25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Pemprov Sumbar Ancam Cabut Anggaran Pengembangan Kakao Padang Pariaman
P

Kategori -

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mengancam akan mencabut program Pengembangan Kakao Berkelanjutan dari Kabupaten Padang Pariaman karena hingga saat ini tidak mampu memenuhi kuota Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) yang disyaratkan.

“Hingga saat ini, Padang Pariaman baru bisa memenuhi syarat CPCL sebanyak 650 hektar dari 1.000 hektar yang diminta. Kalau sampai akhir Juni 2015, syarat itu tetap tidak bisa dipenuhi, anggaran untuk program ini di Padang Pariaman akan kita nolkan,” kata Kepala Dinas Perkebunan Sumbar Fajaruddin di Padang, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk mendorong daerah tersebut untuk bisa memenuhi persyaratan sesuai jadwal.

“Pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian sangat serius dalam program pengembangan kakao ini. Kalau daerah tidak bisa memenuhi harapan, tentu akan ditinggalkan,” katanya.

Menurutnya, dia juga telah melaporkan lambatnya Padang Pariaman dalam merespon program itu kepada Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim dalam rapat pengembangan kakao, Rabu(16/6) di ruang kerja Wagub.

“Wagub mendukung tindakan tegas jika Padang Pariaman memang tidak bisa memenuhi syarat,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kabupaten atau kota lain di Sumbar untuk mengikuti program itu jika Padang Pariaman gagal memenuhi syarat.

Kita alihkan kepada daerah lain yang memang sanggup dan mampu memenuhi persyaratan ini, ujarnya.

Tahun 2015, ada tiga daerah yang mendapatkan program pengembangan kakao berkelanjutan yaitu Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Limapuluh Kota yang digabung dengan Kota Payakumbuh.

“Alokasi anggaran mencapai Rp32 miliar,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim mengatakan program yang digagas oleh pemerintah itu adalah untuk menciptakan Sumbar sebagai salah satu sentra kakao di Indonesia.

“Pemerintah pusat serius memberikan perhatian kepada Sumbar. Kita juga harus lebih serius untuk pengembangan kakao ini, ujarnya.

Menurutnya, kakao cukup efektif untuk mengurangi angka kemiskinan di Sumbar karena bisa ditanam di pekarangan rumah warga.

“Cukup 20 batang sudah sangat membantu perekonomian. Ini perlu terus dikembangkan,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini luas kebun kakao di Sumbar, total 153 ribu hektar. Jika bisa dikembangkan menjadi 200 ribu hektar lebih, maka investor akan bersedia membangun pabrik pengolahannya di Sumbar.

“Ini yang sedang kita targetkan saat ini,” katanya.

Data Dinas Perkebunan Sumbar, saat ini areal produksi kakao mencapai 153 ribu hektar dengan hasil produksi 83 ribu ton per tahun.

(Ant/Oleh Agung Pambudi)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.
- Advertisement -