24 C
Padang
Sabtu, Juli 31, 2021
Beritasumbar.com

Sama Seperti Daerah Lain, Pilkada Pesisir Selatan Tanpa Calon Perorangan
S

Kategori -

Painan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mengklaim pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 di kabupaten itu tidak memiliki calon bupati dan wakil bupati dari calon perseorangan.

Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar di Painan, Kamis, mengatakan, tidak ikutnya calon perseorangan pada pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan diselenggarakan pada Desember 2015 dibuktikan dengan tidak adanya peserta calon perseorangan yang mendaftar ke KPU kabupaten setempat sesuai jadwal yang ditetapkan.

KPU menjadwalkan pendaftaran bagi calon perseorangan peserta pilkada 2015 di kabupaten itu pada 24 Mei hingga 7 Juni 2015. Pengumuman syarat penyerahan dokumen dukungan dari calon perseorangan tersebut dilakukan di berbagai media massa, baik cetak (koran) maupun media elektronik atau webside (media online).

“Dari jadwal tersebut tidak ada seorang juga calon perseorangan untuk bupati dan wakil bupati yang mendaftarkan diri ke KPU setempat sesuai syarat dan jadwal yang ditentukan, ” katanya.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, persyaratan dukungan untuk pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan harus didukung paling sedikit oleh sebanyak 38.510 jiwa penduduk.

Pengumuman juga berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Keputusan KPU Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 30 Tahun 2015, Tentang Penetapan Syarat Dukungan dan Penyebarannya Bagi Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Tahun 2015.

Sesuai peraturan tersebut dukungan memenuhi persyaratan apabila tersebar paling sedikit di delapan kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Dukungan dibuat dalam bentuk surat pernyataan yang berisi nomor urut, nama lengkap pendukung, Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau dokumen kependudukan lainnya, jenis kelamin, alamat lengkap, tempat tanggal lahir/umur dan belum/sudah/pernah kawin.

Komisioner KPU Pesisir Selatan Riswandy mengatakan, saat ini KPU Pesisir Selatan tengah mematangkan persiapan pemutakhiran data pemilih. Pematangan dilakukan melalui rapat kerja KPU dengan jajaran serta sekretariat KPU itu sendiri.

Sebelumnya Divisi Sosialisasi dan Operator Sistem Informasi Pemutakhiran Data Pemilih KPU setempat juga telah mengikuti bimbingan teknis terkait pemutakhiran data pemilih tersebut di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, sistem informasi pemutakhiran data pemilih sangat membantu dalam proses pemutakhiran data pemilih, bahkan cukup memudahkan dalam melihat dan mencermati data yang keliru atau invalid.

(Ant/Oleh Junisman)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -