Foto saat deklarasi FONI Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Orienteering adalah olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin.

Olahraga ini dilakukan pada daerah yang belum dikenal sebelumnya, baik berupa alam bebas, pedesaan maupun perkotaan. Lebih dari sebuah olahraga biasa, orienteering memadukan berbagai aspek antara keselarasan berfikir, kecepatan, dan kekuatan fisik.

Peserta akan diberikan sebuah peta dan kartu kontrol. Peta digambarkan oleh sebuah lintasan orienteering yang terdiri dari start, titik-titik kontrol, dan finish serta deskripsi kontrol. Di medan sebenarnya, setiap titik kontrol yang dikunjungi peserta ditandai dengan bendera kontrol sebuah penanda atau menandai setiap lokasi yang harus dikunjungi atau temukan.

Untuk membuktikan bahwa telah menemukan kontrol, peserta menggunakan sebuah alat penusuk atau orienteering punch device yang digantungkan pada bendera kontrol untuk menandai kartu kontrol yang dibawa. Rute di antara kontrol-kontrol di medan sebenarnya tidak ditentukan, dan sama sekali terserah kepada peserta untuk memilihnya. Unsur pemilihan rute dan kemampuan bernavigasi adalah esensi dari orienteering.

BIG ISOC 2015 menerapkan tipe kompetisi Cross-Country Orienteering dimana peserta harus mengunjungi lokasi kontrol-kontrol di medan sebenarnya secara berurutan. Pemenang adalah peserta yang paling cepat waktu tempuhnya.

Peserta diharapkan membawa perlengkapan di antaranya kompas magnetik, jam tangan yang tidak berfitur GPS dan kompas, mengenakan kaos yang diberikan oleh penyelenggara, celana olahraga, topi dan sepatu olaharag ketika berlomba.

Peserta dilarang menggunakan kompas digital dan kompas pada jam tangan, altimeter atau alat pengukur ketinggian tempat, GPS atau alat bantu penetuan posisi di permukaan bumi dengan bantuan satelit, alat pengukur jarak, handphone dan alat-alat elektronik lainnya.(*)

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

loading...