25.9 C
Padang
Saturday, September 19, 2020

Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) Bicara Pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com– Kandidat Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Limapuluh Kota menjabarkan program – program jitu untuk bisa membangun secara menyeluruh.
RKN menerangkan kepada media ini, ia membuka kata dengan menanyakan dua pola fikir, “pertama apa yang akan kita bangun, kedua bagaimana cara membangun?” Ucapnya.
Dua pertanyaan diatas tentu jawabannya berbeda, sebut RKN. Pertanyaan pertama arahnya lebih kepada bicara soal bagaimana membelanjakan anggaran, yang ke dua bicara bagaimana mendatangkan uang (anggaran) yang cukup untuk bisa membangun.
Jika kita punya anggaran yang cukup, maka kita mampu membangun apa saja, sebutlah jalan raya – jalan desa, pasar, jembatan, pabrik, gedung mewah dan segala bentuk jenis bangunan fisik lainnya. Tapi jika kita kekurangan anggaran maka tentu kita berfikir apa yang prioritas untuk dibangun, atau kita tidak akan mampu membangun sesuai harapan kita, atau bahkan sama sekali kita tidak dapat membangun.
Inilah salah satu persoalan dasar “membangun” Limapuluh Kota. Anggaran kita kurang alias minim, dan yang sedikit itu belum mampu kita kelola dengan maksimal. Ada tiga hal yang akan kita lakukan sebagai kepala daerah jika masyarakat memberikan kepercayaan :
1. Mengatur persentase belanja daerah sebagian besar untuk pembangunan (infrastruktur dsb). Saat ini alokasinya 19% dari total APBD, secara bertahap akan kita alokasikan menjadi 60% dari total APBD. Daerah yang berhasil melakukan ini contohnya Kota Payakumbuh. Dengan strategi ini maka alokasi dana pembangunan meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan saat ini.
2. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Itu adalah sumber dana pembangunan daerah. Saat ini PAD Limapuluh Kota kurang dari 100 Milyar per tahun. Kami menghitung setidaknya kita bisa meningkatkan PAD lebih dari 500 Milyar per tahun.
Potensi PAD akan meningkat apabila kita mengembangkan beberapa kawasan pariwisata dan mengelola lahan tidur melalui perusahaan daerah (perusda). Mendorong pertumbuhan berbagai industri juga akan berpotensi besar meningkatkan PAD dari sektor pajak dan retribusi.
3. Menarik anggaran provinsi dan pusat. Hubungan baik dengan dengan gubernur, anggota legislatif provinsi, kementrian hingga presiden, dan anggota DPR RI serta DPD RI akan sangat membantu teralokasikannya anggaran tambahan untuk pembangunan daerah.
Jika langkah ini dimaksimalkan, daerah bahkan bisa “pusing” mau membelanjakan anggaran untuk apa lagi. Namun karena namanya ini anggaran provinsi dan pusat, maka dibutuhkan seorang kepala daerah yang komunikatif, rendah hati, dan mampu merangkul semua kepentingan.
RKN juga mengjngatkan bahwa membangun Limapuluh Kota tidak bisa tunggal, Bupati tak bisa main sendiri, perlu adanya sinergi dengan pihak lain seperti perantau dan anak nagari yang telah sukses, orang – orang yang berupaya membesarkan daerah ini harus dirangkul. Catatan Redaksi ini bupati harus jeli mencari anggaran dan optimal dalam membelanjakannya. (frp)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

KPU Kota Payakumbuh Tetapkan DPS Kota Payakumbuh

Payakumbuh - Setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dimulai sejak tanggal 15/07 lalu, Kamis (10/09) Komisi Pemiliha Umum (KPU)...

Kapolres Dan Sejumlah Tokoh Adat Padang Panjang Adakan FGD

Padang Panjang,-Keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat merupakan salah satu indikator majunya peradaban suatu bangsa. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, maka perangkat sosial...

KPU Kota Payakumbuh Tetapkan DPS Kota Payakumbuh

Payakumbuh - Setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dimulai sejak tanggal 15/07 lalu, Kamis (10/09) Komisi Pemiliha Umum (KPU)...

Satpol PP Payakumbuh Dan Tim Gabungan Disiplinkan Masyarakat

Payakumbuh --- Pada hari Rabu (16/9), puluhan petugas yang terdiri dari TNI-POLRI dan Satpol PP Payakumbuh melakukan sidak ke beberapa tempat di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Widya Putra Ingatkan ASN Tak Langgar Prokes

Limapuluh Kota, .-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) menyusul semakin meningkatnya kasus Covid-19 sejak beberapa waktu belakangan. Aparatur Sipil...

Ketua PODSI Limapuluh Kota Tinjau Atlit Latihan Di Batang Sinama

Limapuluh kota,- Sabtu 12/9 atlit dayung kabupaten Limapuluh Kota gelar latihan di aliran batang Sinama Nagari Taram kecamatan Harau. Latihan kali ini...

LSM Pekat Limapuluh Kota Goro Bersihkan Jalan Menuju Surau Suluak Di Ketinggian Sarilamak

Limapuluh Kota Kota - LSM Pekat Limapuluh Kota Kota melaksanakan gotong royong di jalan menuju ke surau Suluk Syeikh Mulia di Ketinggian...
- Advertisement -