24 C
Padang
Jumat, Februari 26, 2021
Beritasumbar.com

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua
S

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

Akhirnya, pada awal tahun 2021 Mahkamah Agung menugaskan Ahmad Zulpikar, yang sebelumnya hakim di Pengadilan Negeri Jember Kelas 1a menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh kelas 2. Pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di ruang sidang pengadilan setempat, Salasa (25/1).

Hadir Unsur Forkopimda seperti Wali Kota diwakili Asisten III Amriul Dt Karayiang didampingi Kakankesbangpol Budhy D Permana, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Jerry Syahrim, Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim Mayor M. Sianturi, Kajari Payakumbuh Suwarsono, Ketua PN Tj Pati M. Chandra, Ketua PA Payakumbuh Firdaus, Ketua PA Painan Hariadi, Kalapas IIB M. Kameili, rohaniawan, hakim, panitera dan pejabat lainnya.

Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Kurniawan Wijonarko yang melantik Ahmad Zulpikar itu dalam sambutannya menyampaikan ketika dirinya ditugaskan di Payakumbuh 1 tahun silam, dia memimpin PN juga masih tanpa adanya wakil ketua.

“Ternyata PN Payakumbuh sudah 4 tahun tak ada wakil, terakhir pada tahun 2017 saat itu adalah bapak Djarot Widiatmono,” katanya.

Menurutnya, pelantikan jabatan adalah hal biasa di lingkungan lembaga pemerintahan. Dirinya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ahmar Zulpikar dan percaya bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tuntunan Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan memperkuat formasi pengadilan negeri, tugas kita memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami percaya karena beliau pindahan dari pengadilan Jember di Jawa Timur, itu kelasnya 1a, perkara yang disana saja lebih dari 2000,” terangnya.

Dengan pengalaman itulah, Kurniawan Wijonarko berharap kehadiran wakil ketua PN Payakumbuh yang baru dapat membantunya memimpin dan melaksanakan program dari mahkamah agung, serta mewujudkan Zona Integritas, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

“Kami berharap tentu bisa bersinergi dengan instansi lainnya, karena di tengah tuntutan masyarakat, ada dinamika luar biasa. Harus benar-benar menjadi pelayan profesional bagi masyarakat dalam penegakan hukum,” ungkapnya.

Kurniawan mengakhiri sambutannya dengan pantun, “Pergi ke Pekanbaru jangan lupa singgah ke Harau, selamat datang wakil ketua yang baru semoga PN Payakumbuh makin maju”.

Sementara itu, Wakil Ketua PN yang baru dilantik Ahmad Zulpikar adalah keturunan urang Sunda, dirinya menyampaikan bagaimana perjalanannya karirnya sebagai abdi negara, mulai dari pengadilan negeri di Aceh hingga Jawa Timur. Dirinya akan mendukung kebijakan ketua PN, berudua menjadi motor penggerak bagi PN bersama ketua memajukan Payakumbuh sehingga misi mahkamah agung bisa dicapai.

“Mungkin selama ini agak berat menjalankan pimpinan tanpa wakil, kami akan melayani pencari keadilan sebaik-baiknya, karena itu fundamental bagi penegak hukum. Koordinasi kejaksaan, kepolisian, pemerintah, dan instansi lain dalam mendorong pelayanan publik terbaik, mohon kiranya kehadiran kami dapat diterima dengan baik, karena ini baru pertama bertugas di ranah minang,” ulasnya.

Sementara itu Wali Kota Riza Falepi yang berhalangan hadir saat dihubungi media menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ahmad Zulpikar di Payakumbuh. Dirinya berharap semoga betah dan dapat menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

“Selamat datang di Kota Randang, semoga dengan telah memiliki pejabat wakil ketua, Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh dapat terus bersinergi dengan pemko memberikan layanan hukum yang adil dan prima bagi warga kami,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...
- Advertisement -

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...
- Advertisement -

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi

Dengan tema "Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi", Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).

Palyuri, Pria Tuna Rungu Ini Simpan Uang Dalam Karung di Tumpukan Pakaian

Sosok pria bisu alias biok ini tidak asing bagi warga Kota Payakumbuh. kemana mana saban hari Biok yang bernama asli Palyuri ini selalu jalan kaki. Dan sering membantu warga yang sedang pesta membersihkan piring kotor.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -