25.2 C
Padang
Selasa, Januari 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sertijab Serentak Tiga Wali Nagari Di Kecamatan VII Koto, Ini Pesan Wabup Padang Pariaman
S

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariamanberitasumbar.com – Tiga wali nagari di Kecamatan VII Koto melakukan serah terima jabatan (sertijab) serentak, sekaligus pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK), Selasa (14/12). Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs. Rahmang, M.M di Aula SD Unggul Terpadu Nagari Limpato Sungai Sariak.

Ketiga wali nagari yang melakukan sertijab adalah Wali Nagari Sungai Sariak dari Darlisman, S.Sos. kepada Zaiful Yudi, Wali Nagari Balah Aie dari Yunasrun Bakri, S.T.M.E, kepada Jonifriadi, dan Wali Nagari Lareh Nan Panjang dari Defi Susanti, S.Sos, kepada Muskinta, S.Kom.

Wabup mengucapkan selamat kepada ketiga pejabat yang telah dilantik dan sumpahnya kemarin, serta ucapan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, terutama kepada Panitia Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) dan Badan Musyawarah Nagari yang telah bekerja maksimal dalam pelaksanaan pilwana dengan aman dan lancar.

Selain itu juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada penjabat yang lama atas pengabdian yang diberikan selama ini, khususnya dalam menjalankan tugas mengantarkan kepemimpinan wali nagari yang defenitif melalui pelaksanaan Pilwana serentak dengan sukses.

“Dengan telah dilaksanakannya sertijab ini, merupakan tanda bahwa tugas dan tanggunggjawab sudah dimulai untuk menjalankan roda pemerintahan dan mensejahterakan masyarakat di nagari. Tidak hanya itu, wali nagari merupakan perpanjangan tangan pemerintah kabupaten sebagai penerima aspirasi masyarakat dalam mewujudkan nagari yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ia berharap, agar seluruh elemen masyarakat dapat membantu wali nagari dalam menjalankan tugasnya, karena roda pemerintahan nagari tidak akan berjalan kalau hanya wali nagari menjalankan sendiri.

“Kepada wali nagari terpilih, diharapkan bisa merangkul seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan dan melaksanakan pembangunan di nagari masing-masing, terutama dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, juga menjaga kebersamaan dan semangat gotong royong,” terangnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur mengucapkan terima kasih pada pejabat lama yang telah menjalankan tugas sebagai Ketua TP. PKK Nagari dan akan dilanjutkan oleh Ketua TP. PKK yang baru dilantik.

“Sebagai Ketua TP-PKK Nagari, banyak tugas yang harus diemban, selain mendukung dan menyokong tugas suami, Ketua TP-PKK juga memiliki tugas lain, seperti sebagai Ketua Dekranasda nagari, Ketua Forikan Nagari, dan Bunda PAUD Nagari. Oleh karenanya, dalam menjalankan tugas tersebut dibutuhkan dukungan dari wali nagari agar kegiatan itu dapat dijalankan sampai ke korong,” ujarnya.

Ia juga berpesan, kepada TP-PKK Nagari untuk mulai membentuk dasa wisma, agar kesejahteraan keluarga dapat diwujudkan. Semua itu, katanya tidak terlepas dari sinkronisasi dan kolaborasi dengan semua perangkat daerah serta instansi lainnya.

Sementara itu, Camat VII Koto Nini Arlin, S.Sos. MM mengatakan sertijab tersebut merupakan awal perjalanan dan perjuangan wali nagari untuk melangkahkan kaki dan membawa nagari dalam mensejahterakan masyarakat, sehingga pembangunan fisik dan peningkatan kualitas SDM dapat terwujud.

“Kami juga meminta kepada wali nagari, agar dapat mengsinkronkan program kabupaten, kecamatan, dan nagari. Mari bersama, kita wujudkan harapan yang telah dimanahkan oleh masyarakat. Ini merupakan tanggungjawab bersama untuk bersinergi. Kepada Ketua TP-PKK Nagari, agar dapat membantu suaminya dalam menjalankan tugas, jangan sampai ada yang tersandung hukum. Kami dari kecamatan membuka lebar ruang untuk berkoordinasi dan berkomunikasi, sehingga kita bekerja sesuai regulasi dan berkomitmen membangun nagari,” katanya.

Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padang Pariaman Erman, S.Sos. MM, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab. Anesa Satria, SH. MM. Anggota Forkopimca, Tokoh masyarakat VII Koto Azhar Abu Bakar, anggota Bamus, Ketua KAN dan Bundo Kanduang serta Wali Korong setempat. (Rel/Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img