Padang – Badan Kepegawaian Daerah Sumatera Barat menyiapkan langkah antisipasi untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara(ASN) di daerah itu jika Pemerintah Pusat menetap tidak merekrut pegawai melalui seleksi ASN tahun 2015.

“Kita akan lakukan pemindahan(redistribusi) pegawai dari instansi yang kelebihan pada instansi yang membutuhkan pegawai,” kata Kepala BKD Sumbar, Jayadisman di Padang, Rabu.

Dia mengatakan dengan pemindahan pegawai itu, persoalan kebutuhan pegawai untuk masing-masing instansi di Sumbar bisa diatasi untuk sementara.

Meski demikian, dia mengatakan, masih ada persoalan lain yang akan dihadapi, terutama dari segi kualitas pegawai.

“Tidak semua instansi mau melepas pegawainya yang memiliki kompentensi. Sebagian besar pegawai yang dilepas adalah pegawai yang tidak cukup berkualitas,” katanya.

Jayadisman menjelaskan, sebenarnya tahun ini pihaknya telah mengirim usulan kepada Kemenpan RB untuk perekrutan CPNS tahun 2015 dengan jumlah 1.243 formasi. Usulan ini didasari kebutuhan CPNS Sumbar yang ada saat ini.

Kita sudah melakukan entri data peta kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) Sumbar dan memetakan berapa kebutuhkan kita saat ini,? ujarnya.

Pengusulan terhadap CPNS tersebut dikarenakan banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun serta dampak pemberlakukan kebijakan moratorium PNS yang telah ditetapkan pusat beberapa waktu lalu.

Pemprov Sumbar kata Jayadisman sifatnya menunggu respon KemenPAN RB terhadap usulan yang telah diajukan tersebut.

“Prinsipnya kita mengajukan usulan, dikabulkan atau tidak usulan tergantung pusat,” ujarnya.

(Ant/Oleh Agung Pambudi)
loading...