24.7 C
Padang
Sabtu, Juli 31, 2021
Beritasumbar.com

Pulau Biak & Owi, Sepenggal Kisah Klasik Perang Pasifik
P

Kategori -

Biak – Biak di Papua dan Morotai di Maluku Utara adalah dua pulau di Indonesia yang sempat terlibat langsung dalam akhir Perang Pasifik. Babak akhir gelombang pasukan Amerika yang memasuki Indonesia bertugas mengusir Jepang, menggunakan pulau Indonesia sebagai pangkalan.

Pangkalan Amerika yang berbasis di Hawaii melebarkan penaklukan hingga ke seluruh Pasifik, kemudian perlahan menuju jantung kota Tokyo, dalam rangka mengalahkan Jepang yang kelihatan ingin mengambil untung di wilayah Asia Tenggara. Jepang juga hadir di Indonesia dengan propaganda “saudara tua” yang akan menyelamatkan wilayah dari serangan Sekutu, paska Belanda menarik diri.

Amerika membawa pasukannya ke Guam, Iwo Jima, juga Biak dan Morotai untuk head-to-head dengan Nippon. Yang unik, di Kabupaten Biak, tepatnya di Pulau Owi, Amerika membangun pangkalan dilengkapi dengan 3 landasan udara besar (runway terpanjang sepanjang 3,7 km). Nippon, di satu sisi, menggunakan pulau Biak sebagai titik bertahan. Sisi terdekat Pulau Biak dan Pulau Owi berjarak hanya sekitar 5 km. Amerika dan Nippon saling berhadapan dan saling mengintai.

Pulau Owi sendiri tampak tak tersentuh serangan Jepang. Sebaliknya pertahanan Nippon di Pulau Biak hingga kini menyisakan situs kehancuran gua-gua pertahanan karena bombardir Amerika. Hingga kini, wisatawan masih bisa menyaksikan museum kecil di gua Jepang berikut senjata pertahanan udara yang mereka gunakan saat melawan. Konon, 200 serdadu Jepang tewas di gua tersebut dan pecahan proyektil bom yang dijatuhkan Amerika masih bisa dilihat hingga kini.

Usai Jepang membombardir pangkalan Amerika di Pearl Harbour, Hawaii, Amerika berang lalu menjatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki. Jepang menyerah kalah. Dan momen itulah yang mengakhiri rangkaian Perang Dunia II sepenuhnya.

Kini, Pulau Owi menjalani keseharian dengan kearifannya. Gereja, sekolah dan sarana aktivitas sosial warga, tampak sangat sederhana. Landasan udara besar Amerika masih kokoh meski dirambati tumbuhan dimana-mana. Simon, yang lahir pada 1927 sebagai warga asli Pulau Owi, menjadi saksi tiga masa. Saat Owi tak terusik apapun, saat Perang Pasifik terjadi, hingga masa kemerdekaan, pulau kecil ini kurang dikenal orang dan terisolasi.

Isolasi dan distrust terhadap kemandirian wilayah juga menjadi persoalan umum berbagai berbagai wilayah di Papua. Perhatian pemerintah Indonesia terlalu ke ‘barat’. Sesuatu yang harus segera diatasi agar masalah utama yaitu kesejahteraan di wilayah timur Indonesia segera punah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -