24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Riza Falepi Lelang Jabatan Dirut BUMD PDAM Payakumbuh
R

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak 12 peserta menjalani tes kompetensi dasar (TKD) untuk memperebutkan satu kursi Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Payakumbuh, periode 2015-2019. Lelang jabatan calon dirut itu dilakukan Pemko Payakumbuh di Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pekanbaru, Kamis (15/1). Pansel yang ditunjuk Walikota Riza Falepi, sengaja menggandeng BKN untuk mendapatkan calon Dirut PDAM Payakumbuh yang profesional.

Lelang jabatan calon Dirut PDAM dengan computer assisted test (CAT) itu, diawasi Ketua Pansel diwakili Drs. H. Rida Ananda bersama dua anggota Badan Pengawas PDAM Payakumbuh, M. Ihsan, Lismawati dan Kabag Keuangan PDAM Ek Susyenti serta Kabag Teknis Bahni Weldi. Kemudian juga diawasi Kabid Pengelolaan Sistem rekruitmen BKN Pusat, Endar Setiawan.

Sebelum ujian dimulai Kepala Kanreg XII BKN Pekanbaru Ibtri Rejeki, SH, MM, dan Ketua Pansel diwakili Rida Ananda, menjelaskan tujuan TKD. Menurut Ibtri dan Rida, TKD salah satu cara untuk melihat kompetensi peserta dan kemampuan intelegensi peserta.

Menurut Rida, setelah TKD seluruh peserta akan menjalani Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan wawancara. Tim pengujinya berasal dari UI Jakarta, dan akan berlangsung Selasa pekan depan. Dari hasil TKD, TKB dan wawancara, Pansel akan menetapkan 3 calon terbaik, untuk diajukan kepada walikota.

Ke-12 peserta yang memastikan ambil bagian dalam lelang jabatan itu, masing-masing Orion Ali, ST, M.Si, PNS di Payakumbuh, Safrizal Sumajid (Jakarta), Tri Venindra, SE (Payakumbuh), Herry Iswahyudi, ST (karyawan BUMN Bukittinggi), Yuliana Fitria, ST (Jakarta), Henry Waluyo, SKM, M.Kes (PNS Payakumbuh), H. Yohandrizon Syamsu, SP (Payakumbuh), Hendra Yani Anwar (Payakumbuh), Irwandy, ST (HIPMI Limapuluh Kota), Yuniri Yunirwan, SE, M.Si (PNS Payakumbuh), Syaiful Anwar, SE, M.Si (PNS Payakumbuh) dan Afrizon, SE (Sawahlunto).

Lelang jabatan calon Dirut PDAM ini, menurut Walikota Payakumbuh Riza Falepi, selain bertujuan untuk mengisi pos jabatan yang akan ditinggal Faisal Mustafa, SE, karena memasuki masa persiapan pensiun (MPP), September 2015, juga dilakukan untuk menghasilkan direksi PDAM yang berkualitas, mampu bekerja keras dan memberikan pelayanan prima kepada warga.

Lelang jabatan calon Dirut PDAM, dikatakan walikota, untuk menghasilkan tatanan PDAM yang tetap bersih, transparan dan punya visi enterpreneurship yang baik.

Selama dipimpin Faisal Mustafa, kinerja PDAM Payakumbuh terbilang sangat baik. Bahkan mencatatkan prestasi sebagai PDAM Terbaik di Indonesia dan ikut memberi andil mewujudkan ketersediaan air bersih di Payakumbuh hingga melampaui target Millenium atau Millenium Development Goals (MDGs).

Anggota Badan Pengawas PDAM, M. Ihsan, dihubungi terpisah, mengatakan, sistem lelang jabatan dirut PDAM Payakumbuh itu pertama di Sumatera Barat. “Kita apresiasi kebijakan Walikota Riza Falepi dalam usaha meningkatkan eksistensi PDAM ke depan. Walikota mendesak, agar PDAM Payakumbuh mampu melompat lebih jauh, dari type kecil menjadi type sedang dengan total 50.000 SR atau 100% pelayanan,” katanya.

 

Sumber: Humas Payakumbuh

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img