28 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif
S

Kategori -

SawahLunto,BeritaSumbar.com,-Kementerian Dalam Negeri menilai Pemerintah Kota Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan ‘kado’ yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi – inovasi di Pemko Sawahlunto.

Penghargaan ‘Kota Terinovatif’ pada Kota Sawahlunto itu diterima Walikota Sawahlunto Deri Asta dari Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori atas nama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, pada Jum’at 18 Desember 2020 tadi di Jakarta.

Disampaikan Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori, Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi terhadap inovasi – inovasi yang telah dilakukan.

“Ini turut menjadi sarana monitoring dari pemerintah pusat pada gerak inovasi di daerah – daerah,” ujar Muhammad Hudori.

Pemko Sawahlunto sendiri, memang sudah akrab dengan inovasi. Betapa tidak, kata inovasi langsung ada dalam visi Kota Sawahlunto, yakni ; dengan kebersamaan kita wujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Bermartabat, Berkeadilan dan Sejahtera.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan, bahwa dengan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri telah menunjukkan bahwa Pemko Sawahlunto sudah berada di jalur yang benar dalam menciptakan inovasi dan kreasi pada pengelolaan pemerintahan.

“Kami berterimakasih kepada segenap jajaran stakeholder (pemangku kebijakan) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mana atas kinerjanya telah berperan membuat Sawahlunto memperoleh penghargaan ini. Kemudian, penghargaan ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Sawahlunto,” kata Walikota Deri Asta.

Ditambahkan Walikota, hendaknya penghargaan yang didapat di penghujung tahun 2020 ini menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi di tahun mendatang. Juga jangan sampai berpuas diri dengan penghargaan yang ada sekarang.

“Kita juga ajak OPD – OPD agar lebih kreatif dan inovatif lagi. Terutama dalam penyusunan sampai pelaksanaan program yang inovatif tersebut dengan melibatkan semua pemangku kebijakan di Kota Sawahlunto,” pungkas Walikota Deri Asta.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Sawahlunto Mukhsis, menyampaikan Pemko Sawahlunto mengusulkan sejumlah 7 inovasi untuk dinilai oleh tim Kemendagri dalam ajang IGA 2020 ini.

“Sesuai dengan arahan dari bapak Walikota dan Wakil Walikota, bahwa semua OPD itu harus ada mempunyai program inovasi. Nah dari inovasi – inovasi itu, kita pilih ada sebanyak 7 yang diusulkan untuk penilaian ke Kemendagri,” ujar Mukhsis.

Inovasi – inovasi yang dikirimkan tersebut, memperoleh nilai rata – rata per 1 inovasi yakni 183 (masuk dalam kategori nilai tinggi, sebab skor maksimal adalah 210). Sementara untuk nilai total mencapai lebih dari 1.000, sehingga dengan capaian di atas 1.000 itu menempatkan Sawahlunto sukses memboyong predikat ‘Kota Sangat Inovatif’.

“Tentunya dengan penghargaan ini sedikit banyak membantu menunjang Sawahlunto agar memperoleh perhatian dari pemerintah pusat. Sehingga harapan kita, nanti akan banyak program/kebijakan atau pun perhatian lain dari pemerintah pusat untuk Sawahlunto,” kata Mukhsis. (Beni M)

Tayang Bersama dMagek.ID

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Menuju Zona Integritas, Rutan Sawahlunto Terus Genjot Pelayanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com,- Rutan Kelas IIB kota Sawahlunto terus membuktikan komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada warga binaan mereka. Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya renovasi di Lapas tersebut di tahun 2021 ini, dengan menggunakan anggaran perawatan sumber anggaran DIPA Tahun 2021.

Kukuhkan Pengurus Lokal Orari, Wako Sawahlunto: Solusi Sulitnya Jaringan Telekomunikasi

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta mengukuhkan pengurus lokal Organisasi Radio Amatir (Orari) Sawahlunto Sijunjung, Camping Ground Kandi, Minggu (14/3). Walikota berjanji akan membantu...

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tingkat Kota Sawahlunto digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (5/1).

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, berlangsung di Kota Sawahlunto pada Sabtu dan Minggu (12 -13 Desember 2020). Kejurda ini untuk kelompok umur pemula (anak – anak dan remaja) ini diikuti oleh lebih dari 100 orang atlit.

Indra Yosef Dikukuhkan Sebagai Ketua PWI Sawahlunto

Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sawahlunto periode 2020 – 2023 dikukuhkan pada Sabtu, 12 Desember 2020 kemaren di GPK Sawahlunto. Ketua PWI Sawahlunto yang baru ini Indra Yosef bersama jajaran pengurusnya dikukuhkan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Sumbar Heranof Firdaus, juga disaksikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Walikota Zohirin Sayuti serta Ketua DPRD Ny. Eka Wahyu Ismed.
- Advertisement -