24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua
S

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

Akhirnya, pada awal tahun 2021 Mahkamah Agung menugaskan Ahmad Zulpikar, yang sebelumnya hakim di Pengadilan Negeri Jember Kelas 1a menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh kelas 2. Pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di ruang sidang pengadilan setempat, Salasa (25/1).

Hadir Unsur Forkopimda seperti Wali Kota diwakili Asisten III Amriul Dt Karayiang didampingi Kakankesbangpol Budhy D Permana, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Jerry Syahrim, Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim Mayor M. Sianturi, Kajari Payakumbuh Suwarsono, Ketua PN Tj Pati M. Chandra, Ketua PA Payakumbuh Firdaus, Ketua PA Painan Hariadi, Kalapas IIB M. Kameili, rohaniawan, hakim, panitera dan pejabat lainnya.

Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Kurniawan Wijonarko yang melantik Ahmad Zulpikar itu dalam sambutannya menyampaikan ketika dirinya ditugaskan di Payakumbuh 1 tahun silam, dia memimpin PN juga masih tanpa adanya wakil ketua.

“Ternyata PN Payakumbuh sudah 4 tahun tak ada wakil, terakhir pada tahun 2017 saat itu adalah bapak Djarot Widiatmono,” katanya.

Menurutnya, pelantikan jabatan adalah hal biasa di lingkungan lembaga pemerintahan. Dirinya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ahmar Zulpikar dan percaya bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tuntunan Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan memperkuat formasi pengadilan negeri, tugas kita memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami percaya karena beliau pindahan dari pengadilan Jember di Jawa Timur, itu kelasnya 1a, perkara yang disana saja lebih dari 2000,” terangnya.

Dengan pengalaman itulah, Kurniawan Wijonarko berharap kehadiran wakil ketua PN Payakumbuh yang baru dapat membantunya memimpin dan melaksanakan program dari mahkamah agung, serta mewujudkan Zona Integritas, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

“Kami berharap tentu bisa bersinergi dengan instansi lainnya, karena di tengah tuntutan masyarakat, ada dinamika luar biasa. Harus benar-benar menjadi pelayan profesional bagi masyarakat dalam penegakan hukum,” ungkapnya.

Kurniawan mengakhiri sambutannya dengan pantun, “Pergi ke Pekanbaru jangan lupa singgah ke Harau, selamat datang wakil ketua yang baru semoga PN Payakumbuh makin maju”.

Sementara itu, Wakil Ketua PN yang baru dilantik Ahmad Zulpikar adalah keturunan urang Sunda, dirinya menyampaikan bagaimana perjalanannya karirnya sebagai abdi negara, mulai dari pengadilan negeri di Aceh hingga Jawa Timur. Dirinya akan mendukung kebijakan ketua PN, berudua menjadi motor penggerak bagi PN bersama ketua memajukan Payakumbuh sehingga misi mahkamah agung bisa dicapai.

“Mungkin selama ini agak berat menjalankan pimpinan tanpa wakil, kami akan melayani pencari keadilan sebaik-baiknya, karena itu fundamental bagi penegak hukum. Koordinasi kejaksaan, kepolisian, pemerintah, dan instansi lain dalam mendorong pelayanan publik terbaik, mohon kiranya kehadiran kami dapat diterima dengan baik, karena ini baru pertama bertugas di ranah minang,” ulasnya.

Sementara itu Wali Kota Riza Falepi yang berhalangan hadir saat dihubungi media menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ahmad Zulpikar di Payakumbuh. Dirinya berharap semoga betah dan dapat menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

“Selamat datang di Kota Randang, semoga dengan telah memiliki pejabat wakil ketua, Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh dapat terus bersinergi dengan pemko memberikan layanan hukum yang adil dan prima bagi warga kami,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021
- Advertisement -

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Kabag Opsnalev Baharkam Polri Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM bersama Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan pejabat utama Polres mengunjungi kawasan wisata Geopark Silokek, Sabtu (12/6). Kunjungan Jendral Hendi beserta jajaran Polres Sijunjung Dalam rangka mewujudkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes, di kawasan wisata geopark ranah minang.
- Advertisement -

MAN 1 Padang Panjang Terima Pendidikan Kependudukan dari BKKBN Propinsi Sumatera Barat

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tenaga Pendidik MAN 1 Kota Padangpanjang mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembentukan Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan ( Satuan Pendidikan Formal Melalui Sekolah Siaga Kependudukan). Kegiatan ini terlaksana setelah diadakannya komunikasi antara Pihak Madrasah melalui Pembina Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) yang dilanjutkan kepada Julpiadi Hutabarat, S.Ag.,M.S.I selaku Kepala MAN 1 Kota Padang Panjang melalui Wakil Bidang Kesiswaan Lainah, S.Ag., M.Pd.I dengan Dinas Sosial PPKBP3A Kota Padang Panjang yang diteruskan ke BKKN Propinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021).

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).

Pulang Kampung, Gonjong Limo Bandung Salurkan Bansos Di Kecamatan Luhak Dan Payakumbuh Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gonjong Limo (G5) merupakan salah satu Perkumpulan perantau asal Luak Limopuluah di berbagai kota di Luar Sumbar. Salah satunya di Kota Bandung Jawa Barat. Gonjong Limo yang ada di Bandung ini selain wadah berkumpul dan menjalin silaturahmi sesama perantau asal Luak Limo puluah juga menggalang dana sosial untuk warga tidak mampu. Penggalangan dana melalu bidang Rumah Zakat Gonjong Limo.

Fraksi PPP Dorong Pemko Optimalkan Pendapatan Daerah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 digelar di Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (30/5).

Fraksi Nasdem Bintang Perjuangan Minta Pemko Jelaskan Status Dana Insinerator Yang Dikembalikan

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com- Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 digelar di Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (30/5).

Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional Ingatkan Pemko Agar Hati-Hati Belanja Uang Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 digelar di Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (30/5).

Kritik Keras Fraksi Golkar Beri 10 Catatan Kepada Pemko Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 digelar di Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (30/5).

Fraksi Demokrat Apresiasi Pertumbuhan Banyak Kafe Di Payakumbuh, Minta Pemko Tekan Angka Pengangguran

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 digelar di Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (30/5).

Fraksi Gerindra Beri 12 Masukan Dan Saran Kepada Pemko Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 digelar di Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (30/5).

Fraksi PKS Nilai Pemko Payakumbuh Telah Optimal Dalam Penyelenggaraan APBD 2020

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Wali Kota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 digelar di Kantor DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (30/5).
- Advertisement -