28 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan
S

Kategori -

Padang, beritasumbar.com – Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan tingkat provinsi tersebut tahun 2021.

Ketua DHD BPK 45 Sumbar Drs. H. Azmal Zen saat diwawancarai pada Jumat (2/7/2021) mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon peserta resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

“Kita prihatin, perkembangan teknologi telekomunikasi di era digital saat ini membuat generasi muda asyik dengan gadget. Kita takut kecanduan bermain game online akan memberi pengaruh negatif bagi perilaku mereka, seperti tindakan kriminal, narkoba, asusila, dan lainnya.”

“Karena itu, dengan adanya lomba baca puisi dan lagu perjuangan yang kami gelar dapat mengalihkan perhatian mereka dari kecanduan game online demi memacu kreativitas dan produktivitas mereka untuk berkarya dalam mengisi kemerdekaan Republik yang kita cintai, berbekal nilai-nilai kejuangan dan cita-cita kemerdekaan yang kita tanamkan pada kepribadian mereka,” kata Azmal Zen.

Azmal Zen juga mengatakan, meskipun saat ini pandemi masih terjadi, dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, kita tetap dapat untuk terus menanamkan pembudayaan kejuangan 45 pada masyarakat, terutama pada generasi muda.

Sementara itu, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum. yang diamanahkan menjadi Ketua Pelaksana lomba tersebut mengatakan, “Lomba yang kami gelar mengangkat karya-karya puisi dan lagu yang mengandung nilai-nilai perjuangan dan nasionalisme. Melalui media seni dan sastra, semoga efektif dalam penanaman nilai-nilai kejuangan, nasionalisme, kesejarahan, pelestarian budaya pada generasi muda.

Seperti dijelaskan Zusneli Zubir, Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan yang digelar DHD BPK 45 tersebut diperuntukkan bagi generasi muda Sumatera Barat, dibagi dalam dua kategori; usia 6 – 12 tahun (kanak-kanak), dan usia 13 – 18 tahun (remaja).

Adapun puisi wajib untuk dibacakan para peserta, judulnya yaitu; Rimba Raya Sumatera Tengah Januari 1949 (Buya Hamka), atau Kita adalah Pemilik sah Republik Ini (Taufiq Ismail), puisi pilihannya berjudul; Merdeka atau Mati (Chairil Anwar), dan Hati Prajurit (Zaidin Bakry).

Untuk lagu wajib yang akan dibawakan para peserta (solo song), judulnya yaitu; Pantang Mundur (Titiek Puspa), atau Tanah Air (Ibu Soed), lagu pilihannya berjudul; Sabalun Tabik Matoari (Novi Jamal), Minangkabau (Syahrul Tarun Yusuf), Gugur Bunga di Taman Bakti (Ismail Marzuki). 

Flayer Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan yang digelar oleh DHD BPK 45 Sumbar. (Dok. Istimewa)
Flayer Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan yang digelar oleh DHD BPK 45 Sumbar. (Dok. Istimewa)

Lebih lanjut Zusneli Zubir menjelaskan, para peserta lomba baca puisi perjuangan tersebut akan tampil pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021, dan para peserta lomba lagu perjuangan akan tampil pada Minggu, 8 Agustus 2021. Para peserta tampil langsung di panggung yang disediakan Panitia, penampilan mereka akan dinilai oleh Dewan Juri berkompeten. Lomba digelar di Halaman Gedung Joang ’45 Sumatera Barat, Jalan Samudera No. 8, Kota Padang.

Semua peserta Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan yang digelar oleh DHD BPK 45 Sumbar tersebut akan memperoleh sertifikat dari Panitia. Dewan Juri akan menetapkan Juara 1, 2, dan 3, serta Juara Harapan 1, 2 dan 3 yang juga akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala, sertifikat juara, dan bingkisan. 

Selain itu Zusneli Zubir juga mengatakan, pendaftaran calon peserta Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan yang digelar DHD BPK 45 Sumbar dapat dilakukan dengan menghubungi nomor Whatsapp 081277885717 (Neneng) atau 087791162847 (Oya).

“Kepada generasi muda Indonesia, khususnya Sumatera Barat, teruslah kita isi kemerdekaan dengan melahirkan karya-karya kreatif secara produktif. Berbekal semangat pembudayaan kejuangan 45 dan cita-cita kemerdekaan, mari kita wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” kata Zusneli Zubir. (Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

LBH Sumbar Desak Kejari Painan Segera Eksekusi Bupati Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Sehubungan dengan ditolaknya permohonan Kasasi Bupati Pesisir Selatan dalam perkara Nomor: 31 K/Pid.Sus-LH/2021 tanggal 24 Februari 2021 oleh Mahkamah Agung RI, sehingga dengan demikian perkara dimaksud telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde)

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Wakil Ketum DPN LPPKI Meraih Gelar Doktor

Padang,BeritaSumbar.com,- Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan Dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia DPN-LPPKI Dr.Doris Rahmat, SH.MH berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul pendayagunaan peradilan adat nagari dalam penyelesaian sengketa pusako tinggi pada masyarakat hukum adat Minangkabau Sumatera Barat
- Advertisement -