25 C
Padang
Jumat, Januari 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sama Seperti Daerah Lain, Pilkada Pesisir Selatan Tanpa Calon Perorangan
S

Kategori -
- Advertisement -

Painan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mengklaim pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 di kabupaten itu tidak memiliki calon bupati dan wakil bupati dari calon perseorangan.

Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar di Painan, Kamis, mengatakan, tidak ikutnya calon perseorangan pada pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan diselenggarakan pada Desember 2015 dibuktikan dengan tidak adanya peserta calon perseorangan yang mendaftar ke KPU kabupaten setempat sesuai jadwal yang ditetapkan.

KPU menjadwalkan pendaftaran bagi calon perseorangan peserta pilkada 2015 di kabupaten itu pada 24 Mei hingga 7 Juni 2015. Pengumuman syarat penyerahan dokumen dukungan dari calon perseorangan tersebut dilakukan di berbagai media massa, baik cetak (koran) maupun media elektronik atau webside (media online).

“Dari jadwal tersebut tidak ada seorang juga calon perseorangan untuk bupati dan wakil bupati yang mendaftarkan diri ke KPU setempat sesuai syarat dan jadwal yang ditentukan, ” katanya.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, persyaratan dukungan untuk pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan harus didukung paling sedikit oleh sebanyak 38.510 jiwa penduduk.

Pengumuman juga berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Keputusan KPU Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 30 Tahun 2015, Tentang Penetapan Syarat Dukungan dan Penyebarannya Bagi Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Tahun 2015.

Sesuai peraturan tersebut dukungan memenuhi persyaratan apabila tersebar paling sedikit di delapan kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Dukungan dibuat dalam bentuk surat pernyataan yang berisi nomor urut, nama lengkap pendukung, Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau dokumen kependudukan lainnya, jenis kelamin, alamat lengkap, tempat tanggal lahir/umur dan belum/sudah/pernah kawin.

Komisioner KPU Pesisir Selatan Riswandy mengatakan, saat ini KPU Pesisir Selatan tengah mematangkan persiapan pemutakhiran data pemilih. Pematangan dilakukan melalui rapat kerja KPU dengan jajaran serta sekretariat KPU itu sendiri.

Sebelumnya Divisi Sosialisasi dan Operator Sistem Informasi Pemutakhiran Data Pemilih KPU setempat juga telah mengikuti bimbingan teknis terkait pemutakhiran data pemilih tersebut di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, sistem informasi pemutakhiran data pemilih sangat membantu dalam proses pemutakhiran data pemilih, bahkan cukup memudahkan dalam melihat dan mencermati data yang keliru atau invalid.

(Ant/Oleh Junisman)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img