25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Selama PSBB, Pasar Satelit Setiap Nagari Di Kecamatan Koto XI Tarusan Tetap Beroperasi
S

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,– Selama Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) dua pasar mingguan di Kecamatan Koto XI Tarusan ditutup guna memutus rantai penyebaran Covid 19,namun pasar satelit yang berada di setiap nagari di Kecamatan Koto XI Tarusan masih beroperasi.
Terlihat dibeberapa pasar nagari diantaranya di Pasar Gaung di Nagari Kapuh Utara, Pasar Pagi Nagari Kapuh, Pasar di Nagari Nanggalo, Pasar Kampung Sawah Nagari Batu Hampar Selatan, Pasar Pagi Duku dan beberapa nagari lainnya .
Menanggapi hal tersebut Wali Nagari Batu Hampar Selatan Andi Hasan mengungkapkan pasar pagi yang berada di Kampung Sawah tidak ditutup karena pasar ini hanya beroperasi 1 jam dari pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB., dan aktivitas warga hanya menjual sembako untuk kebutuhan sehari hari.
“Tetapi imbauan agar menjaga jarak tetap disosialisasikan dengan membuat batas buat pedagang. Dengan tujuan pedagang tidak terlalu rapat ketika berdagang,” ujarnya
Selanjutnya pihak nagari selalu menyosialisasikan kepada masyarakat agar bisa selalu berada dirumah dan tidak melakukan kegiatan di luar rumah kecuali hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok dan selalu memakai masker.
” Kita telah bagikan masker kerumah rumah warga agar warga bisa mengunanya bila keluar rumah,”ujarnya
Seperti diketahui dua pasar di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ditutup sementara berdasarkan evaluasi temuan kasus positif COVID-19 yang cukup banyak di daerah itu.
“Pasar yang ditutup ialah pasar Nanggalo Tarusan dan pasar Barung-Barung Belantai. Kita ingin menghentikan sementara aktivitas yang dinilai bisa memicu penyebaran Covid-19 di daerah itu,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan.
Hal tersebut, telah dituangkan dalam instruksi Bupati Pesisir Selatan, Nomor : 100/16/GTC-IV/2020 tanggal 18 April 2020 yang ditujukan kepada pengelola dan pedagang pasar pada kedua pasar.
Rinaldi mengatakan jumlah kasus terbanyak positif Covid-19 berasal dari Kecamatan Koto XI Tarusan. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 itu terpaksa diambil kebijakan tegas.
Selain pasar, Puskesmas Koto XI Tarusan juga ditutup karena seluruh pegawai di sana diduga pernah kontak dengan pasien positif COVID-19.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kebakaran Di Ibuh, Damkar Payakumbuh Kerahkan Seluruh Armada

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Pemadam kebakaran (DAMKAR) Kota Payakumbuh segera bergerak meluncur setelah mendapat informasi dari warga via telepon kalau ada kebakaran rumah di Jalan Lampuang Kelurahan Ibuah, Kamis (6/5) sekitar pukul 13.00 siang.
- Advertisement -

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Cek Posko Operasi Ketupat Singgalang 2021, Ini Imbauan Forkopinda Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sijunjung melakukan pengecekan kesiapan Posko Sekat Operasi Ketupat Singgalang 2021 di perbatasan Sumbar Riau, tepatnya di...
- Advertisement -

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Rojanah Rilis Perdana Single ‘Algoritma Cinta’ di 60 Radio se-Indonesia

Keunikan vokal Rojanah dalam mengusung genre musik dangdut remix modern punya potensi tersendiri di industri musik Tanahair. Gadis molek asal kota kembang Bandung tersebut merilis single perdananya yang berjudul Algoritma Cinta, yang diputar serentak di 60 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 6 April 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Kader Muda PKB Sumbar Gelar Pembagian Takjil

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kader Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatera Barat melakukan pembagian takjil kepada masyarakat Silaut, Pesisir Selatan, Rabu (05/05)

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...
- Advertisement -