27 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sembilan Tahun Menunggu, Akhirnya Padang Laweh Selatan Jadi Nagari Definitif
S

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Setelah menunggu sembilan tahun,  Bupati Sijunjung Benny Dwifa meresmikan Nagari Padang Laweh Selatan sebagai nagari definitif. Pada kegiatan juga melantik Feri Ferdian sebagai penjabat wali nagari yang akan menjalankan roda pemerintahan di tingkat nagari.

Peresmian itu dilaksanakan setelah kode Nagari Persiapan Padang Laweh Selatan dengan nomor 13.03.08.2007 resmi dikeluarkan oleh Kemendagri dan diserahkan langsung kepada Bupati Sijunjung pada Kamis (25/11) kemarin di Jakarta.

Kepala DPMN, Khamsiardi dalam laporannya menyampaikan bahwa rangkaian proses yang panjang telah dilalui hingga Nagari Padang Laweh Selatan menjadi defenitif.

“Dimulai pada tahun 2010 lalu, dan ditetapkan sebagai nagari persiapan pada tahun 2012. Kemudian ada moratorium/penghentian sementara pemekaran desa oleh Kemendagri. Kemudian setelah keluar Permendagri nomor 1 tahun 2017 tentang penataan desa, baru prosesnya kita lanjutkan kembali,” kata Khamsiardi.

Kini, katanya Nagari Padang Laweh Selatan resmi sebagai nagari definitif setelah kode desa dan surat dari Kemendagri keluar.

“Pada tanggal 25 November kemarin, kode desa dikeluarkan melalui surat oleh Kemendagri, dan surat Gubernur Sumbar. Dengan surat itu maka Nagari Persiapan Padang Laweh Selatan kini telah diakui oleh pemerintah pusat sebagai Nagari Padang Laweh Selatan,” pungkasnya.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah bekerja untuk mewujudkan nagari Padang Laweh Selatan menjadi definitif.

“Ini semua terwujud berkat kerja keras semua pihak. Mari kita tetap menjaga rasa kebersamaan dan kekompakan untuk membangun nagari Padang Laweh Selatan ke depannya. Bersama mendukung program dan kegiatan pemerintah nagari yang sudah diamanahkan,” ajak bupati.

Ia juga mengingatkan agar penjabat yang dilantik dapat menjalankan pemerintahan nagari dengan baik.

“Jalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kemudian membentuk SOTK pemerintahan nagari dan melantik perangkat nagari dan membentuk lembaga kemasyarakatan,” pesannya.

Benny menyebutkan, pemekaran nagari itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mewujudkan pemerataan pembangunan daerah di tingkat nagari.

“Semoga ini menjadi awal kemajuan pembangunan di Nagari Padang Laweh Selatan, tentunya juga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” katanya.

Peresmian dan pelantikan itu turut hadir Wakil Bupati Iraddatillah, Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Kepala DPMN Khamsiardi, Camat se-Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari Se-Kecamatan Koto VII dan segenap tokoh masyarakat setempat. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img