24.5 C
Padang
Thursday, October 22, 2020

Rektor UNAND : Tidak Mudah Mengubah Pandangan Dosen Menjadi Maju

Padang – Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Prof Werry Darta Taifur mengatakan bahwa tidak mudah untuk mengubah pandangan dan pemikiran dosen untuk lebih maju.

“Sulit merubah sikap dosen yang mementingkan mengajar daripada penelitian sebab hal ini telah menjadi kebiasaan yang terpatri,” katanya.

Menurutnya salah satu upaya untuk merubah pemikiran tersebut dengan perlakuan ajakan atau persuasif dan pemberian penghargaan atas kinerjanya.

Dalam melakukan ajakan ini kata dia diperlukan pembuktian hal-hal tertentu yang bisa mempengaruhi pemikirannya.

Sebagai contoh mengadakan seminar atau pelatihan khusus tentang penelitian atau pengabdian masyarakat.

Dalam seminar tersebut kata dia dipertunjukkan bukti keberhasilan dosen yang mampu mengemban tri dharma perguruan tinggi dengan baik.

Setelah seminar tersebut dilakukan uji kompetensi dan pemberian sertifikat.

Hasilnya meski tidak maksimal namun setidaknya ada beberapa dosen yang terjaring untuk berubah.

“Merubah pandangan juga dapat dilakukan pemberian kesempatan dosen untuk lebih leluasa beraktifitas,” katanya.

Sebagai contoh pemberian dana untuk penelitian dan pengabdian masyarakat termasuk peluang kerja sama dengan instansi tersebut.

Selain itu memberikan dana dan kesempatan dosen untuk menkesabaran ajar atau hasil penelitiannya.

Seperti yang telah dilakukan Unand dengan kerja sama dengan LPDP , pemberian dana menulis buku dan membuka kesempatan pengabdian di berbagai daerah, ucapnya.

“Kesemua upaya tersebut tidak dapat dilakukan instan, namun bertahap dengan penuh kesabaran pimpinan,” Ucapnya.

Sementara itu salah satu asesor perguruan tinggi Ade Djulardi menilai butuh waktu lama merubah sikap dan pemikiran dosen untuk bergerak maju.

Menurutnya hal ini tidak bisa dilakukan dengan ajakan atau pemberian “reward” saja, namun harus dengan perencanaan yang kolektif dan tepat sasaran.

Artinya melakukan seperti pemaksaan ke dalam suatu sistem untuk menghasilkan perubahan, ucapnya. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kodim 0311/Pessel Dukung Operasi Yustisi

Pessel,-- Ditengah kesibukan dalam pelaksanaan program tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-109 yang berlokasi di kampun Dilan kenagarian Pancung Taba kecamatan IV...

P3S Gelar Webinar Dengan Tema “Masa Depan Penyiaran Analog (Konvensional) di Indonesia”

Topik menarik seputar kontroversi antara penyiaran analog dan digital akan dibedah dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) dan esensinews.com yang...

Rival Pribadi Yakin, Darma Tani Kandidat Terkuat

Tanah Datar,- Rival Pribadi yang didapuk menjadi ketua tim pemenagan darma tani meyakini jika pertahana saat ini masih terkuat dari paslon lain...

Pengunjung Risih, Anjing Liar Masuki Taman Pagaruyung

Tanah Datar,- Beredar beberapa foto di media sosial menunjukkan bahwa mulai maraknya binatang "anjing" liar disekitar areal taman Pagaruyung Batusangkar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -