25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi
R

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan akta kelahiran.

“Kerja sama ini untuk melahirkan program “Anak Lahir Akta Siap” atau disingkat Anla Aksi”,” kata Direktur RSUD Sijunjung Dr.Diana Oktavia di Ruang kerjanya Jumat (7/5).

Ia mengatakan setiap anak yang lahir di RSUD tersebut sudah disiapkan akta kelahirannya, apakah anak itu lahir normal atau lewat operasi pasti diberikan akta. Tinggal yang bersangkutan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan akta kelahiran ini, diantaranya Fotochopy atau scan buku nikah/SPTJM asli ( terlihat biodata dan nomor registrasi), fotochopy atau scan kartu keluarga, fotochopy atau scan keterangan lahir/ SPTJM asli, dan memberi nama anak.

Kemudian, setelah dicetak kartu keluarganya ditandatangani oleh kepala keluarga dengan tinta biru.

Anak pertama yang mendapatkan akta kelahiran di RSUD Sijunjung atas nama  Ayra Monera Ayona anak dari pasangan Yoki Saputra dengan Dona Febriyanti warga Jorong Ambacang Nagari Pulasan kecamatan Tanjung Gadang.

Anak kedua yang mendapat akta Kelahiran dalam program Anla Aksi ini adalah   Annasya Keyla Auriska anak pasangan Rio Winata dengan Riska Andriani warga Jorong Talang Nagari Sei Lansek kecamatan Kamang Baru.

Terobosan yang dilakukan RSUD ini untuk membantu Masyarakat Sijunjung untuk mendapatkan akta kelahiran anaknya dengan mudah.

“Kalau mereka sendiri yang mengurus ke Disdukcapil akan memerlukan biaya transportasi mereka dan memerlukan waktu. Biasanya masalah seperti ini yang membuat orang tua malas mengurus akta kelahiran anaknya,” katanya.

Orang tua akan sibuk mengurus akta kelahiran anaknya, apabila sudah diperlukan seperti mau masuk sekolah dan keperluan lainnya. Dengan adanya program Anla Aksi ini, anak dan orang tua sudah mendapatkan akta kelahiran yang dapat dipergunakan untuk beberapa kebutuhan di adminstrasi jorong, nagari, dan kebutuhan administrasi lainnya. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img