kali lipat dibanding perusahaan swasta, yakni minus 11.1% (BUMN, senilai Rp 146 Triliun) dibandingkan 4.8% (non-BUMN). Parahnya lagi, Indonesia kehilangan 11.1% (Rp 83 Triliun) kepemilikannya di BUMN karena dijual ke asing. Semua ini tak lepas dari kiprah Menteri BUMN Rini Soemarno. (red/rfk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.
- Advertisement -

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.
- Advertisement -

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -