26 C
Padang
Senin, Maret 1, 2021
Beritasumbar.com

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test
G

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

“Sampai detik ini kanker masih menduduki peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Langkah preventif bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan khususnya bagi perempuan melakukan deteksi dini dengan IVA test, “
Hal tersebut diungkap Ketua GOW Kota Payakumbuh Ny. Machdalena Erwin Yunaz.

Ditambahkan Machdalena, Banyak alasan yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa IVA test sakit, tapi sebenarnya IVA test tidak sakit dan manfaat dari IVA test adalah mendeteksi jika adanya sel kanker sejak dini.

“Pernyataan atau Stigma sakit seperti ini lah yang harus kita hilangkan. Untuk ibu-ibu khususnya di Kota Payakumbuh, Mari kita jaga kesehatan kita untuk pencegahan dini kanker Serviks. Ibu adalah matahari di rumah, kalau ibu sakit, maka di rumah pun semuanya akan redup. Maka dari itu ibu-ibu mari sayangi diri sendiri demi kebehagiaan keluarga, “ujar Machdalena

Diterangkan Machdalena, Anjuran dari pemerintah IVA test baiknya dilakukan sekali setahun. GOW bersama TP-PKK Kota Payakumbuh akan selalu menghimbau untuk melaksanakan IVA test.
“Untuk ibu-ibu semua ayo lakukan IVA test, jangan ada lagi rasa malu, atau takut sakit, karena IVA test itu tidak sakit dan juga dilakukan oleh tim medis wanita, ayo cintai diri kita, ” Pungkas Machdalena.

Senada dengan Machdalena, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal atau yang akrab disapa Dokter Bek mengatakan IVA test adalah salah satu deteksi awal untuk kanker (CA) serviks. Potensi CA serviks bagi ibu-ibu yang sudah Pre Menopause atau Menopouse itu cukup tinggi. CA serviks angka kematiannya cukup tinggi. Dengan IVA test bisa mendeteksi lebih awal untuk mengatasi penyakit menyebar.

Dokter Bek menambahkan idealnya untuk melakukan IVA test adalah wanita berumur 40 tahun ke atas, dan seluruhnya mestinya sudah melakukan IVA test tapi karena dalam kondisi pandemi covid, capaian untuk melakukan test sangat rendah sekali.

“Untuk seluruh masyarakat jangan ragu dalam melakukan IVA test. Apa saja program kesehatan bagus untuk masyarakat. Medis bekerja secara maksimal, bersih, higienis dan profesional. Penyakit ini gejalanya sepele, hanya gatal-gatal saja, namun karena itu banyak wanita yang menghiraukannya. Mari semua ibu-ibu ikutilah program ini demi menjaga kesehatan dan mendeteksi kanker serviks sejak dini. Seluruh pemeriksaan IVA test dapat dilakukan di puskesmas terdekat dan gratis tanpa dipungut biaya, “pungkas Dokter Bek.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...
- Advertisement -

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...
- Advertisement -

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...

Selama Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri Janji tak Akan Terpecah

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri berjanji tidak akan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).
- Advertisement -